Beranda Umum Macam-Macam Budidaya Ternak Yang Menguntungkan

Macam-Macam Budidaya Ternak Yang Menguntungkan

Macam-Macam Budiyaya Ternak Yang Menguntungkan
Image: Pixabay

Apakah kamu ingin memulai budidaya ternak?, Banyak waktu luang dan ingin mencari penghasilan tambahan? kenapa tidak mencoba untuk beternak saja?.

Mungkin bagi sebagian orang mengguluti bisnis ternak bukanlah salah satu profesi yang keren, apalagi mereka yang kerja dikantoran pasti enggan bergelut dalam dunia perternakan dikarenakan sering berinteraksi dengan tempat yang kotor.

Tapi yang perlu kamu tahu bisnis ini sangat menggiurkan loh, kamu bisa mendapatkan untung yang sangat besar jika fokus mengguluti bidang ini.

Nah, pada artikel ini saya akan memberikan daftar budidaya ternak yang bisa kamu coba. Yuk simak terus artikel berikut ini.

jenis-Jenis Budidaya Ternak Yang Menjanjikan

1. Ternak Ayam Petelur

Seperti yang kita ketahui telur adalah kebutuhan kita sehari-hari sebagai bahan dapur, oleh karena itu ternak ayam petelur masuk dalam daftar jenis ternak yang menjanjikan. Selain menjadi bahan dapur, telur juga menjadi bahan produk lainnya seperti mayones, oleh karena itu peluang ini bisa kamu manfaat untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

2. Ternak Jangkrik

Ternak jangkrik? ya secara sekilas ternak jangkrik mungkin adalah tindakan yang konyol. Tapi tahukah kamu kalau ternak jangkrik masuk sebagai ternak yang cukup menjanjikan. Jangkrik banyak dibeli oleh orang yang memiliki hewan peliharaan burung sebagai pakannya, karena jangkrik dikenal memiliki protein.

3. Ternak Keong

Keong mungkin adalah musuh bagi para petani karena dianggap sebagai hama/penyakit. Tapi kini harga keong terbilang cukup mahal bahkan diekspor hingga keluar negeri untuk kebutuhan ilmuan dan medis. Jadi peluang usaha ternak keong ini bisa kamu lakukan mengingat harga jualnya cukup stabil tidak naik turun karena susahnya untuk mendapatkan keong saat ini.

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Indonesia yang Cocok Untuk Destinasi Liburan Akhir Tahun

4. Ternak Kroto

Apa itu kroto? kroto adalah campuran telur dan larva yang dihasilkan oleh semut rang-rang. Kroto ini biasanya dibandrol oleh para peternak puluhan ribu perkilonya. Konsumen kroto sendiri biasanya adalah dari kalangan pecinta burung kontes yang memanfaatkan kroto sebagai pakan karena dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan burung.

5. Ternak Ayam Kampung

Berikutnya jenis ternak yang cukup menjanjikan adalah ternak ayam kampung. Dikatakan menjanjikan karena ayam kampung kini banyak dibutuhkan sebagai bahan masakan rumah-rumah makan, ataupun tempat kuliner lainnya.

Untuk beternak ayam kampung juga tidak cukup ribet yakni cukup menyediakan kandang dan perhatikan untuk memberi pakan minimal 2 kali dalam sehari.

6. Ternak Ikan Nila

Ikan nila banyak dibutuhkan hotel-hotel ataupun restoran, jadi jangan heran jika harga ikan nila per ekornya saja bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Ternak ini banyak dilirik oleh orang-orang saat ini, jadi sebelum memiliki banyak pesaing ternak ikan nila bisa menjadi alternatif untuk kamu coba saat ini.

7. Ternak Sapi

Bagi kamu yang memiliki lahan yang masih cukup luas dan jauh dari pemukiman warga, mungkin lokasi tersebut cocok untuk kamu jadikan sebagai tempat ternak sapi.

Ternak sapi mungkin memang sedikit ribet karena harus diberi pakan rumput yang banyak setiap harinya, tapi juga memiliki harga jual yang tinggi, untuk satu ekor sapi saja biasanya dibandrol sampai dengan belasan juta rupiah.

8. Ternak Kambing

Ternak kambing masuk dalam salah satu jenis ternak yang menjanjikan, karena kambing banyak dibutuhkan dalam acara perkawinan, hajatan, baik untuk dikonsumsi maupun kebutuhan prosesi adat.

Memilihara kambing juga tak serumit memelihara ternak sapi, selain ukurannya lebih kecil juga rumput yang di konsumsi tidak terlalu banyak.

Baca juga:  8 Jenis Kain yang Sering Digunakan untuk Bahan Pakaian Beserta Penjelasannya

Nah itulah jenis-jenis budidaya ternak yang menjanjikan bisa kamu coba untuk mencari penghasilan tambahan, semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga tahapan bisnis dan budidaya ternak lele yang menguntungkan.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya5 Jenis Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menjanjikan Dimasa Depan
Artikel selanjutnyaCara Mengatasi Resiko Ketika Berbisnis Untuk Para Pengusaha
Everyday in dreaming, may Allah make my dream come true;)

Komentar