Beranda Tokoh Mengenal Bill Gates Orang Terkaya di Dunia

Mengenal Bill Gates Orang Terkaya di Dunia

Mengenal Bill Gates Orang Terkaya di Dunia
Image: irishtimes.com

Apakah kamu pengguna Windows?, kamu tahukan kalau Sistem Operasi  yang paling banyak digunakan di dunia adalah Windows, termasuk penulis juga menggunakan OS Windows.

Nah, pada artikel ini saya akan membahas secara detail proses hidup founder windows (Bill Gates), karir, kedermawanan, dan awal mula terciptanya Windows OS. simak terus artikelnya ya geng, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kalian. Oya jangan lupa juga baca Mengenal Steve Jobs, Pendiri Apple Yang Mampu Mengubah Wajah Dunia Modern. yuk langsung saja kita meluncur ke TKP.

Success is a lousy teacher. It seduces smart people into thinking they can’t lose. – Bill Gates

Masa Muda dan Pendidikan

William Henry atau Bill Gates, lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955. Ia memiliki darah Inggris, Jerman, Skotlandia, dan Irlandia. Keluarganya termasuk masyarakat menengah ke atas. Gates memiliki seorang kakak bernama Kristianne dan seorang adik bernama Libby. Ia merupakan keturunan keempat dalam keluarganya.

Gates tertarik dengan komputer sejak saat ia masih berusia belia. Perkenalannya dengan komputer terjadi ketika ia berusia 13 tahun. Saat itu, Mothers Club di sekolahnya, Lakeside School, membeli sebuah terminal Teletype Model 33 ASR dan beberapa komputer General Electric (GE) untuk para siswa.

Melihat komputer tersebut, Gates tertarik dan mulai mempelajarinya. Ia tertarik dengan kemampuan mesin tersebut mengeksekusi kode perangkat lunak dengan sempurna dan menulis program komputer pertamanya di sini menggunakan bahasa pemrograman BASIC.

Dari sana, ia mempelajari sistem lain, termasuk sistem minikomputer DEC PDP, khususnya PDP-10 yang dimiliki oleh Computer Center Corporation (CCC). Penggunaan komputer PDP-10 ini dibatasi waktu.

Gates bersama beberapa temannya seperti Paul Allen, Ric Welland, dan Kent Evans, memutuskan untuk mengeksploitasi sebuah bug pada sistem operasi untuk memperoleh waktu tambahan penggunaan komputer. Namun mereka tertangkap tangan dan akhirnya dilarang oleh CCC untuk mengakses sistem itu selama musim panas.

Menjelang akhir masa hukuman, keempatnya malah ditawarkan untuk menemukan bug lain di perangkat lunak CCC dengan imbalan waktu tambahan untuk penggunaan komputer.

Baca juga:  Kisah Sukses Mark Zuckerberg Dalam Membangun Facebook

Di kantor CCC inilah Gates mempelajari kode sumber berbagai program, termasuk program yang ditulis dalam bahasa FORTRAN dan LISP. Ia dan kawannya bekerja di sana hingga tahun 1970 ketika CCC ditutup karena bangkrut.

Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973. Setelah itu ia mengambil tes SAT dan mendapatkan skor yang sangat tinggi, yaitu 1590 dari 1600. Dengan nilai itu, ia diterima di Harvard College. Gates tidak punya rencana belajar tetap ketika menjadi mahasiswa di Harvard, dan menghabiskan banyak waktunya dengan menggunakan komputer sekolah.

Karir Bisnis

Pada November 1975, Gates memutuskan untuk absen dari Harvard untuk bekerja bersama Paul Allen. Mereka membuat perusahaan kemitraan dan memberinya nama “Micro-Soft” dengan kantor pertamanya di Albuquerque.

Satu tahun berikutnya, tanda penghubung pada nama “Micro-soft” dihapus dan pada 26 November 1976, nama dagang “Microsoft” didaftarkan di Kementerian Luar Negeri New Mexico. Gates tidak pernah kembali ke Harvard untuk menyelesaikan studinya.

Pada 1 Januari 1979, Gates memindahkan kantor pusat Microsoft dari Albuquerque ke Bellevue, Washington. Pada tahun-tahun awal Microsoft, semua karyawan punya tanggung jawab besar atas bisnis perusahaan.

Gates mengawasi rincian bisnis dan juga menulis kode. Pada lima tahun pertama, Gates secara pribadi meninjau setiap baris kode yang dikirimkan perusahaan, dan sering menulis ulang beberapa bagian kode agar terlihat pas.

Pada tahun 1980, Perwakilan IBM Jack Sams melakukan pertemuan dengan Gates dan memintanya untuk mencari sebuah sistem operasi yang layak. Beberapa minggu kemudian Gates berencana menggunakan 86-DOS (QDOS), sebuah sistem operasi mirip CP/M yang dibuatkan perangkat lunaknya oleh Tim Paterson dari Seattle Computer Products (SCP), sama seperti PC. Microsoft membuat persetujuan dengan SCP untuk menjadi agen lisensi eksekutif, dan di kemudian hari sebagai pemilik mutlak 86-DOS.

Setelah mengadaptasi sistem operasi untuk PC, Microsoft mengirimkannya ke IBM dalam bentuk PC-DOS dengan imbalan bayaran AS$50.000. Gates tidak menawarkan pemindahan hak cipta sistem operasi ini, karena ia yakin produsen perangkat lunak lain akan meniru sistem IBM. Mereka benar, dan penjualan MS-DOS menjadikan Microsoft pemain utama dalam industri komputer.

Baca juga:  Mengenal Steve Jobs, Pendiri Apple Yang Mampu Mengubah Wajah Dunia Modern

Pada 25 Juni 1981, Microsoft menjadikan Gates Presiden dan Ketua Dewan Microsoft.

Microsoft meluncurkan versi ritel pertama Microsoft Windows pada 20 November 1985, dan pada bulan Agustus, perusahaan ini mencapai persetujuan dengan IBM untuk mengembangkan sistem operasi terpisah bernama OS/2.

Meski kedua perusahaan ini berhasil mengembangkan versi pertama dari sistem ini, perbedaan tingkat kreativitas merusak kerja sama ini. Gates mengeluarkan memo internal pada 16 Mei 1991 yang mengumumkan bahwa kerja sama OS/2 berakhir dan Microsoft mengalihkan operasinya ke pengembangan kernel Windows NT.

Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pejabat eksekutif tertinggi di Microsoft pada bulan Januari 2000. Ia masih menjabat sebagai ketua dan membentuk jabatan kepala arsitek perangkat lunak.

Pada Juni 2006, Gates mengumumkan bahwa ia akan bekerja paruh waktu di Microsoft dan purna waktu di Bill & Melinda Gates Foundation. Ia melimpahkan secara bertahap semua pekerjaannya kepada Ray Ozzie, kepala arsitek perangkat lunak, dan Craig Mundie, pejabat riset dan strategi tertinggi Microsoft. Hari kerja purna waktu terakhir Gates di Microsoft adalah 27 Juni 2008. Saat ini, ia masih bekerja di Microsoft sebagai ketua non-eksekutif.

Filantropi

Pada 1994 ia menjual sebagian sahamnya di Microsoft untuk mendirikan William H. Gates Foundation pada tahun 2000.

Pada tahun 2000, Gates dan istrinya menggabungkan tiga yayasan keluarga menjadi satu dan membentuk yayasan amal Bill & Melinda Gates Foundation, yang saat ini merupakan yayasan amal yang beroperasi secara transparan terbesar di dunia.

Yayasan ini mengizinkan para donatur mengakses informasi tentang bagaimana uang yayasan dikeluarkan, tidak seperti organisasi amal besar lainnya seperti Wellcome Trust. Fokus Yayasan ini pada masalah-masalah global yang diabaikan oleh pemerintahan dan organisasi lain.

Pada tahun 2007, Bill dan Melinda Gates merupakan filantropis paling dermawan kedua di Amerka Serikat, dengan sumbangan untuk amal sebanyak $28 miliar.

Penghargaan

  • Pada tahun 1987, Gates secara resmi dinyatakan sebagai seorang miliarder dalam halaman 400 Richest People in America versi majalah Forbes.
  • Majalah Time menamai Gates sebagai satu dari 100 orang paling berpengaruh pada abad ke-20, serta satu dari 100 orang paling berpengaruh tahun 2004, 2005, dan 2006. Time juga secara kolektif menamai Gates, istrinya Melinda sebagai Persons of the Year 2005 atas upaya kemanusiaan mereka.
  • Pada tahun 2006, ia menempati peringkat kedelapan dalam daftar “Heroes of our time”.
  • Gates masuk dalam daftar orang terkuat Sunday Times tahun 1999.
  • Dijuluki CEO tahun ini oleh majalah Chief Executive Officers tahun 1994.
  • Menempati peringkat pertama dalam daftar “Top 50 Cyber Elite” oleh Time tahun 1998.
  • Peringkat kedua di Upside Elite 100 tahun 1999.
  • Disebutkan oleh The Guardian dalam daftar “Top 100 influential people in media” tahun 2001.
  • Pada tahun 1994, ia mendapat penghormatan sebagai Distinguished Fellow ke-20 di British Computer Society.
  • Gates telah menerima gelar doktorat penghormatan dari Nyenrode Business Universiteit, Breukelen, Belanda, pada tahun 2000.
  • Royal Institute of Technology, Stockholm, Swedia pada tahun 2002.
  • Gates juga diberikan gelar kehormatan Knight Commander of the Order of the British Empire (KBE) oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2005.
  • Pada November 2006, ia dan istrinya diberi penghargaan Order of the Aztec Eagle atas aktivitas filantropi mereka di seluruh dunia dalam bidang kesehatan dan pendidikan, terutama di Meksiko, dan tepatnya pada program “Un país de lectores”.
  • Pada Oktober 2009, diumumkan bahwa Gates diberi penghargaan 2010 Bower Award for Business Leadership dari The Franklin Institute atas pencapaiannya dalam bisnis dan aktivitas filantropinya.
  • Pada tahun 2010, ia memperoleh Silver Buffalo Award dari Boy Scouts of America, penghargaan tertinggi untuk orang dewasa, atas jasanya kepada para pemuda.

If you Born Poor it’s not Your Mistake, But if you Die Poor it’s Your Mistake. – Bill Gates

Itu dia ulasan tentang Mengenal Bill Gates Orang Terkaya di Dunia, semoga artikelnya bermanfaat ya. Oya jangan lupa juga baca Mengenal Steve Jobs, Pendiri Apple Yang Mampu Mengubah Wajah Dunia Modern.

Baca juga:  7 Wasiat Bob Sadino yang Harus Kamu Miliki Jika Ingin Menjadi Pengusaha

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar