Beranda Tokoh Kisah Sukses Chairul Tanjung Yang Bisa Dicontoh Anak Muda

Kisah Sukses Chairul Tanjung Yang Bisa Dicontoh Anak Muda

Kisah Sukses Chairul Tanjung Yang Bisa Dicontoh Anak Muda
Image: Google

Dalam dunia bisnis khususnya di Indonesia, nama Chairul Tanjung sudah tak asing lagi. Pria kelahiran 16 Juni 1962 ini memiliki track record yang baik dalam berbisnis. Saat ini ia termasuk ke dalam orang paling sukses dalam berbisnis di Indonesia. Ia memiliki beberapa bisnis skala besar di Indonesia.

Kepandaiannya dalam berbisnis sering dijadikan motivasi bagi anak muda yang ingin menjalankan sebuah bisnis. Karena kemampuannya itu, Chairul Tanjung pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Mentri Kehutanan, Mentri Energi Dan Sumber Daya Mineral pada masa presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selain itu ia juga pernah menjadi ketua umum PBSI periode 2000-2004.

Kisah Awal Perjalanan Hidup Chairul Tanjung

Tak ada yang menyangka pria yang lahir dari keluarga sederhana ini bisa menjadi orang besar. Ia terlahir bukan dari orang kaya. Sebenarnya tidak ada latar belakang pengusaha dalam diri Chairul Tanjung. Sang ayah hanyalah seorang wartawan di sebuah perusahaan koran kecil yang aktif pada masa order lama. Di masa itu, ekonomi keluarganya begitu pas-pasan. Terlebih saat ayahnya tidak lagi bekerja sebagai wartawan karena perusahaan tempat ayahnya bekerja ditutup.

Kehidupannya benar-benar terpuruk karena sang ayah tidak memilki pendapatan. Apalagi di masa itu kondisi sekitar masih belum stabil karena persoalan politik.  Ayah Chairul Tanjung akhirnya menjual rumah yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga. Keluarganya memilih untuk tinggal di losmen kecil yang memiliki harga murah.

Masa Kecil Chairul Tanjung sama seperti anak-anak pada masa itu. Ia menempuh pendidikan SD dan SMP Van Lith yang berlokasi di Gunung Sahari. Dengan keadaan yang serba kekurangan, ia sama sekali tidak mengeluh. Semangatnya sama seperti teman-teman lainnya dalam mengenyam pendidikan.

Baca juga:  Jack Ma Dari Bukan Siapa-Siapa Hingga Bisa Mendirikan Kerajaan Alibaba Group

Meski dilahirkan bukan dari orang kaya, untuk urusan pendidikan ia mendapat dukungan dari orangtuanya. Setelah lulus dari SMP, ia melanjutkan pendidikannya di SMA Negri 1 Jakarta. Semangatnya untuk belajar tak pernah padam, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Universitas Indonesia dan mengambil jurusan Kedokteran Gigi. Chairul Tanjung muda lulus pada tahun 1987.

Semasa menjalani kesehariannya sebagai mahasiswa, jiwa bisnisnya benar-benar muncul. Ia sempat mencoba usaha berjualan kaos, buku kuliah hingga fotocopy. Ketekunannya dalam berbisnis membuahkan hasil, ia sempat menyandang Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional untuk periode 1984 – 1985. Chairul Tanjung memiliki kegigihan yang kuat dalam menjalankan sesuatu.

Bangkit Mencoba Menjadi Pebisnis Muda

Perjalanan karir Chairul Tanjung sebagai pengusaha benar-benar dimulai ketika lulus dari perguruan tinggi. Ia pernah mencoba bisnis peralatan kedokteran dan laboratorium, akan tetapi bisnisnya gagal. Padahal itu merupakan bidang spesialis dirinya karena sesuai dengan jurusan yang diambil saat menjadi mahasiswa.

Ia sama sekali tidak menyerah hingga bangkit dan mendirikan perusahaan. PT Pariarti Shindutama menjadi perusahaan pertama yang ia bangun bersama 3 orang kerabatnya. Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang ekspor produk sepatu anak.

Perusahaan yang ia rintis ini tidak berkembang cepat. Namun tekadnya sangat kuat dan berani, hanya dengan modal Rp. 150 juta ia mencoba memulai bisnis tersebut. Modal tersebut digunakan untuk keperluan operasional perusahaan. Target pasarnya biasanya negara-negara eropa, seperti Italia. Negara tersebut sempat memesan produk perusahaan Chairul Tanjung dalam jumlah yang besar. Perusahaannya terus berkembang dengan pesanan-pesanan yang terus berdatangan.

Chairul Tanjung memang dilahirkan sebagai pebisnis sejati. Ia tak gentar dengan tantangan modal minim yang ia miliki untuk memulai bisnis. Ia akhirnya memutuskan untuk berpisah dengan teman-temannya karena perbedaan visi dalam berbisnis. Padahal saat itu bisnisnya dalam kondisi baik-baik saja, namun ia lebih memilih untuk menjalani bisnisnya secara mandiri. Ini bukan masalah bagi Chairul, karena sejak kecil ia sudah diajarkan untuk mandiri.

Baca juga:  Kisah Sukses Susi Pudjiastuti Dari Tidak Tamat SMA Hingga Menjadi Sukses

Kesuksesan Chairul Tanjung Menjadi Pengusaha Sukses Di Indonesia

Tahun demi tahun berlalu, Chairul Tanjung tetap konsisten untuk menjadi pebisnis. Tekadnya begitu besar untuk meraih sebuah kesuksesan. Dalam perjalanan hidupnya, ia pernah membangun perusahaan “Para Inti Holdindo” yang memiliki tiga subholding yakni Para Global Investindo bergerak dalam bidang keuangan, Para Inti Investindo yang bergerak dalam bidang media dan investasi, dan Para Inti Propertindo yang bergerak dalam bidang properti.

Banyak jenis bisnis yang dikelola oleh Chairul Tanjung hingga pada tahun 2011, mengubah nama perusahaannya menjadi CT Corp. Nama tersebut masih dikenal sampai saat ini. Di bawah naungan perusahaan tersebut terdapat anak perusahaan seperti Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources.

Bisnis yang digeluti Chairul Tanjung berasal dari berbagai sektor, seperti finansial, asuransi, pusat perbelanjaan, hiburan dan sebagainya. Yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia mungkin stasiun televisi Trans TV dan Trans 7. Keduanya merupakan perusahaan yang dimiliki oleh Chairul Tanjung.

Bisnis broadcasting dimulainya pada tahun 2001 ketika mencoba melakukan siaran pertamanya. Kesuksesannya bisa dirasakan pada tahun 2008 hingga sekarang ini. Trans TV menjadi salah satu stasiun favorit masyarakat Indonesia. Untuk melebarkan sayapnya dalam bidang ini, ia mengakusisi TV7 dan mengubahnya menjadi Trans7 yang dikenal sekarang ini. Itu menjadi gambaran betapa kayanya pria bernama Chairul Tanjung Ini.

Kesuksesan yang diraih Chairul Tanjung bisa menjadi pelajaran bagi anak muda untuk bekerja keras dalam menggapai impian. Kepandaiannya dalam berbisnis ternyata juga tertular kepada anaknya yang akrab disapa Putri Tanjung. Wanita tersebut memiliki keberanian yang sama seperti ayahnya dalam berbisnis. di usia mudahnya, ia sudah memiliki perusahaan sendiri.

Baca juga:  Kisah Sukses Kevin Sanjaya Sukamuljo Menjadi Pemain Bulutangkis Dunia

Itu dia Kisah Sukses Chairul Tanjung, semoga artikelnya bermanfaat y. Oya saya ada menulis juga tentang kisah sukses BOB SADINO, jangan lupa baca ya.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya10 Tips Menabung Uang Agar Cepat Kaya
Artikel selanjutnyaKisah Sukses Kevin Sanjaya Sukamuljo Menjadi Pemain Bulutangkis Dunia
Everyday in dreaming, may Allah make my dream come true;)

Komentar