Beranda Marketing Kelebihan dan Kekurangan Memakai Facebook Ads Untuk Promosi

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Facebook Ads Untuk Promosi

Kelebihan Memakai Facebook Ads Untuk Mempromosikan Produk
Image: Pixabay

Facebook Ads merupakan salah satu layanan periklanan yang di dalamnya memberikan tawaran untuk mempromosikan Fan Page yang telah dibuat oleh pengguna Facebook.

Untuk pemasangan iklan tersebut dapat diatur oleh pengguna sendiri dengan jangkauan yang berbeda-beda. Anda bisa mengatur jangkauan iklan sesuai keinginan anda seperti yang ditujukan kepada orang-orang yang berada dalam satu wilayah maupun luar wilayah.

Dengan menggunakan Facebook Ads dapat mengatur jangkauan pasar lebih terarah kepada pengguna yang dituju. Untuk iklan yang ditayangkan layanan FB hanya ditampilan pada dua jenis media sosial saja yaitu Facebook dan juga Instagram. Meskipun hanya ditampilkan di FB dan juga IG, keduanya merupakan salah satu media sosial yang paling banyak penggunanya.

Contoh dari perumpamaan Fb Ads yaitu ketika anda sedang mempromosikan suatu produk olahraga yang ditujukan kepada para pria, tentu mustahil ya kan bila anda mempromosikannya kepada perempuan. Dengan inilah anda dapat mengatur jangkauan pasar yang ingin dituju, seperti halnya perbedaan jenis kelamin saja. Hal itu akan membuat anda lebih mudah dalam menjalankan layanan periklanan ini.

Layanan periklanan yang satu ini tidak hanya digunakan oleh pengiklan kecil saja, melainkan perusahaan-perusahaan ternama juga menggunakan layanan yang satu ini. Beberapa perusahaan besar tersebut seperti Mozila, Microsoft, dan perusahaan besar lainnya. Bahkan ada yang mengatakan, lebih dari 5 juta perusahaan menggunakan layanan FB Ads setiap bulannya.

Kelebihan Facebook Ads

Beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan menggunakan FB Ads adalah sebagai berikut :

Baca juga:  5 Alasan Kenapa Harus Belajar Bisnis Digital Marketing Beserta Strateginya

1. Jangkauan Promo Lokal dan Internasional

Kelebihan yang pertama apabila anda menggunakan FB Ads adalah jangkauan promo lokal dan internasional. Dengan menggunakan FB Ads, anda dapat mengatur jangkauan promo sesuai dengan wilayah yang ingin ditentukan. Seperti halnya anda mengaturnya khusus untuk wilayah kota Jakarta saja. Maka kebanyakan pengunjung yang datang adalah dari daerah Jakarta.

2. Menawarkan Format Iklan Yang Lengkap

FB Ads juga dapat menyediakan format iklan secara lengkap. Dengan menggunakan layanan iklan yang satu ini, anda tidak hanya membuat promo yang terdiri dari teks saja. Anda juga dapat memasukan unsur video dan juga gambar ke dalam FB Ads milik anda. Dengan begitu, anda akan lebih mudah dalam menjalankan layanan periklanan yang satu ini.

3. Menjaring Konsumen yang Potensial

Dengan menggunakan FB Ads, anda dapat menjaring konsumen yang potensial. Misalkan anda menyediakan layanan iklan produk yang ditujukan khusus untuk anak-anak, akan tetapi anda mempromosikannya di berbagai kalangan orang tua. Hal itu tidak akan efektif untuk dilakukan. Maka dari itu, dengan adanya FB Ads ini anda bisa menjaring konsumen sesuai dengan tujuan konsumen anda.

Kekurangan Facebook Ads

Dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan dalam menggunakan layanan periklanan yang satu ini. Beberapa kekurangan yang akan anda dapatkan bila menggunakan FB Ads adalah sebagai berikut :

1. Sulit Menangkap Perhatian

Kekurangan yang bisa anda dapatkan yaitu sulit menangkap perhatian. Seperti yang kita lihat, mayoritas pengguna Facebook di Indonesia digunakan hanya untuk kesenangan semata saja. Apabila ada iklan yang muncul, mereka justru merasa risih dan ingin sekali untuk menghapusnya. Sebab itulah, penayangan iklan tidak dapat berjalan efektif.

Baca juga:  Bagaimana Strategi Pemasaran yang Baik Untuk Dilakukan?

Untuk menanganinya, anda harus membuat iklan yang menarik supaya pengunjung dapat terpikat dan ingin mengeklik iklan yang telah ditayangkan. Anda harus mempelajari bagaimana caranya membuat iklan-iklan yang menarik melalui Google maupun YouTube. Lebih baik lagi bila anda langsung belajar kepada orang yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Kelebihan dan kekurangan dari Facebook Ads tersebut dapat dijadikan bahan pembelajaran supaya anda bisa menjalankan layanan periklanan ini dengan baik. Anda harus tahu bagaimana caranya untuk mengatasi kekurangan bila menggunakan FB Ads. Dengan begitu, tentu langkah anda dalam menjalankan FB Ads akan berhasil.

Semoga beberapa informasi tersebut bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih. Jangan lupa baca juga kelebihan membuka bisnis online dangan instagram dan facebook.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar