Beranda Tutorial Panduan Mendaftarkan Website atau Blog ke Google Webmaster Tools

Panduan Mendaftarkan Website atau Blog ke Google Webmaster Tools

Panduan Mendaftarkan Website atau Blog ke Google Search Console

Google webmaster tools adalah tools gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu para blogger mengidentifikasi performance blog mereka di ranah organik.

Adapun di google webmaster tools sendiri kamu bisa melihat kinerja situs kamu di pencarian google, terus kamu juga bakalan diberitahu kalau terjadi error dengan situs kamu, baikkah itu error karena URL artikel atau error pada theme AMP dan error lainnya.

Google webmaster tools juga sangat berperan penting dalam mengindeks situs kamu yang nantinya ditampilkan dalam bentuk site link dan kamu juga bisa membuat setiap artikel kamu terindeks di mesin pencari dengan cara selalu submit artikel di webmaster tools.

Itu dia sedikit penjelasan mengenai google webmaster tools, berikutnya kita akan praktekkan bagaimana cara mendaftarkan blog ke google webmaster tools. Adapun untuk mengikuti tutorial ini yang harus kamu siapkan adalah blog itu sendiri, kalau belum ada blog kamu boleh baca artikel cara membuat blog gratis menggunakan blogger dan kalau kamu mau custome domain bawaan blogger boleh baca artikel berikut. Saya berharap setelah kamu membaca artikel ini maka sudah paham cara mendaftarkan blog ke google webmaster tools dengan mudah.

1Masuk ke halaman pendaftaran. Pertama sekali silakan Ketik kata kunci sign up google search console pada mesin pencari google kemudian klik link tersebut setelah itu lakukan login, setelah itu kamu akan dibawa ke halaman Welcome to Google Search Console/pendaftaran, lebih mudahnya silakan klik link berikut.

Daftar Google search console

2Melakukan pendaftaran. Untuk mendaftarkan blog kamu ke google search console silakan ketik alamat blog kamu ke textfield salah satu dari pilih tersebut. Note, kalau alamat blog kamu https://example.com maka isi di sebelah kiri dengan mengetik com tapi kalau alamat blog kamu seperti https://www.example.com maka silakan isi disebelah kanan. Pada kasus ini saya akan memilih sebelah kanan, setelah itu silakan klik tombol CONTINUE, lebih jelasnya sila perhatikan gambar berikut.

Baca juga:  9 Tips Mudah Agar Blog Diterima Google Adsense Dalam Sekali Daftar

Melakukan pendaftaran Google Search Console

Kemudian akan muncul form pop up Ownership auto verifed langsung saja klik tombol Go TO PROPERTY.

Ownership auto verifed

Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman Welcome lalu klik Start dan selamat kamu sudah berhasil menambahkan blog kamu ke Google search console.

3Melakukan pengaturan dasar. Setelah blog ditambahkan ke google search console selanjutnya silakan masuk pada menu Peta Situs/Sitemap lalu sila tambahkan xml kemudian tekan enter atau klik tombol KIRIM, untuk lebih jelasnya sila perhatikan gambar berikut.

Sitemap.xml google search

Untuk mengetahui apakah blog kamu sudah terbaca sitemapnya atau belum sila ketik url seperti berikut https://www.yourdomain.com/sitemap.xml pada kasus ini saya mengetik url blog saya dan berikut hasilnya.

Hasil sitemap.xml

Seberapa penting sih sitemap buat situs kita?, sitemap ini sebenarnya tidak dibuatpun tidak masalah, toh mesin pencari tetap mengindeks artikel kita, tapi dengan kamu menginput peta situs pada google search console membuat mesin pencari lebih cepat mengenal/mengindeks blog kamu.

4Memeriksa URL setiap publish postingan baru. Kebiasaan saya setelah publish artikel baru selalu periksa URL apakah sudah terindeks atau belum, nah kalau belum silakan minta pengindeksan. Adapun fungsi fitur ini ialah untuk meminta mesin pencari agar lebih cepat mengindeks setiap artikel baru yang kita publish.

Adapun cara memeriksa dan meminta pengindeksan silakan klik menu Sekilas lalu paste url artikel kamu kemudian tekan enter tunggu sebentar sampai hasilnya keluar, kalau artikelnya sudah terindeks maka akan keluar keterangan URL ada di Google, nah seandainya URL tidak ada di Google silakan klik tombol MINTA PENGINDEKSAN.

Pengecekan pengindeksan

Itu dia Panduan Mendaftarkan Website atau Blog ke Google Webmaster Tools, semoga artikelnya bermanfaat ya geng. Oya, jangan lupa baca juga Panduan Mendaftarkan Website atau Blog ke Bing webmaster tools.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Baca juga:  4 Rekomendasi Daftar Platform Blog Terbaik Untuk Menulis
Artikel sebelumnyaCara Memasang Widget pada WordPress dan Blogger dengan Mudah
Artikel selanjutnyaPanduan Mendaftarkan Website atau Blog ke Bing Webmaster Tools
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar