Beranda Investasi Panduan Bermain Investasi Saham Untuk Para Pemula

Panduan Bermain Investasi Saham Untuk Para Pemula

Panduan Bermain Investasi Saham Untuk Para Pemula
Image: Pixabay

Kegiatan bermain investasi saham menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menantang diri sekaligus belajar investasi. Jenis dan rupa investasi sendiri sangat beragam. Saat ini jenis investasi online semakin banyak diminati oleh masyarakat. Termasuk untuk kelas pemula yang ingin mulai berinvestasi dengan modal kecil.

Kegiatan investasi online ini juga semakin berkembang didukung oleh perkembangan dan kemajuan teknologi yang membuat semuanya semakin praktis, serta efisien. Bentuk investasi online yang sedang banyak dipilih ialah saham. Berikut ada beberapa tips memulai bermain online untuk pemula dengan modal kecil.

Tips Mulai Bermain Saham Untuk Para Pemula

1. Mengetahui Jenis Investasi Online

Investasi online bisa dengan beragam bentuk seperti saham, obligasi, pasar uang, campuran, dan lainnya. Untuk memulai investasi online, coba ketahui dulu jenis mana yang paling tepat bagi Anda. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan, misalnya dari segi risiko. Masing-masing juga memiliki mekanisme dan kebijakan.

Memilih jenis reksadana ini biasanya akan disesuaikan dengan pandangan dan cara berpikir Anda, juga kondisi ekonomi yang Anda miliki.

2. Pahami Dasar Bermain Saham

Kedua, wajib sekali memahami lebih dulu hal mendasar mengenai main saham. Main saham bukan sekadar mengeluarkan modal untuk diputar dan diperjual belikan. Saham merupakan objek investasi yang bisa berubah-ubah setiap detik. Sehingga risikonya lebih besar dibandingkan berinvestasi dalam bisnis berbentuk fisik.

Baca juga:  Kenali Investasi Syariah yang Aman dan Menguntungkan Yuk!

3. Pelajari Mulai Dari Teknikal Hingga Mengenal Tren Saham

Bermain saham harus diikuti dengan proses pembelajaran yang tidak henti. Dari mulai teknikan, hingga bagaimana tren saham yang sedang berjalan. Memang tidak sedikit pemula yang hanya sebatas coba-coba, tetapi menghindari kerugian dan paham secara teknikal dalam bermain saham akan lebih baik.

4. Jauhi Sifat Ingin Cepat-Cepat Dapatkan Keuntungan dan Singkirkan Emosi

Terjun ke investasi saham atau reksadana lain bukan bisnis yang sifatnya mendatangkan keuntungan pasti dengan cepat. Jadi, sejak awal jauhi sifat ingin mendapat keuntungan besar dalam waktu cepat. Selain itu menyingkirkan rasa emosi dalam bermain saham juga lebih baik dilakukan.

Sebab kegiatan investasi ini harus dijalani dengan pelan-pelan, serta dibarengi rasa sabar. Lebih baik lagi kalau tidak terus memikirkan keuntungan. Karena rata-rata keuntungan bermain saham atau reksadana lain di awal-awal tidak terasa ‘istimewa’.

5. Rajin Menganalisa dan Taruh Modal Pada Hal yang Dipahami

Selanjutnya, satu poin yang wajib dimengerti, hindari menaruh modal pada investasi yang tidak begitu atau bahkan sama sekali tidak Anda pahami. Contohnya berinvestasi hanya karena mengikuti orang lain, tetapi padahal Anda sama sekali buta, Jadi, pelajari dan rajin lakukan analisa aktivitas investasi online.

6. Riset dan Cari Banyak Referensi Bermain Saham

Tips terakhir, jangan lupa untuk banyak melakukan riset seperti mencari informasi sebanyak mungkin tentang investasi online. Saat ini sudah banyak sekali consultant keuangan atau mereka yang sukses terjun di saham atau reksadana lain berbagi informasi dan pengalaman mereka.

Hal tersebut bisa dijadikan referensi sehingga langkah pada kegiatan investasi secara online Anda jauh dari kerugian atau memperkecil risiko bagi Anda sebagai pemula. Walau memang risiko bermain saham selalu mengiringi.

Baca juga:  3 Rekomendasi Investasi Syariah yang Paling Menguntungkan di Indonesia

Keenam tips di atas bisa menjadi acuan ketika Anda ingin mulai terjun investasi online, baik saham, maupun reksadana lainnya. Itu dia artikel tentang Panduan Bermain Investasi Saham Untuk Para Pemula, semoga bermanfaat ya. oya, jangan lupa baca juga tujuh pilihan investasi terbaik.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar