Beranda Keuangan 3 Cara Kelola Uang Agar Tidak Boros dan Tambah Banyak

3 Cara Kelola Uang Agar Tidak Boros dan Tambah Banyak

Kelola Uang Anda Sebaik Mungkin Sejak Dini
Image: Pixabay

Pola hidup seseorang cenderung berbeda-beda dan tidak menentu. Terkadang sering kali kita menemui orang yang memiliki pola hidup glamor atau serba mewah, semua gaya hidupnya itu memang sudah menjadi cirikhas dari kepribadiannya.

Seperti apapun gaya hidup yang saat ini anda jalani tetaplah ingat sesuaikan gaya dan penampilan anda itu dengan budget yang anda miliki.

Tak jarang bila biasanya seseorang berpenampilan mewah namun hidupnya atau pemasukannya pas-pasan. Bukan mencaci atau menghina sebenarnya orang-oarang seperti itu biasanya tidak dapat atau kurang mensyukuri apa yang telah ia miliki.

Tuhan memang menciptakan seseorang dengan sifat dan pola pikir yang berbeda, oleh sebab itu kita setiap orang tidaklah sama. Namun segala sikap dan prilaku yang kurang baik tentu dapat diperbaiki contonya saja sikap boros dan kurang bersyukur itu.

Kurangilah gaya hidup anda yang berlebihan dan suka menghambur-hamburkan uang karena itu akan membawa anda ke kehidupan yang tidak baik. Bagi sebagian orang mungkin hal ini bukan hal yang begitu penting, tapi semua itu akan menjadi penting apabila anda sudah merasakannya suatu saat nanti.

Akan timbul sebuah penyesalan dimana bahwa anda menyadari semua gaya hidup yang saat ini anda lakukan tidak memberikan dampak yang baik dikemudian hari. Selain itu sifat boros seseorang juga akan membuat orang itu menjadi tamak, yang berpikiran bahwa dia harus memiliki segala yang diinginkan. Jika sifat seperti itu sudah mendarah daging tentu anda akan kualahan untuk mengatasinya.

Baca juga:  10 Tips Efektif Menurunkan Pengeluaran Bulanan

Seharusnya sejak anda berada di usia muda anda harus sudah bisa mengelola uang sendiri agar tidak kaget ketika nanti sudah dewasa atau belajar hidup mandiri, cara mengelola uang sebenarnya tidaklah sulit. Banyak hal yang dapat anda lakukan untuk mengelola uang anda, contohnya dapat anda simak dibawah ini:

Daftar Isi

1. Buka bisnis dari hasil tabungan

Jika anda termasuk seseorang yang gemar menabung, tentu semua itu akan ada manfaatnya dikemudian hari. Contohnya saja jika di tahun 2019 ini anda sudah bisa menabung 10 ribu perhari atau minimal 2  ribu perhari dalam jangka waktu 2-3 tahun uang tabungan itu akan sudah sangat banyak.

Nah dari uang tabungan itu anda dapat menggunakannya untuk membuka bisnis seperti bisnis kecil-kecilan contohnya jualan voucher game, pulsa dan lain-lain dengan modal sendiri. Dengan demikian uang anda justru malah dapat berkembang, dana anda juga akan mendapat keuntungan dari usaha anda itu sendiri.

2. Kurangi belanja online

Sayangi uangmu dengan tidak membeli barang-barang yang tidak perlu kamu butuhkan, tahan hawa nafsumu agar tidak tergoda dengan segala sesuatu yang ditawarkan dalam toko online itu.

Biasanya ketika dalam satu kali kamu dapat melewatinya maka untuk yang kedua kali dan seterusnya kamu juga akan berhasil melewatinya. Ketika anda tergoda dengan promo ataupun tawaran lain yang diberikan oleh  toko online itu ingatlah betapa sulitnya anda mencari uang.

3. Buatlah bisnis rumahan

Bisnis rumahan saat ini sangat mudah ditemui, tidak perlu memakai modal besar anda sudah dapat membuat usaha kecil-kecilan.

Contohnya seperti jualan kue, makanan atau snack-snack ringan yang dapat anda jual. Uang yang anda peroleh dari hasil penjualan itu dapat anda kumpulkan dan bisa menjadi sumber tambahan uang anda untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Semua usaha apabila dijalani dengan iklhlas dan dengan semangat yang tinggi tentu akan berbuah manis. Itu dia artikel tentang Kelola Uang Anda Sebaik Mungkin Sejak Dini, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga 5 jenis usaha rumahan modal kecil.

Baca juga:  7 Cara Mengatur Keuangan Keluarga Supaya Lebih Efektif

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar