Beranda Tokoh Kisah Sukses Kevin Sanjaya Sukamuljo Menjadi Pemain Bulutangkis Dunia

Kisah Sukses Kevin Sanjaya Sukamuljo Menjadi Pemain Bulutangkis Dunia

Kisah Sukses Kevin Sanjaya Sukamuljo Menjadi Pemain Bulutangkis Duni
Image: bolastylo.bolasport.com

Bagi pecinta bulutangkis, pasti tak asing lagi dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo. Pemain kelahiran Banyuwangi ini menjadi salah satu andalan Indonesia di berbagai turnamen kelas dunia. Prestasinya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Saat ini Kevin bermain untuk kategori ganda putra bersama rekannya Marcus Gideon. Mereka masih menjadi pasangan nomor satu dunia untuk kategori tersebut. Dalam urusan bulutangkis, Kevin memiliki kemampuan di atas rata-rata. Gerakan cepatnya selalu membuat lawan kewalahan.

Hampir disemua kompetisi berhasil ia menangkan bersama pasangannya. Yang terbaru, Kevin menjadi juara di ajang China Open Super 1000 setelah mengalahkan pasangan senegara, Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan. Sebelum mencapai kesuksesan seperti sekarang ini, Kevin Sanjaya memiliki cerita yang menarik. Simak kisah sukses Kevin Sanjaya Sukamuljo yang harus kalian ketahui.

Kevin Sanjaya Sukamuljo Muda – Masuk Klub PB Djarum

Keseriusan Kevin untuk menjadi atlet bulutangkis sudah terlihat sejak kecil. Pada tahun 2006, ia pernah mengikuti seleksi Beasiswa Djarum Bulutangkis. Namun sayang, kemampuannya masih belum bisa menandingi peserta lain. Sehingga ia tidak lolos untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Atlet kelahiran tahun 1995 ini lantas tidak patah semangat. Ia rela berlatih di daerah Jember untuk mengasah kemampuannya dalam bulutangkis. Padahal jarak rumahnya ke lokasi latihan memerlukan waktu sekitar 3 jam. Itu tak membuat Kevin menyerah, hari demi hari ia lalui dengan berlatih bulutangkis. Hingga akhirnya pada tahun 2007, ia berhasil mendapatkan beasiswa dari Djarum Bulutangkis.

Kevin kecil menghabiskan waktunya di asrama yang disediakan oleh pihak Djarum. Hari-harinya diisi dengan bermain bulutangkis pagi dan sore hari.

Baca juga:  Jack Ma Dari Bukan Siapa-Siapa Hingga Bisa Mendirikan Kerajaan Alibaba Group

Awalnya, Kevin tidak bermain untuk kategori ganda putra. Selama dua tahun, prestasinya tak kunjung membaik ketika bermain sebagai tunggal putra. Padahal untuk skillnya, bisa dibilang jauh di atas pemain lain, ia memiliki insting yang kuat, kecepatan gerakan hingga smash yang begitu deras.

Itu sebenarnya sudah cukup untuk menjadi pemain tunggal yang kuat. Ibu Kevin juga sempat meminta agar Kevin dimainkan untuk kategori tersebut. Namun pihak klub mencoba Kevin untuk bermain dikategori ganda.

Ketika masuk ke klub PB Djarum, usia Kevin masih sangat muda yani 12 tahun. Jadi wajar jika masih belum konsisten dalam permainannya. Sejak kecil, Kevin memang menjadi anak yang lincah. Ia tidak bisa diam menjadikannya sebagai anak yang aktif. Hal itu berdampak terhadap permainannya dilapangan yang begitu lincah.

Kevin Sanjaya Sukamuljo Muda – Mengawali Karir Internasionalnya

Prestasi Kevin mulai terlihat ketika ia mengikuti turnamen internasional. Pada tahun 2011, ia pernah dipasangkan dengan Lukhi Apri Nugroho dan menjadi juara dua di ajang Singapura Internasional. Selain bermain di ganda putra, Kevin juga pernah menjadi pemain ganda campuran berpasangan dengan Masita Mahmudin. Mereka berhasil menyabet medali perak diajang World Badminton Junior Championship 2014.

