Beranda Keuangan 5 Nasehat Keuangan Mark Cuban yang Patut Ditiru

5 Nasehat Keuangan Mark Cuban yang Patut Ditiru

Nasehat Keuangan Mark Cuban
Image: CNBC

Apakah kamu terlalu boros?, Kamu belum tahu cara mengelola keuangan dengan baik, di artikel ini kami akan membahas nesehat keuangan dari mark cuban moga bermanfaat ya.

Sebelum Mark Cuban menjadi miliarder, dia menghabiskan usia 20-annya berjuang untuk memenuhi kebutuhannya.

Cuban juga sering pulang ke rumah saat lampu sudah dimatikan, sehingga kartu kreditnya dipotong dan juga dia tetap melakukan sejumlah pekerjaan sampingan agar tetap bisa bertahan.

Baru setelah Cuban menjual startupnya, MicroSolutions, seharga  6 juta dolar pada tahun 1990, dia akhirnya merasa aman secara finansial, katanya kepada Men’s Health di dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada 1 September.

Tetapi ketika melewati masa-masa sulit, Cuban sempat belajar sedikit tentang hal keuangan dan sebagai hasilnya. Dia memiliki lima nasihat atau saran keuangan yang bisa dibagikan.

“Ada beberapa hal rahasia tentang kesehatan keuangan,” kata Cuban kepada Men’s Health.

Mencoba untuk tidak menumpuk hutang kartu kredit.

Cuban sendiri telah lama menyarankan agar tidak menumpuk hutang kartu kredit. Sehingga dia mengatakan, jika anda akan menggunakan kartu kredit, bayarlah seluruh kredit tepat pada waktunya.

“Dalam hal ini tidak apa-apa menggunakan kartu kredit untuk membeli rumah. Karena nilai tingkat penawaran sangatlah rendah dan juga nilai rumah bisa naik dan bernilai.

Tetapi tentu anda tidak ingin memiliki kartu kredit yang tidak dibayar setiap bulannya,” kata Cuban kepada Men’s Health. Lanjutnya “Investasi terburuk di dunia adalah bunga kartu kredit.

Cuban mempelajari pelajaran ini dengan susah payah di usia mudanya  ketika bunga uang yang dia pinjam di kartu kreditnya dengan cepat bisa menumpuk.

“Pelajaran tersulit yang saya pelajari adalah membuat kartu kredit terus membengkak,” katanya kepada Money pada 2017. “Saya akan melakukan sesuatu dan berpikir saya akan mampu melunasinya atau tidak. Saya tidak dapat memberi tahu kamu bahwa ada berapa banyak kartu kredit saya yang membengkak. ”

Baca juga:  Cara Hidup Senang Tanpa Harus Bingung Memikirkan Hutang

Dia memahami bahwa sangat sulit menghindari penggunaan kartu kredit secara bersamaan, tetapi juga harus bersikeras bahwa pentingnya untuk melunasi pembayaran/tagihan apapun itu.

Menggunakan kartu kredit itu tidak menjadi masalah, tapi jika anda mampu melunasinya disetiap akhir bulan, “kata Cuban pada 2017.”

Dapat diketahui bahwa 18% atau 20% atau bahkan 30% pembayaran hutang kartu kredit akan membuat anda rugi lebih banyak dari pada yang bisa anda hasilkan di tempat lain.”

(Menurut data Federal Reserve (Bank central) baru-baru ini yang dikeluarkan pada bulan September, suku bunga rata-rata untuk semua rekening kartu kredit adalah 14,87%. Di antara rekening yang dinilai memiliki bunga, atau rekening dengan biaya keuangan yang masih terutang, tingkat bunga rata-rata naik menjadi 16,88%. Tetapi bagi konsumen dengan kredit skor di bawah 670, suku bunga bisa mendekati 30%, laporan dari CNBC.)

Secara keseluruhan, “melunasi kartu kredit setelah 30 hari, atau bahkan tidak menggunakan kartu kredit adalah investasi paling tepat yang dapat anda lakukan,” katanya.

Jangan membeli barang yang tidak mampu anda beli

Tips kedua Cuban yang juga seorang investor “Shark Tank” TV Series adalah “hidup seperti seorang pelajar,” katanya kepada Men’s Health. Itu berarti hindari pengeluaran yang berlebihan dan pengeluaran untuk hal-hal tidak perlu  dan bahkan anda bisa hidup tanpanya.

“Anda tidak perlu membeli semua barang-barang, terutama saat anda tidak mampu membelinya,” kata Cuban. “Semakin banyak uang yang dapat disimpan ke bank, semakin baik posisi anda jika terjadi sesuatu.”

Cuban mempelajari ide ini dari “hidup seperti seorang siswa” dari sebuah buku yang dibaca ketika dia baru memulainya: “Menguangkan Impian Amerika: Bagaimana Cara Pensiun di Usia 35″ yang ditulis oleh Paul Terhorst. Dia memberi tahu kepada Money pada tahun 2017. Buku itu mendorong pembaca untuk hidup di bawah dari kemampuan mereka.

Baca juga:  7 Tips Jitu Menabung Uang Untuk Tingkat Pelajar

“Keseluruhan dari alasan dasar pemikiran buku ini adalah  jika anda dapat menabung hingga  1 juta dolar dan tetapi hidup seperti seorang pelajar, dan seketika anda dapat pensiun,” kata Cuban tentang buku tersebut, yang diterbitkan pada tahun 1988. “Tetapi anda harus memiliki disiplin menabung. Saya sangat percaya pada buku itu. Dan buku tersebut adalah motivator besar bagi saya. ”

Menabung dengan cukup untuk pengeluaran dalam satu tahun, lalu investasikan

Sebelum pandemi, Cuban biasanya merekomendasikan menabung uang untuk menutupi biaya dalam enam bulan, katanya kepada Men’s Health. Namun dalam perubahan yang tidak menentu  saat ini, dia merekomendasikan menabung dengan cukup untuk menutupi pengeluaran selama setahun.

“Setelah anda mampu menabung untuk pengeluaran selama satu tahun, maka anda dapat mulai berinvestasi dan memasukkannya ke dalam sesuatu yang dapat bernilai kedepan, seperti pendanaan yang murah yang dilakukan bersama atau Standard and Poor’s Index,” katanya. (Indeks S&P 500 memegang 500 perusahaan AS terbesar.)

Memang, para ahli sering merekomendasikan S&P 500 karena menyediakan keragaman dengan harga rendah dan umumnya memberikan pengembalian jangka panjang yang baik. (Warren Buffett mengatakan kepada CNBC pada tahun 2017 bahwa membeli dana indeks dengan biaya rendah S&P 500 adalah “hal yang paling masuk akal secara praktis sepanjang waktu.”)

Belajar untuk Bernegosiasi

Orang tidak menyadari kekuatan negosiasi, Cuban mengatakan pada Men’s Health. “Negosiasikan harga untuk turunkan  pada barang-barang yang ingin dibeli,” kata Cuban, (dan anda bahkan dapat mencoba menegosiasikan pada tagihan anda).

Cuban mengatakan bahwa dengan menggunakan uang tunai bisa menjadi alat negosiasi yang ampuh: “Saya memberi tahu orang-orang setiap saat, jika anda keluar  dan mengikuti kelas yoga dan ketika mereka ingin menagih anda dengan 30 dolar, maka katakan: ‘Coba lihat, saya hanya memiliki 20 dolar. Asal kamu tahu bahwa, mereka tetap akan mengambilnya. Bernegosiasi dengan uang tunai adalah cara yang jauh lebih baik untuk mendapatkan pengembalian investasi anda. “Katanya kepada Vanity Fair tahun 2017.

Baca juga:  Tagihan atau Cicilan Menumpuk? Berikut Ini 10 Tips Cerdas Cara Mengatasinya

Seorang yang ingin menjadi Miliarder sering bernegosiasi ketika dia masih muda dan terpuruk finansialnya.

“Saya tidak melakukan negosiasi terlalu sering sekarang,” kata Cuban kepada Men’s Health. Ketika “orang melihat saya dan seketika harganya akan naik. Tapi untuk jangka waktu yang lama, begitulah cara saya untuk bisa bertahan. ”

Beli dalam jumlah besar

“Manfaatkan setiap penawaran di Amazon dan tempat-tempat yang lain dimana anda bisa membeli dalam jumlah besar,” kata Cuban kepada Men’s Health. “karena jika itu hal penting, anda akan benar-benar membelanjakan apa pun yang terjadi, dan anda dapat menghemat 20%, 30%, 40 %. Itulah investasi terbaik yang bisa anda lakukan. ”

Dan ini lebih mudah untuk menjadi “pembelanja yang cerdas” dari pada berinvestasi di pasar saham, katanya.

“Sangat sulit untuk memilih pasar saham yang tepat, atau dana indeks yang tepat, atau  dana yang tepat,” kata Cuban. “Tetapi jika anda, selama satu tahun, biasanya menghabiskan  2.000 dolar untuk penggunaan barang habis pakai yang anda gunakan di rumah seperti pasta gigi, tisu toilet, sampo, dan tetapi anda dapat menghemat 40% dengan membelinya dalam jumlah yang besar dan menyimpannya di bawah tempat tidur jika perlu, itu dapat menghemat  800 dollar. ”

“Bahkan terkadang, investasi terbaik yang bisa anda lakukan adalah menjadi seorang pembeli yang cerdas,” katanya kepada Men’s Health.

Kesimpulan

Untuk mempunyai banyak uang tidak harus bekerja keras sehingga lupa akan waktu. Tetapi kamu cukup bekerja sewajarnya saja namun selalu melakukan manajemen yang baik untuk keuanganmu. Supaya keuangan tetap sehat kamu bisa menerapkan nasehat Cuban di atas.

Itu dia artikel tentang 5 Nasehat Keuangan Mark Cuban yang Patut Ditiru, semoga artikelnya bermanfaat ya. Oya, jangan lupa baca juga Tagihan atau Cicilan Menumpuk? Berikut Ini 10 Tips Cerdas Cara Mengatasinya.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar