Beranda Bisnis Bagaimana Cara Memulai Bisnis Pakaian: Panduan Langkah Demi Langkah Oleh Haseeb Tariq

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Pakaian: Panduan Langkah Demi Langkah Oleh Haseeb Tariq

Panduan Langkah Demi Langkah Memulai Bisnis Pakaian
Image: Pixabay

Memulai bisnis pakaian adalah usaha yang mengasyikkan dan juga mempunyai tantangan tersendiri. Namun alangkah lebih baiknya sebelum menyelam lebih jauh Anda harus mempertimbangkan dulu semua aspek yang mungkin terjadi pada bisnis pakaian Anda nantinya.

Berikut ini Langkah-langkah sukses membuka bisnis pakaian.

Kenali pasar dan pesaing Anda

Untuk memulai bisnis pakaian, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu apa yang orang mahu di ceruk pasar Anda. Apa yang mereka butuhkan? Model dan Warna seperti apa yang mereka ingin untuk tahun ini? Dimana produk Anda dapat dibeli (Online atau Offline atau dua-duanya)?

Ketika ingin memulai bisnis pakaian, sangat penting untuk mencari tahu. Anda dapat mencari tahunya dengan pertanyaan-pertannyaan seperti berikut:

  • Apa yang pesaing saya lakukan?
  • Siapa target pasar saya dan bagaimana strategi iklannya?

Buatkan rencana bisnis untuk usaha pakaian bermerek Anda

Anda harus membuatkan rencana bisnis yang mencakup keuangan, model bisnis, dan strategi iklan. Ini nantinya akan menjadi kerangka kerja tentang apapun yang akan Anda lakukan kedepannya. Sangatlah penting menulis gol jangka pendek dan jangka panjang yang nantinya bisa membimbing kamu ketujuan utama tiap hari.

Hal wajar jika ingin membuka bisnis Anda sendiri. Oleh karena itu Anda harus mempertimbangkan untuk membuat badan usaha sendiri seperti CV atau PT kalau Anda ingin membangun bisnis jangka Panjang, karena hal tersebut nantinya sangat membantu Anda Ketika mengurus pajak, membuka rekening perusahaan dan hal lainnya.

Baca juga:  4 Penyebab Utama Kegagalan dalam Sebuah Bisnis

Pilihlah ceruk dan target pasar

Ketika memulai bisnis pakaian, keputusan terpenting adalah apa ceruk pasar bisnis Anda. Brand Anda bisa mencakup satu atau dua pasar berbeda, seperti contoh, satu model khusus untuk musim hujan terus model lainnya untuk baju renang.

Namun bisnis ini juga akan sangat susah untuk berhasil jika ceruk pasar Anda mencakup semua kalangan. Jadi saran dari saya, baiknya Anda mempersempit target pasar agar identitas brand dan model bisnis Anda jelas.

Design pakaian atau aksesoris

Ketika pertama kali merancang pakaian yang akan di jual memang ada rasa takut tersendiri, tapi itu bukanlah masalah besar. Untuk mengurangi rasa takut itu Anda bisa mencari referensi baju-baju terlaris di marketplace seperti Tokopedia atau Shopee dan nantinya tinggal Anda kembangkan saja dibagian design dan jenis bahannya agar tidak sama, it’s easy bukan?.

Temukan pemasok dan produsen lini pakaian Anda

Mempunyai ide bisnis dan rancangan saja tidaklah cukup. Anda harus mempunyai pemasok dan produsen pakaian yang akan memproduksi pakaian dan aksesoris untuk koleksi pakaian Anda yang tentunya sesuai dengan budget, waktu pengerjaan, kualitas bahan dan lainnya. Tempat terbaik untuk menemukan tempat produksi baju silakan kunjungin Alibaba.

Pilih nama brand pakaian Anda dan buatkan akun media sosialnya

Setelah Anda menemukan pemasok dan produsen, Langkah selanjutnya adalah menentukan nama brand, di sini sudah termasuk sama logo. Setelah itu sila buatkan Akun media sosial seperti Instagram, tiktok, facebook atau media sosial lainnya, tentu media sosial ini sangatlah penting untuk proses pemasaran produk dan juga sebagai online shop produk kita.

Dengan Adanya media sosial tentunya sangatlah mudah menjangkau pembeli Anda kapanpun dan dimanapun.

Baca juga:  7 Cara Menemukan Ide Bisnis Bagi Pebisnis Pemula

Tentukan harga produk Anda

Tentunya dibagian ini akan sedikit sulit, selain produk kita belum dikenal orang tentunya dengan harga yang mahal akan membuat calon pembeli lari ke pesaing Anda, oleh karena itu sangatlah berhati-berhati dalam memberikan harga. Agar mudah, Anda harus menentukan dulu jenis customer Anda, apakah untuk kalangan menengah, atas, atau bawah.

Sebagai contohnya saja produk Apple, target pasar produk mereka tentunya orang-orang yang berduit, begitupun dengan Xiaomi yang target pasarnya untuk semua kalangan.

Gaet content creator atau influencers

Ini sangatlah penting, karena percuma Anda mempunyai produk namun tidak dikenal. nah, untuk mengenalkan produk, Anda bisa bekerjasama dengan pembuat content atau influencer, karena mereka-mereka itu mempunyai pengikut yang banyak.

Tentukan berapa banyak produk yang harus Anda jual supaya bisnis tetap jalan

Tentunya sangat penting memikirkan penjualan produk bisnis Anda, bagaimanapun bisnis harus bisa menghasilkan keuntungan agar tetap berjalan, karena tidak mungkin Anda menjalankan bisnis tanpa keuntungan. Disinilah pentingnya peran rencana bisnis Anda agar sukses.

Mulailah dengan biaya kecil dulu

Anda ingin memulai bisnis?, mulailah dengan modal kecil terlebih dahulu sambil melihat perkembangan bisnis Anda, jika bisnis sudah mulai memberikan profit dan Anda sudah yakin, maka sila investasikan waktu dan uang Anda disitu.

Kesimpulan

Memulai bisnis pakaian bisa menjadi tantangan, tapi juga bermanfaat. Pengusaha sukses itu tahu sukses di berbagai jenis industry bukan hanya karena produk atau layanan yang mereka tawarkan. Tapi mereka paham pelanggan dan pesaing mereka, formula untuk dapat mencapai apa yang mereka inginkan adalah kerja keras dan selalu belajar dari kesalahan.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Baca juga:  Grosir Baju Tanah Abang Terbaru Dan Terjangkau
SUMBERentrepreneur
Artikel sebelumnya5 Cara Memulai Usaha Kecil Agar Cepat Berkembang
Artikel selanjutnyaPasangan Suami Istri ini Membagikan Tips Cara Memulai Bisnis Bersama
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).