Beranda Tokoh Mohamed Salah: Karir, Penghargaan, Kehidupan Pribadi dan Penggemar

Mohamed Salah: Karir, Penghargaan, Kehidupan Pribadi dan Penggemar

Mohamed Salah

Mohamed Salah Hamed Mahrous Ghaly, lahir 15 juni 1992, adalah pemain bola professional mesir yang mana bermain sebagai penyerang di klub Liverpool dan Tim Nasional Mesir.

Dikenal sebagai salah satu pemain bola terbaik dunia karena penyelesaian, dribbling, dan kecepatan lari pada saat main bola.

Karir klub dan Penghargaan

Salah memulai karir seniornya dengan klub mesir El Mokawloon, bermain sebentar lalu Salah pindah ke klub Swiss yaitu FC Basel dengan biaya transfer yang dirahasiakan. Di swiss, penampilan salah membuat klub Premier League Chelsea tertarik, kemudian Salah di kontrak sama klub Chelsea pada tahun 2014.

Namun selama di Chelsea salah jarang bermain dan hanya dibangku cadangkan, kemudian salah dipinjamkan ke Serie A bersama klub Fiorentina dan Roma, terahir dikontrak oleh klub Roma secara permanen dengan biaya 15 juta euro.

Selama di roma salah sangat berperan penting dan sanggup membawa klub roma finis di peringkat kedua. Dengan penampilan apiknya bersama roma lalu salah dikontrak oleh klub Premier League Liverpool dengan biaya £36.9 juta.

Ketika bermain di inggris bersama Liverpool, Salah bermain sebagai penyerang sayap kanan, hingga salah menerima penghargaan Premier League Golden Boot setelah mencetak 32 gol dari 36 pertandingan. Penampilan salah yang apik membuatnya terpilih sebagai PFA Players’ Player of the Year.

Musim berikutnya salah berhasil membawa klub Liverpool memenangi UEFA Champions League 2019. Dan musim selanjutnya berhasil mengantarkan Liverpool memenangi Premier League tahun 2020 setelah 30 tahun berpuasa.

Pada level Internasional, Salah mewakili mesir di level yunior. Penampilannya di Summer Olympics 2012 membawa salah mendapatkan penghargaan CAF Most Promising African Talent of the Year. Sejak saat itu, salah berhasil membawa Mesir meraih final Africa Cup of Nations 2017, dan pencetak gol terbanyak selama kualifikasi CAF kemudian berhasil membawa mesir memenuhi syarat untuk mengikuti FIFA World Cup 2018.

Salah kemudian banyak menerima penghargaan lainnya, seperti CAF African Footballer of the Year (2017 dan 2018), kemudian BBC African Footballer of the Year (2017 dan 2018), dan terpilih dalam tim Africa Cup of Nations Team of the Tournament dan CAF Team of the Year.

Karir Internasional

Junior

Salah tampil sebanyak 11 kali bersama tim Mesir U-20 dan 11 kali tampil di tim Mesir U-23, mewakili mesir di ajang FIFA U-20 World Cup 2011 dan Summer Olympics 2012, kemudian mencetak gol pinalti lawan Argentina pada babak 16, namun Mesir kalah 1-2 atas Argentina.

Baca juga:  Mengenal Steve Jobs, Pendiri Apple Yang Mampu Mengubah Wajah Dunia Modern

Kemudian Salah terpilih bermain di tim junior pada ajang Summer Olympics 2012 dan mencetak tiga gol. Ketika pertandingan pembukaan 26 juli, salah mencetak gol kedua 2-3 mengalahkan Brazil, kemudian dia juga mencetak gol 1-1 lawan Selandia Baru pada 29 Juli. Sebelum mencetak gol mesir berhasil mencetak gol di pertandingkan pembuka 3-1 menang lawan Belarus di final 1 Agustus. Kemudian Mesir di eliminasi setelah kalah 0-3 di kuartel final lawan jepang 4 Agustus.

Senior

Pada 3 september 2011, salah debut untuk tim sepakbola nasional Mesir mengalahkan Sierra Leone 2-1. Dia mencetak gol pertama untuk tim Mesir 3-0 menang lawan Nigeria, dan memenuhi syarat untuk ikut di ajang Africa Cup of Nations 2012.

Sampai dengan sekarang salah masih aktif membela tim Nasional Mesir, Pada 26 Juni 2019, Salah mencetak gol pertamanya pada pertandingan di grup kedua Mesir, menang 2-0 atas DR Congo, Dia yang mencetak gol pembuka pada pertandingan tersebut, dan gol keduanya oleh Ahmed Elmohamady.

Kehidupan Pribadi

Mohamed Salah dan istrinya Maggi menikah pada 2013. Anak mereka Makka lahir tahun 2014, salah menamakan anaknya sebagai bentuk kehormatan kepada kota suci islam yaitu Mekka.

Salah juga mempunyai anak kedua yaitu Kayan lahir tahun 2020. Salah adalah seorang Muslim dan melakukan selebrasi gol dengan bersujud. Selebrasi gol, Salah mengatakan kepada CNN “Ini adalah bentuk syukur saya seperti berdoa atau berterimakasih kepada tuhan apa yang telah saya terima, tapi ya, itu hanyalah doa dan doa untuk kemenangan. Saya telah melakukannya dari dulu, dimanapun.”

Di Luar Sepakbola

Media

Salah muncul pada seri video game Fifa dari EA Sports: di FIFA 18 rating salah 87 berpontensi naik menjadi 90 karena penampilan apiknya untuk Liverpool.

Pada tahun 2018 FIFPLAY membuat poling, situs tersebut dibuat untuk penggemar game, Salah mendapatkan rangking pertama (mengungguli Lionel Messi) yang cocok menjadil sampul global game FIFA 19, salah meraih suara 77% dari total suara. Aktif di media sosial, Salah mempunyai pengikut lebih dari 40 juta di Instagram, terbanyak followers di Mesir.

Baca juga:  Kisah Sukses Mark Zuckerberg Dalam Membangun Facebook

Sponsor

Salah menandatangani kontrak dengan brand Adidas: Dia menggunakan sepatu bola X18. Salah muncul pada iklan Piala Dunia 2018 bersama pemain lain, termasuk David Beckham, Lionel Messi dan Paul Pogba, dan termasuk juga penyanyi Pharrell Williams.

Pada bulan maret 2018, Salah muncul pada iklan Vodafone Mesir. Kemudian muncul juga pada video yang mempromosikan bangunan-bangunan terkenal di Merseyside, video tersebut rilis dalam bahasa Arab (tapi sudah ditranslate dalam bahasa inggris juga).

Kegiatan Amal

Salah aktif pada projek regenerasi di Nagrig, tempat lahir salah dimana 65% hidup dalam kemiskinan, mendonasikan uangnya untuk membangun sekolah dan rumah sakit. Projek termasuk kontruksi lembaga Al-Azhar dan mengadakan unit ambulan.

Pada satu interview dengan Al-Masry Al-Youm, ayah dari pemain bola Salah Ghaly, mengatakan anaknya menolak untuk menerima bantuan keuangan apapun pada projek tersebut.

Selama di Mesir, Keluarga salah dirampok, namun akhirnya perampok tersebut ditangkap polisi. Oleh ayah salah mengajukan tuntutan terhadap pelaku, tapi salah meminta untuk menarik kembali tuntuntan terhadap pelaku pencurian. Setelah itu, salah membantu keuangan pencuri tersebut, memberikan uang dan mencoba membantu mencarikan pekerjaan untuk pencuri itu.

Februari 2018, setelah pertandingan melawan Tottenham, Salah mendonasikan kemeja replika kepada pendukungnya yang masih kecil Mohamed Abdel Karim, dimana sebelumnya berfoto menggunakan baju bertuliskan nama dan nomor salah.

Salah juga membantu lebih dari 450 keluarga dengan memberikan mereka tunjangan dan dia juga membantu pemerintah dengan memberikan $300.000 ketika negara dalam kondisi buruk.

Dalam Dudaya Popular

Penggemar Liverpool membuat lagu dengan judul “Good Enough” replica dari lagu asli Dodgy – Good Enough, dengan lirik jika Salah terus mencetak gol, mereka akan masuk Islam – “Jika dia cukup baik untukmu, dia cukup baik untuk saya, jika dia mencetak beberapa gol lagi, maka saya akan menjadi muslim.”

Salah menyukai lagu tersebut, dan dia senang bisa menjadi contoh dari inklusivitas. Salah adalah orang yang saleh yang tidak dimiliki oleh banyak figur olahragawan muslim lainnya. Serta pesona dan sikap apolitisnya menjadikan salah sebagai figure yang terkenal di UK. Selebrasi setelah mencetak gol, salah selalu bersujud tanda terimakasih kepada tuhan, muncul di FIFA 19.

Penggemar dan Wartawan memanggil salah dengan nama “The Pharaoh” dan sedangkan penggemar Liverpool memberi nama “Egyptian King“.

Baca juga:  Mengenal Bill Gates Orang Terkaya di Dunia

Gol salah membawa Mesir masuk final piala dunia pertama sekali sejak tahun 1990. Menyusul tersingkirnya Mesir dari piala dunia, salah berdiam di rumah di Mesir untuk menikmati libur pramusimnya.

Akhir juni, alamat rumah salah tersebar di Facebook. Setelah kejadian ini banyak penggemar yang datang kerumah salah, lalu salah menyapa penggemar dan menandatangani beberapa. Menurut laporan di spanyol, polisi tiba dirumahnya untuk menjaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selama tur pramusim Liverpool di U.S, seorang seniman Amerika Brandan Adums membuata lukisan dinding di Times Square yang menampilkan salah menggunakan baju bola tim nasional mesir, kemudian salah ikut memposting gambar tersebut di sosial medianya. Di Mesir, beberapa lukisan dinding sudah ada juga yang menampilkan sosok salah, salah satunya di ibukota Kairo.

Sangat berpengaruhnya salah baik di tempat dia tinggal maupun dunia, salah ditampilkan pada sampul dua majalah besar tahun 2018, yaitu: GQ Middle East (dengan judul “The Unstoppable Rise of Mo Salah”) dan pada tahun 2019 muncul di sampul majalah Edisi Time 100.

Dia juga pendukung kesetaraan perempuan di Timur Tengah, Salah (pada TIME 100) mengatakan, “Kita harus mengubah cara memperlakukan perempuan pada budaya kita”.

Pada januari 2019, Dibuatkannya patung lilin Muhammad salah di Madame Tussauds London sebagai penghargaan.

Pemain bola asal Mesir ini juga berhasil membawa Liverpool memenangi beberapa tropy, salah adalah bintang sepakbola yang sangat berpengaruh di dunia.

Itu dia artikel tentang Mohamed Salah: Karir, Penghargaan, Kehidupan Pribadi dan Penggemar semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga Kisah Sukses Kevin Sanjaya Sukamuljo Menjadi Pemain Bulutangkis Dunia.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya5 Kebiasaan Pengusaha Sukses dalam Mengatur Keuangan Pribadi
Artikel selanjutnya9 Pekerjaan Sampingan Pada Musim Hujan: Beberapa Bisa Menghasilkan Uang Ratusan Ribu Perbulan
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar