Beranda Tutorial Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan WordPress.com dengan Mudah

Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan WordPress.com dengan Mudah

Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Wordpress

Dengan adanya Blog tentu sangat membantu kamu untuk menyalurkan hobi menulis melalui platform satu ini, dan tidak hanya itu saja kamu juga dapat menjangkau pembaca yang lebih luas dan tiada batas, terus kamu juga bisa menghasilkan uang dengan menulis di blog.

Walaupun begitu banyak dari mereka yang mengurungkan niatnya menulis di blog karena tidak tahu cara membuat blog, tenang disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat blog gratis. Sebelumnya saya ada juga menulis daftar platform terbaik untuk ngeblog silakan baca.

Untuk mengikuti tutorial ini biar lebih mudah saya menyarankan kamu untuk menggunakan komputer/laptop. Yuk simak terus tutorial berikut ini.

1Membuka halaman wordpress.com. Sila kamu mengunjungi halaman wordpress terlebih dahulu melalui link berikut atau bisa juga dengan cara mengetikkan kata kunci wordpress pada mesin pencari kemudian klik link pada wordpress.com.

2Membuat akun wordpress. Untuk dapat mengakses wordpress sila klik pada tombol Buat situs web Anda.

Membuat akun wordpress

Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman pembuatan akun, sila isi textfield tersebut kemudian klik tombol Buat Akun Anda.

Membuat akun wordpress

Setelah selesai pembuatan akun jangan lupa Aktifkan wordpress kamu dengan cara melakukan konfirmasi email yang sudah dikirim ke email.

3Memilih domain. Setelah pembuatan akun kamu akan dibawa kehalaman Ayo cari domain untuk situs Anda!, sila ketik nama domain kamu pada texfield tersebut kemudian klik tombol Filter lalu pilih domain bawaan Gratis.

Memilih domain

4Pilih paket berlangganan. Di sini kamu diminta untuk memilih paket berlangganan dimulai dari yang paket Personal perbulan 44.700 sampai dengan paket eCommerce perbulan 534.000. Karena pada kasus ini kita mau membuat blog gratis sila klik pada tulisan Start with a free site.

Pilih paket berlangganan

5Menginstal Tema. Setelah Anda berada pada halaman Beranda wordpress selanjutnya yang akan kita lakukan adalah mengganti Tema. Adapun cara mengganti tema silakan klik pada menu Admin WP.

menginstall tema

Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman WP Admin, untuk mengganti tema silakan klik pada menu Tampilan, Tema kemudian pilih tema yang akan digunakan, untuk lebih mudah mengikuti tutorial ini saya sarankan samain aja temanya dengan saya, pada kasus ini saya menggunakan tema Twenty Eleven kemudian klik tombol Aktifkan.

Menginstal tema

Setelah kamu menekan tombol Aktifkan akan muncul form popup, langsung saja klik pada tombol Sesuaikan Situs Anda.

Instal Tema

Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman untuk penyesuaian situs. Dan selamat proses penginstalan tema sudah berhasil dilakukan.

6Mengubah Judul Situs, Slogan, dan ikon situs. Adapun untuk mengubah Judul Situs dan Slogan kamu bisa menekan menu Identitas Situs setelah itu silakan isi textfield tersebut.

Mengubah Judul Situs, Slogan, dan ikon situs

Adapun untuk mengganti ikon situs silakan klik pada tombol Pilih ikon situs perhatikan pada gambar di atas, kemudian akan muncul form popup Pilih gambar, pada tab Unggah Berkas klik tombol Pilih Berkas.

Mengubah judul situs

Kemudian akan muncul form popup Open lalu pilih gambar ikon yang mau kamu pasang kemudian klik tombol Open, setelah itu klik tombol Pilih.

Pilih gambar

Selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman Pangkas Gambar, sila sesuaikan gambar tersebut kemudian klik tombol Pangkas Gambar, dan selamat proses pemasangan ikon situs sudah berhasil dan jangan lupa tekan tombol Simpan Perubahan. Berikut tampilan perubahan yang sudah kita buat.

Mengubah ikon situs

7Mengubah gambar tajuk. Saya menyarankan kamu untuk mengubah tajuk gambar tersebut sesuai dengan niche blog kamu, sebagai contoh kita akan membuat blog khusus membahas Travel, saya sarankan kamu agar menggunakan gambar yang bernuansa travel. Cara mengubah gambar tajuk sila klik pada menu Gambar Tajuk kemudian silakan pilih salah satu gambar yang sudah ada di group Disarankan, ataupun kalau kamu punya gambar hasil disen sendiri boleh menambahkannya dengan menekan tombol Tambahkan gambar baru dan silakan ikuti saja langkah selanjutnya dan terakhir jangan lupa tekan tombol Simpan Perubahan.

Mengubah gambar tajuk

Berikut tampilan blog sesudah diubah Gambar Tajuk.

Gambar tajuk

8Mengubah Menu. Selanjutnya kita akan mengubah menu, sebenarnya ada tiga bagian menu yang kita gunakan, Top Menu (untuk sosial media), Primary Menu (Menu Utama), Footer menu (yang biasanya untuk about, ToS dan lainnya). Namun pada template ini hanya tersedia Primary Menu saja. Adapun menu yang akan saya buat Bisnis, Keuangan, Marketing, Tentang, dan Kontak. Adapun untuk membuat menu tersebut sila klik pada menu Menu kemudian klik lagi pada menu Primary kemudian silakan hapus untuk menu Beranda dan Blog.

Mengubah menu

Setelah dua menu tersebut dihapus kemudian sila klik pada tombol Tambahkan Item kemudian klik pada Taut Tersesuai lalu sila tambah menu yang ingin kamu tambahkan setelah itu klik tombol Tambahkan ke Menu. Oya untuk texfield https:// silakan isi # dulu nanti akan saya jelaskan lagi lebih detailnya, kemudian untuk Teks Tautan sila isi nama menu kamu.

Menu wordpress

Adapun untuk menyesuaikan tata letak menu tersebut sesuai gambar berikut sila menunya ditarik kemudian ditempelken ketempat yang mau kamu letakkan, setelah itu jangan lupa klik tombol Simpan Perubahan.

Mengubah menu WordPress

9Membuat link menu. Kita sudah membuat menu, selanjutnya kita akan membuat link untuk masing-masing menu tersebut. Untuk membuat link tersebut terlebih dahulu kita akan membuat kategori sesuai dengan menu di atas. Untuk membuat kategori sila klik menu Pos kemudian pilih Kategori. Untuk menambah kategori baru sila isi textfield Nama kemudian klik tombol Tambah Kategori Baru.

Kategori Menu

Adapun untuk membuat link sila klik Lihat pada kategori kemudian kopi link tersebut.

URL Link Menu

Setetelah link tersebut kita kopi selanjutnya akan kita pastekan ke menu tersebut. Adapun caranya sila klik pada menu Tampilan kemudian klik Menu, setelah itu pada halaman Menu  silakan ubah pada bagian Pilih Menu yang akan di edit menjadi primary lalu klik tombol Pilih.

Menambahkan link menu

Kemudian pastekan link kategori yang sudah kita kopi tadi kedalam textfield URL kemudian jangan lupa klik tombol Simpan Menu. Lakukan hal diatas pada setiap menu kecuali untuk menu Tentang dan Kontak, karena kita menggunakan Laman.

Link Menu wordpress

10Luncurkan Situs. Untuk meluncurkan situs sila klik pada tombol Situs Saya setelah itu silakan klik tombol Luncurkan situs.

Luncurkan situs

Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman launch site, langsung saja klik tombol Lewati Pembelian.

Luncurkan situs

Kemudian klik lagi tombol Lanjutkan dengan situs gratis Anda dan selamat blog wordpress gratis kamu sudah diluncurkan.

Pilih Paket

11Pengaturan Beranda. Ini adalah halaman depan atau utama blog, seperti yang dapat kamu lihat bawaan tampilan dasar beranda masih kacau balau dan jelek, maka dari itu kita akan membuatnya sedikit lebih rapi. Silakan klik menu Tampilan kemudian pilih Sesuaikan.

Pengaturan Beranda

Setelah itu klik pada Pengaturan Beranda lalu ubah menjadi seperti gambar berikut. Setelah itu jangan lupa klik tombol Simpan Perubahan.

Pengaturan Beranda

12Pengaturan dasar pada wordpress. Ini adalah poin terahir yang harus kamu lakukan. Silakan klik menu Pengaturan kemudian pilih Membaca, lalu centang untuk pilihan Ringkasan dan Izinkan mesin pencari kemudian jangan lupa Simpan Perubahan.

Pengaturan dasar pada wordpress

Itu dia tutorial Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan WordPress.com dengan Mudah ,semoga bermanfaat ya. Oya saya ada juga menulis Cara membuat blog gratis menggunakan Blogger.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar