Beranda Bisnis 10 Jenis Ikan Air Tawar Untuk Bisnis Budidaya Skala Besar

10 Jenis Ikan Air Tawar Untuk Bisnis Budidaya Skala Besar

Ikan Budidaya
Image: Pixabay

Usaha peternakan ikan air tawar kini tidak sedikit digemari oleh semua pelaku usaha sebagai salah satu kesempatan bisnis yang menguntungkan. Indonesia yang adalah negara dengan jumlah warga paling tidak sedikit ke empat dunia pasti menjadi kesempatan besar untuk para pelaku bisnis.

Dengan berkurangnya hasil tangkapan ikan laut sebab overfishing maka penggantinya ialah ikan air tawar laksana ikan lele, nila, gurame, dan lainnya. Semakin banyaknya permintaan pasar pun akan menambah semangat usaha budidaya ikan air tawar ini, pastinya dengan dukungan pemerintah.

Usaha budidaya ikan adalah sektor yang bakal terus terdapat permintaannya. Bahkan ketika ini keperluan ikan terus merasakan peningkatan. Hal ini diakibatkan oleh penambahan jumlah warga dari masa-masa ke waktu.

Hasil budidaya ikan air tawar yang ada kini ini belumlah dapat mencukupi permintaan pasar dalam negeri. Apalagi untuk keperluan luar negeri.

Tentu prospek yang terdapat semakin terbuka andai kita dapat memahami perniagaan ekspor impor. Di samping itu, budidaya ikan air tawar terbilang sangat gampang jika dikomparasikan dengan ikan air laut.

Dari sekian banyak  jenis ternak ikan air tawar yang dibudidayakan, inilah ini ialah usaha ternak ikan yang sangat menguntungkan :

1. Ikan Lele

Ternak lele pun menjadi tumpuan pengusaha pemula. Karena bisnis ini tergolong mudah dan memerlukan modal yang tidak banyak. Dan melulu dalam masa-masa tidak tidak cukup dari 3 bulan lele telah siap guna dipanen. Jika proses budidayanya dilaksanakan dengan teknik yang canggih waktu yang diperlukan untuk panen bakal lebih cepat.

Ikan Lele

Serta yang masih membingungkan ialah masih saja ada wilayah yang masih kelemahan pasokan ikan lele padahal teknik beternaknya saja mudah, misalnya kota Yogyakarta.

Baca juga:  5 Ide Bisnis Modal Kecil Tetapi Begitu Menjanjikan

Peternak lele lokal jogja belum dapat memenuhi permintaan konsumsi lele di kota sendiri, kesudahannya harus memerlukan pemasok dari luar wilayah untuk memenuhi keperluan konsumsi lele.

2. Ikan Nila

Usaha budidaya ikan tawar selanjutnya ialah ikan nila. Ikan nila dikenal dengan pertumbuhannya yang paling cepat, yakni melulu membutuhkan masa-masa 4–6 bulan guna pembesaran hingga lumayan untuk dikonsumsi.

Ikan Nila

Ikan nila atau Oreochromis niloticus sangatlah gampang untuk dibudidayakan, Nila powerful terhadap gangguan penyakit yang biasa dirasakan ikan lainnya. Dari sepasang indukan nila bisa menghasilkan 250–1000 butir telur, jumlah yang paling banyak.

Inilah yang menjadikan ikan nila sebagai salah bisnis ternak ikan air tawar yang menguntungkan.

3. Ikan Gurame

Usaha budidaya ikan gurame adalahsalah satu usaha budidaya ikan air tawar yang pun tidak kalah menguntungkan . Di wilayah Jawa Barat ikan gurame diagungkan hingga bermutu 3–4 Kg.

Ikan Gurame

Tetapi pembesaran seperti tersebut tidaklah hemat karena bakal memakan masa-masa lama dan ongkos yang lebih banyak. Idealnya gurame yang telah siap dikonsumsi mempunyai ukuran 1/2–1 kg.

Di Asia Tenggara dan Tengah ikan gurame ialah salah satu ikan kesayangan untuk dikonsumsi. Namun di negara lain, ikan gurame seringkali hanya dipelihara di dalam akuarium sebagai ikan hias.

4. Ikan Mas

Usaha budidaya ikan air tawar yang menguntungkan lainnya ialah ikan mas. Pemijahan ikan mas memakai ijuk sudah dilaksanakan sejak tahun 1860 oleh masyarakat Ciamis, Jawa Barat. Bahkan kiat pemijahan ini masih dipakai hingga sekarang.

Ikan Mas

Ternak jenis ikan ini sangatlah sesuai dikembangkan di lokasi yang beriklim tropis, itulah mengapa di Indonesia tidak sedikit peternak yang membudidayakan ikan mas. Ikan mas dapat dibudidayakan di empang mengalir, tanah, dan keramba atau jaring terapung.

Ikan mas memerlukan masa-masa 4–5 bulan supaya siap dikonsumsi, masa-masa yang cukup untuk para peternak guna mendapatkan hasil panen.

Baca juga:  Jual Baju Online Tanah Abang, Penuhi Kebutuhan Fashion Anda Tanpa Repot

5. Ikan Patin

Hingga ketika ini, keperluan ikan patin terus meningkat. Bahkan untuk mengisi permintaan pasar Indonesia masih mengimpor ikan patin dari Vietnam sebab kekurangan ikan patin lokal. Hal ini dapat menjadi kesempatan bagi kamu yang hendak mecoba bisnis ternak ikan air tawar.

Ikan Patin
Image: ringtimesbali.pikiran-rakyat.com

Nah sekarang ini Kementerian Perikanan dan Kelautan sedang gencar membudidayakan ikan patin asli local, dan tentunya mendukung penuh untuk para pemula mencoba beternak ikan patin.

Soal teknis budidayanya, anda bisa mengikuti rekomendasi Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal untuk skala rumaha dan pemula.

Pembesaran ikan patin seringkali membutuhkan masa-masa 6 bulan, tetapi tidak terdapat patokan eksklusif ukuran ikan patin supaya siap dikonsumsi. Ukuran panen juga bertolak belakang tiap daerah, tergantung permintaan pasar. Khusus guna pasar ekspor ukurannya lebih banyak daripada pasar domestik dengan masa-masa pembesaran lebih dari 6 bulan.

6. Ikan Bandeng

Ikan bandeng adalahjenis ikan air payau. Bila dikonsumsi rasanya akan tidak banyak asin tetapi sangat lezat. Di dalamnya terkanandung protein hewani yang begitu tinggi dan rendah kolesterol. Sehingga paling aman andai dikonsumsi oleh penderita obesitas.

Ikan Bandeng

Jika kalian bermukim di pinggiran pantai maka membudidayakan ikan bandeng ialah pilihan yang sangat tepat. Sebab perawatan ikan bandeng memerlukan air yang mempunyai kandungan garam sedang. Kebanyakan peternak bandeng menggunakan empang tambak, tetapi kamu juga dapat memakai terpal dengan kriteria mesti tidak jarang mengecek situasi garam kolam.

7. Ikan Kakap

Ikan kakap memiliki potensi pasar yang bagus, banyak sekali peminatnya ialah masnyarakat dengan ruang belajar ekonomi menengah ke atas. Hal ini sebab harga semangkuk kepala ikan kakap dapat menjangkau Rp.75.000 sampai Rp.150.000.

Ikan Kakap

Akan namun jangan melulu di lihat dari harganya saja, sebab sampai ketika ini keperluan ikan kakap untuk mengisi permintaan pasar masih paling kurang. Jika kamu serius hendak beternak , kamu dapat berkonsultasi dengan hotel atau restoran terdekat guna memasarakan jenis bisnis ini pun utuk meningkatkan relasi.

Baca juga:  9 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet Sambil Rebahan

8. Ikan Koi

Tidak diragukan lagi andai ikan koi adalahikan yang populer di semua penjuru dunia. Jenis ikan koi yang pelbagai serta corak warnanya yang cantik membuatnya sangat sesuai untuk dipelihara di empang depan rumah.

Ikan Budidaya
Image: Pixabay

Banyak sekali macam macam ikan koi dengan sekian banyak  macam pola dan corak warna yang bertolak belakang beda. Sehingga paling indah di anggap dan peminatnya pun sangat banyak.

9. Ikan Arwana

Siapa yang akan mengasumsikan di samping harga jualnya yang selangit, ikan arwana pun di percaya sebagai ikan pembawa rejeki yang melimpah.

Arwana

Harga ikan arwana yang tidak mempunyai cacat dan memiliki standar tertentu dapat sampai 1 milyar rupiah. Namun tidak boleh memikirkan harga segitu, ikan arwana juga diandalkan  membawa rejeki untuk orang yang membudidayakannya.

10. Ikan Hias

Usaha ternak ikan hias ialah salah satu jenis usaha ternak yang populer di Indonesia. Dalam usaha peternakan ikan hias juga lumayan menjanjikan, urusan ini disebabkan banyaknya jumlah peminat ikan hias di Indonesia. Mulai dari anak anak sampai dewasa menyenangi ikan hias.

Ikan Hias

Ada sejumlah jenis ikan hias yang populer dan pastinya tinggi peminatnya yakni ikan lohan, oscar, louhan, cupang, dan beda sebagainya. Dan ini bakal menjadi kesempatan bagi anda untuk mengupayakan membudidayakannya kerena tingginya minat masyarakat.

itu dia artikel tentang 10 Jenis Ikan Air Tawar Untuk Bisnis Budidaya Skala Besar, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga Bisnis Budidaya Ikan Air Tawar yang Menguntungkan.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya9 Pekerjaan Sampingan Pada Musim Hujan: Beberapa Bisa Menghasilkan Uang Ratusan Ribu Perbulan

Komentar