Beranda Tokoh Kisah Sukses Susi Pudjiastuti Dari Tidak Tamat SMA Hingga Menjadi Sukses

Kisah Sukses Susi Pudjiastuti Dari Tidak Tamat SMA Hingga Menjadi Sukses

Kisah Sukses Susi Pudjiastuti Dari Tidak Tamat SMA Hingga Menjadi Sukses
Image: Wikipedia

Didalam kehidupan ini banyak sekali orang-orang yang hebat dan sukses di sekitaran kita, entah dari kaum mana saja dan dari daerah mana saja pastinya akan ada orang sukses disitu. Setiap orang yang sukses pastinya mempunyai cerita-cerita dari pengalamannya tersebut.

Hal itu memang searah, karena untuk menjadi sukses pasti diperlukan pengorbanan dan usaha yang ekstra pula. Nah, salah satu orang sukses terutama dalam berbisnis ini pasti sudah sering kita dengar bahkan sering menghebohkan media karena langkah yang diambilnya.

Siapa sih orang tersebut? Pasti Anda sudah tau namanya. Ya, beliau bernama Susi Pudjiastuti, seorang pebisnis sukses yang pernah menjabat sebagai salah satu menteri di Indonesia. Bagaimana sih kisah dari Susi Pudjiastuti ini? langsung saja simak dibawah ini.

Kisah Sukses Susi Pudjiastuti dari Tidak Tamat SMA hingga Menjadi Pebisnis Sukses

Semua orang pasti sudah mengenal Susi Pudjiastuti dikarenakan di masa pemerintahan Indonesia 2014-2019, Susi masuk kedalam jajaran menteri yang mengurusi dibidang perikanan dan kelautan dan sering mengeluarkan kebijakan yang kontroversial yang dirasa unik oleh sebagian masyarakat Indonesia itu sendiri.

Sebelum Anda mengetahui lebih lanjut mengenai kisahnya, Anda harus mengetahui profilnya terlebih dahulu. Susi Pudjiastuti lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965 dan terlahir dari orangtua yang bernama H. Ahmad Dahlan dan Hj. Suwuh Lasminah yang merupakan peternak dan penjual hewan potong.

Berbeda dari Anak Sekolah Lainnya

Kisah hidupnya tidaklah berjalan mulus-mulus saja, karena orang yang sukses pastinya butuh pengorbanan, tak terkecuali Susi Pudjiastuti juga. Meskipun Ia terlahir dari keluarga yang berkecukupan, namun Ia tidak merasa berpuas dengan keadaannya.

Baca juga:  7 Wasiat Bob Sadino yang Harus Kamu Miliki Jika Ingin Menjadi Pengusaha

Hal itu tercermin saat dia mempunyai keinginan untuk belajar berbisnis bahkan sejak masih SMP. Jika orang lain seumuran dia lebih memilih untuk bermain dan bersenang-senang, tidak dengan Susi sendiri dikarenakan Ia mencoba berbisnis kecil-kecilan dengan menjual pakaian dan bed cover.

Seiring berjalannya waktu, Susi mengambil langkah yang mungkin sedikit aneh bagi orang lain namun tidak untuk dirinya, yaitu berhenti sekolah saat duduk di bangku SMA kelas 2. Namun alasan berhenti sekolah bukan karena tanpa sebab, namun karena untuk melanjutkan berbisnis.

Memilih berbisnis penjualan hasil laut

Dikarenakan lingkungannya yang kebanyakan nelayan, maka beliau mencoba dan mengambil langkah untuk berbisnis ikan setelah berhenti sekolah. Meskipun modal pertama yang Ia punyai hanya bermodal uang hasil menjual cincin yang berkisar antara Rp750.000, Ia tetap yakin.

Beliau langsung membeli ikan dari hasil nelayan yang sering disebut pelelangan hasil laut. Setelah mendapatkan ikan yang dimau, kemudian Susi menjualnya kembali di restoran-restoran yang ada di Pangandaran.

Awal berbisnis ikan pastinya akan sedikit susah dan butuh kesabaran, karena tidak semua restoran tersebut meyakini bahwa ikan yang dijual oleh Susi berkualitas bagus. Meski begitu, Susi tetap berkomitmen untuk memberikan yang terbaik alias memberikan ikan dengan kualitas bagus.

Setelah berjalan lama dengan konsistensinya yang selalu dipegang teguh, akhirnya terdapat titik dimana Susi mencapai kesuksesan pertamanya yaitu mampu menguasai bursa lelang ikan yang ada di Pangandaran.

Bahkan beliau pernah menjual hasil laut lainnya seperti lobster ke luar negeri dengan jumlah yang bisa dibilang banyak jika dilihat dari usahanya yang masih rintisan.

Selalu membarengi masalah dengan solusi

Bisnis yang semakin besar pastilah akan menimbulkan banyak masalah yang harus dihadapi, begitu pula dengan Susi. Bisnisnya yang mendapat banyak permintaan pastilah Ia harus menyediakan fasilitas tambahan untuk menjaga kualitas dari produk yang dijualnya.

Baca juga:  5 Tokoh yang Sukses Kembangkan Bisnis Startup

Disaat Ia mendapatkan solusi untuk melancarkan bisnisnya, Ia terkendala oleh dana dikarenakan akan membeli alat transportasi udara untuk keperluan pendistribusian produknya. Sehingga Ia mengajukan pinjaman ke bank, namun sayang Ia harus menunggu hingga 5 tahun untuk dapat mencairkan pinjamannya.

Hal tersebut mungkin sedikit bisa dimaklumi, karena jumlah pinjaman yang diajukannya yaitu 47 miliar. Namun akhirnya pinjaman tersebut bisa cair dan Ia segera mengeksekusi rencana yang telah di rancangnya.

Rasa dermawan harus selalu ada

Orang yang sukses bukan hanya yang mampu menjalankan bisnisnya dengan baik saja, namun orang yang sukses bisa memberikan kontribusi yang baik untuk masyarakat. Hal itu bisa dicapai oleh Susi karena saat terjadinya Tsunami Aceh, Susi memberikan bantuan kepada masyarakat untuk menggunakan pesawatnya secara gratis.

Namun, hal kebaikan pastilah akan mendapatkan balasan kebaikan pula. Terbukti setelah kejadian tersebut, Susi mendapatkan permintaan dari LSM dalam dan luar negeri yang akhirnya menjadi cikal bakal munculnya Susi Air yang bergerak dibidang transportasi udara bidang perikanan .

Menjadi seorang menteri yang tegas

Setelah perjuangannya yang cukup tangguh, akhirnya pada masa pemerintahan Indonesia 2014-2019, Susi Pudjiastuti menjadi salah satu menteri di Indonesia. Mungkin banyak orang yang pro dan kontra terhadap Susi, mengingat dalam urusan sekolah Ia saja tidak lulus SMA.

Namun, berkat kegigihannya dalam bekerja akhirnya banyak yang menjadi suka dengan beliau. Hal itu seiring dengan adanya kebijakan-kebijakan yang Ia keluarkan yang lebih menguntungkan masyarakat kecil.

Bahkan ada kebijakannya yang mungkin cukup kontroversial, yaitu menghancurkan kapal-kapal illegal yang masuk kedalam perairan Indonesia dan mengambil sumber daya alamnya di Indonesia. Hal itu, banyak yang menganggap bahwa Ia adalah menteri yang tegas.

Baca juga:  Mengenal Bill Gates Orang Terkaya di Dunia

Kisah sukses seseorang pastilah mempunyai banyak sisi positifnya yang bisa dijadikan pelajaran dan panutan. Oleh sebab itu, dengan adanya kisah sukses dari Susi Pudjiastuti yang bisa dibilang inspiratif ini, Anda bisa memperoleh banyak pelajaran didalamnya.

Dari kisah ini Anda juga bisa mengetahui bahwa untuk menjadi orang yang sukses, Anda harus berani mengambil langkah yang beda dan juga tetap konsisten dalam tujuan yang telah Anda buat. Selain itu, Anda juga harus mengedepankan kualitas dari hal yang Anda jual tersebut. Jangan lupa juga baca kisah sukses BOB SADINO.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar