Beranda Umum Apa Maksud Hosting dan Domain Beserta Contohnya

Apa Maksud Hosting dan Domain Beserta Contohnya

Apa Maksud Hosting dan Domain Beserta Contohnya

Hosting dan Domain!, Mungkin kamu yang baru mulai ngeblog atau belajar Bahasa pemograman web pasti belum tahu apa itu hosting dan domain, namun karena kamu sudah mulai mengenal dunia blogging dan pemograman, cepat atau lambat pasti akan mendengar istilah kedua tersebut sehingga kamu mencari tahu di internet.

Adapun peran hosting dan domain ini sangatlah penting di abad sekarang, tanpa domain dan hosting bagaikan mobil tanpa mesin, sehingga begitu sangat pentingnya peran mereka, tanpa mereka dunia kita belumlah canggih.

Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan menjelaskan kepada kamu apa sih maksud dari hosting dan domain itu sendiri, saya berharap setelah kamu membaca artikel ini maka sudah paham maksud dan fungsi keduanya, kalaupun dalam penjelasan masih belum paham sila tanyakan pada kolom kementar. Yuk langsung saja simak artikelnya!

#Pengertian

Hosting itu kalau di ibaratkan hp sebagai tempat penyimpanan foto, video, dan file-filenya. Seperti yang kamu tahu blog yang lagi kamu baca sekarang itu terdapat tulisan, gambar, dan mungkin ada beberapa artikel lain yang terdapat video, tapi pernah gak muncul tanda tanya dalam pikiran kamu kalau semua yang saya sebutkan di atas dimana tersimpan, jawabannya semua tersimpan di dalam hosting, tanpa hosting tidak mungkin blog yang kamu baca sekarang ini ada.

Terus apa perbedaannya dengan penyimpanan hp, perbedaannya adalah, kalau penyimpanan hp kamu simpan di hp (storage) tapi kalau hosting tersimpannya secara online, jadi file yang tersimpan di dalam hosting baru bisa kamu lihat kalau terkoneksi dengan internet, sedangkan di hp tanpa internetpun kamu tetap bisa melihat.

Baca juga:  Biaya Membuat Blog Wordpress Self Hosting, Berapa Sih Biaya yang Dibutuhkan?

1. Bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan hosting?

Hosting itu dapat kamu sewa pada vendor-vendor yang menyediakan jasa hosting seperti rumahweb, niagahoster dan kalau luar negeri seperti bluehost, dreamhost, siteground, dan banyak lagi lainnya.

2. Kapan saya harus menyewa?

Silakan sewa Ketika perlu, seperti contoh kamu mau launching satu situs penjualan, maka kamu butuh hosting. Tapi kalau mau belajar ngeblog saran saya baca artikel ini aja.

3. Berapa harga?

Kalau harga sendiri setahu saya bersaing ya, artinya untuk disegi harga beda-beda tipis tidak terpaut jauh, dan harga itu sendiri juga ditentukan oleh jenis hosting. Berikut jenis-jenis hosting yang bakalan kamu lihat Ketika mau menyewa.

  • Shared

Maksud dari shared hosting ini sendiri kalau diibaratkan sewa rumah kamu tidak sendiri tapi sama teman kamu sehingga biaya sewa rumahpun bayar sama teman sehingga lebih murah daripada kamu sewa sendiri. Makanya shared itu lebih murah, tapi tenang, tidak usah takut hosting web kamu bisa diakses sama orang lain, karena kamu nanti bakalan dapat kamar sendiri walaupun sewa rumah bagi rame-rame. Bahasa sederhananya sewa rumah rame-rame tapi kamar dipisah untuk perorang.

  • WordPress

Blog yang lagi kamu baca sekarang ini menggunakan wordpress hosting, jadi kalau kamu mau serius ngeblog dan ingin punya blog yang bisa dimanage sendiri tanpa dibatasi seperti blogger saya menyarankan wordpress.org dengan menggunakan wordpress hosting.

  • Unlimited

Kalau kamu mau hosting tanpa dibatasi sila menggunakan jenis ini, mungkin kalau kamu menggunakan jenis yang sudah saya sebutkan di atas akan dibatasi penyimpanannya sesuai dengan jumlah penyimpanan yang kamu sewa.

  • VPS/Cloud server
Baca juga:  Berikut Alasan Mengapa Harus Membeli Domain Sendiri

Jenis VPS ini paling mahal diantara jenis-jenis yang sudah saya mention di atas, namun apakah kamu perlu menggunakan jenis VPS ini?, kamu baru boleh menggunakan hosting ini jikalau Web & aplikasi kamu butuh garansi resource untuk performa yang lebih terjaga, kamu butuh fitur spesifik yang tidak tersedia pada Shared Hosting, Budget yang lebih terkendali dan terencana, Keamanan yang jauh lebih handal, dan Pengiriman email yang lebih baik.

Berikut tampilan halaman wordpress hosting saya.

halaman hosting

#Apa itu domain?

Yang dimaksud domain adalah alamat situs kamu, sebagai contoh alamat blog yang lagi kamu baca sekarang adalah bgipin.com, kata-kata .com itulah yang dimaksud dengan domain, banyak jenis domain yang bisa kamu jumpai, seperti .co.id, .net, .shop, .club dan banyak lagi jenis domain lainnya. Untuk harga domain sendiri tergantung dari jenis domain, yang jelas beda domain maka beda harganya.

Itu dia pengertian Hosting dan Domain Beserta Contohnya, semoga artikelnya bermanfaat ya geng. Jangan lupa baca juga Cara Mudah Mengubah Blogspot.com dengan Nama Domain Sendiri.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar