Beranda Bisnis Kelebihan dan Kekurangan Berbisnis Dengan Mekanisme Dropship

Kelebihan dan Kekurangan Berbisnis Dengan Mekanisme Dropship

Kelebihan dan Kekurangan Berbisnis Dengan Mekanisme Dropship
Image: Pixabay

Dropship merupakan salah satu bisnis jual beli online yang kini sedang digeluti oleh banyak orang. Bisnis dengan sistem dropship sangat mudah untuk dilakukan karena tidak memerlukan modal yang besar. Bila anda menjalankan bisnis dropship ini anda tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu. Yang harus kalian lakukan hanyalah meneruskan pesanan pembeli ke suplier anda.

Menjalankan suatu bisnis pastinya ada keuntungan dan kerugian yang didapatkan, salah satunya bisnis dropship ini. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan yang akan anda rasakan bila bisnis ini sedang berjalan. Disini anda harus menyiapkan kondisi sebaik mungkin supaya terus mencoba apabila anda gagal dalam menjalankan bisnis tersebut. Dengan begitu, bisnis dropship yang anda jalankan tentu akan berhasil nantinya.

Berikut adalah beberapa keuntungan dan kerugian menggunakan dropship :

Keuntungan

Beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan bila menjalankan bisnis dropship ialah sebagai berikut :

1. Tidak Memerlukan Modal Yang Besar

Keuntungan pertama yang bisa anda dapatkan ialah tidak mengeluarkan modal yang terlalu besar. Anda cukup memanfaatkan HP anda dengan koneksi internet saja sudah bisa menjalankan bisnis yang satu ini. Hal itu dikarenakan sistem pada dropship ini anda tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu. Disini anda hanya meneruskan pesanan yang dibeli oleh pelanggan anda kepada suplier.

2. Tidak Perlu Stok Barang

Keuntungan yang selanjutnya adalah tidak perlu menyetok barang. Stok barang sudah menjadi urusan suplier anda, nantinya suplier akan mengirimkan produk tersebut ke pembeli atas nama anda sendiri. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda mencari suplier yang terpercaya. Selain itu, pastikan suplier membalas respon anda dengan cepat.

Baca juga:  5 Strategi Ampuh Menjalankan Toko Online

3. Resiko Kecil

Sudah pastinya resiko dari bisnis dropship ini sangat kecil. Anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali untuk menjalankan bisnis ini. Selain itu, anda juga tidak menyetok atau memproduksi barang sendiri. Apabila barang yang anda promosikan tidak laku, hal itu tidak akan menjadi masalah untuk anda. Paling tidak anda hanya memerlukan modal paket internet saja untuk menjalankan bisnis dropship tersebut.

4. Praktis

Dropship merupakan salah satu bisnis yang paling praktis bila dibandingkan dengan bisnis lainnya. Bagaimana tidak, yang harus anda lakukan hanyalah mempromosikan produk milik suplier dan juga menanggapi para pelanggan. Tentu untuk melakukan hal ini sangatlah mudah ya kan! Semakin banyak promosi yang anda lakukan maka semakin berkesempatan anda mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.

5. Bisa Dilakukan Dimana Saja

Selain praktis, bisnis dropship juga dapat dilakukan dimana saja dan kapanpun selagi anda memegang smarphone dengan koneksi internet. Bisnis ini adalah salah satu bisnis yang paling mudah untuk dikerjakan. Apabila anda sedang bermain dengan teman-teman, anda bisa menjalankan bisnis ini, apabila anda sedang berlibur, anda masih bisa menjalankan bisnis ini, sangat mudah bukan!

6. Proses Cepat

Keuntungan yang selanjutnya yaitu proses lebih cepat bila dibandingkan dengan reseller. Karena tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu, suplier akan langsung mengirimkan barang kepada pembeli anda secara langsung. Berbeda apabila anda membelinya terlebih dahulu, tentu hal itu akan membuat proses pengiriman barang menjadi lebih lama.

Kekurangan

Selain kelebihan, pasti ada kekurangan dalam menjalankan sebuah bisnis. Kira-kira apa saja kekurangan dalam menjalankan bisnis dropship ini? Langsung saja lihat kekurangannya berikut ini :

1. Tidak Dapat Mengetahui Kondisi Barang

Kerugian yang pertama bisa anda dapatkan dalam menjalankan bisnis ini adalah tidak dapat mengetahui kondisi barang yang dibeli pelanggan. Karena anda tidak menyetok barang tersebut, anda pastinya tidak bisa mengecek kondisi barang tersebut apakah baik atau tidak. Hal ini bisa berakibat fatal apabila barang yang sampai tidak sesuai dengan gambar yang anda promosikan.

Baca juga:  Tips Membuka Usaha Sampingan Jualan Pulsa dan Paket Data

2. Tidak Bisa Memantau Stok Produk

Kerugian yang pertama ialah tidak bisa memantau tinggal berapa stok produk yang anda jual. Biasanya ada orang yang menanyakan apakah barang yang anda promosikan masih ada atau tidak, disini anda harus menanyakan terlebih dahulu barang tersebut apakah masih ada atau tidak. Respon yang lambat akan menyebabkan pelanggan cepat lari dan berpindah ke toko lain.

Kelebihan dan kekurangan tidak menjadikan masalah dalam menjalankan bisnis dropship. Yang terpenting ialah usaha anda dalam menjalankan bisnis ini, apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka bisnis anda akan berjalan dengan lancar.

Untuk menjalankan bisnis ini agar berhasil bisa anda tanyakan kepada orang yang sudah berpengalaman atau mencari informasi melalui google maupun YouTube. Banyak orang yang berbagi ilmu tentang dropship secara gratis untuk anda semuanya.

Demikian beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan dropship. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih. Jangan lupa baca juga perbedaan mekanisme dropship dan reseller.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaTips Mudah Menjalankan Bisnis Lewat WhatsApp
Artikel selanjutnya7 Ide Peluang Usaha Pernikahan yang Bisa Kamu Coba
An ordinary people who love to write something that's i love.

Komentar