Beberapa pemain lain juga pernah di pasangkan dengan Kevin seperti Selvanus Geh, Wahyu Nayaka, Arya Maulana, Alfian Eko hingga Marcus Gideon. Namun prestasi yang paling konsisten ialah ketika ia berpasangan dengan Marcus. Kedua pemain ini berasal dari klub yang berbeda, mereka disatukan ketika mengikuti pelatnas.

Bersama Marcus, Kevin bermain untuk posisi depan. Gerakan cepatnya menjadi kunci untuk menyergap shuttlecock di depan net.  Berbagai turnamen berhasil ia menangkan bersama pasangannya itu. Pada 2015, ia pernah menjadi juara di Chinese Taipei Master, kemudian setahun berselang ia juga menjuarai Malaysia Master hingga Indonesia Master.

Baca juga:  Mengenal Steve Jobs, Pendiri Apple Yang Mampu Mengubah Wajah Dunia Modern

Di usia mudanya, Kevin benar-benar menjadi pemain yang sangat diperhitungkan. Kemampuannya bahkan bisa menyaingi senior-seniornya seperti Mohammad Ahsan hingga Hendra Setiawan.

Pada tahun 2017, bisa dibilang menjadi awal prestasinya mulai konsisten. Ia berulangkali menjadi juara di berbagai kelas turnamen. Bahkan turnamen sekelas All England pernah ia menangkan bersama Marcus. Turnamen tersebut seringkali menjadi incaran para pemain bulutangkis, bukan karena hadiahnya yang besar, sejarah juga akan mencatat baik karir pemain tersebut.

Kevin juga sempat menjadi juara di Asian Game, ia mengalahkan rekan senegaranya, Fajar Alfian/Rian Ardianto. Di tahun 2019 sendiri, Kevin sudah mengemas 5 gelar internasional bergengsi. Hal itu menunjukan bahwa perkembangannya terus stabil. Bersama pasangannya ia kerap menjadi penyumbang emas bagi Indonesia di berbagai ajang.

Kevin Sanjaya Sukamuljo Sekarang – Meraih Kesuksesan Di Usia Muda

Pemain berjuluk Minions ini menjadi salah satu atlet terkaya di Indonesia. Namun bagi Kevin, kekayaan itu tidak ada artinya jika tidak dibarengi dengan prestasi. Hal itu bisa dilihat ketika ia terus berlatih bersama rekan-rekan lainnya untuk mendapatkan juara diajang yang dihadapi. Seluruh pecinta bulutangkis Indonesia pasti mengetahui pemain yang satu ini. Karena pamornya itulah Kevin sering menjadi bintang film dan sukses menjalankan bisnisnya.

Sekelumit kisah sukses Kevin Sanjaya Sukamuljo tersebut dapat menjadi motivasi untuk anak muda. Kesuksesan tidak diraih dengan cepat dan instan. Perlu proses dan kerja keras sebelum bisa menikmati keberhasilan.

Kevin sendiri rela latihan di tempat yang jauh dari rumahnya. Semangatnya tidak pernah runtuh ketika ia bukan menjadi pilihan utama pelatih. Kini ia telah membuktikan bahwa kesuksesan bisa diraih dengan kerja keras.

Bagi kalian yang ingin seperti Kevin Sanjaya, mulailah untuk bekerja keras dengan berlatih dengan sungguh-sungguh. Itu akan membantu kalian dalam menggapai karir yang diinginkan.

Baca juga:  Mengenal Bill Gates Orang Terkaya di Dunia

Itu dia Kisah Sukses Kevin Sanjaya Sukamuljo, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga kisah sukses charul tanjung ya guys.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan FacebooK.

Artikel sebelumnyaKisah Sukses Chairul Tanjung Yang Bisa Dicontoh Anak Muda
Artikel selanjutnyaKisah Sukses Mark Zuckerberg Dalam Membangun Facebook
Everyday in dreaming, may Allah make my dream come true;)

Komentar