Beranda Bisnis Kelebihan Membuka Bisnis Online Di Instagram dan Facebook

Kelebihan Membuka Bisnis Online Di Instagram dan Facebook

Kelebihan Membuka Bisnis Online Di Instagram dan Facebook
Image: Pixabay.com

Media sosial seperti Facebook dan Instagram menjadi platform yang tepat untuk melakukan bisnis online. Salah satu alasannya karena jumlah penggunanya yang sangat banyak dari berbagai negara. Dengan hal ini, sebuah bisnis akan memiliki pasar yang luas untuk menggaet para konsumen. Jadi bisnis Anda tidak terbatas hanya di satu daerah saja seperti bisnis offline pada umumnya. Pembeli bisa berasal dari daerah yang jauh dari lokasi Anda.

Ada beberapa kelebihan membuka bisnis melalui Facebook maupun Instagram diantaranya :

1. Jangkauan Luas

Seperti yang sudah jelaskan di atas, bahwa pengguna Facebook dan Instagram bukan hanya dari satu daerah saja melainkan dari seluruh dunia. Jika Anda memutuskan untuk membuka bisnis online di media sosial, tentunya jangkauan pasarnya akan semakin luas. Ini akan melebarkan kesempatan Anda untuk mendapatkan penjualan yang besar. Bisnis Anda tidak hanya bisa dilihat di suatu daerah saja, melainkan bisa dilihat dari segala penjuru daerah.

2. Bebas Promosi Gratis

Di Facebook tersedia beberapa fasilitas seperti Grup, Fanspage, Facebook Marketplace yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk memanfaatkan fasilitas tersebut, karena Facebook telah menyediakan secara gratis. Anda harus menggunakan fasilitas ini dengan baik agar hasilnya maksimal. Sementara di Instagram juga tak kalah bagusnya, disana disediakan fasilitas seperti hashtag, Instagram Story dan sebagainya. Fasilitas tersebut jika digunakan dengan baik akan membantu Anda dalam hal bisnis. Apalagi jika Anda memiliki banyak followers di sana, manfaatkan followers itu sebagai target pasar Anda.

Baca juga:  7 Ide Peluang Usaha Setelah Menikah yang Menjanjikan

3. Pengguna Sangat Banyak

Pengguna Facebook di Indonesia sendiri sudah mencapai lebih dari 130 juta pengguna. Sementara Pengguna Instagram mencatai lebih dari 50 juta. Jika digabungkan, ada lebih dari 180 juta pengguna di dua platform tersebut. Ini menjadi peluang Anda untuk melebarkan bisnis online agar lebih dikenal. Promosikan saja bisnis yang sedang dijalankan melalui media sosial ini. Jangan khawatir sulit mendapatkan calon pembeli, dari banyaknya pengguna itu, tidak mungkin tidak ada yang tertarik dengan bisnis Anda.

4. Bisa Dijalankan Dengan Mudah

Menjalankan bisnis online di Instagram dan Facebook sangatlah mudah. Anda tidak memerlukan perangkat komputer, manfaatkan saja smartpone dan paket internet yang dimiliki. Dengan menggunakan smartphone, Anda sudah bisa menggunggah foto, tulisan bahkan video dengan mudah. Dengan perangkat ini pula Anda bisa berinteraksi dengan calon pembeli, melayani mereka, menjawab segala pertanyaan yang diajukan dan sebagainya. Anda bisa menjalankan bisnis ini darimanapun selama masih terkoneksi dengan internet. Ini menjadi salah satu kelebihan jika Anda membuka bisnis online melalui Instagram maupun Facebook, pemula saja bisa dengan cepat belajar.

5. Tersedia Layanan Iklan

Layanan iklan merupakan fasilitas lain yang disediakan di Facebook maupun Instagram. Jadi jika Anda ingin menarik minat dari calon pembeli lebih cepat bisa mengunakan iklan ini. Dengan menggunakan iklan, Anda bisa mengatur siapa yang akan menjadi target promosi Anda. Saat membuat iklan disediakan pengaturan mengenai usia, jenis kelamin, lokasi dan sebagainya. Sehingga Anda tak perlu khawatir jika iklan yang dibuat salah sasaran.

Itulah Beberapa kelebihan membuka bisnis online di Instagram dan Facebook, semoga menjadi gambaran betapa besarnya peluang jika mengggunakan platform ini untuk bisnis. Anda juga tidak akan kesulitan dalam menggunakannya, atau bahkan Anda sudah menggunakan namun belum memanfaatkan untuk bisnis.

Baca juga:  Merubah Sampah Menjadi Ladang Bisnis Yang Menguntungkan

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar