Beranda Placements Pengaplikasian Polikarbonat untuk Pembuatan Produk Sehari-Hari

Pengaplikasian Polikarbonat untuk Pembuatan Produk Sehari-Hari

Pengaplikasian Polikarbonat untuk Pembuatan Produk Sehari-Hari

Plastik polikarbonat adalah salah satu material plastik yang paling serbaguna sehingga banyak diaplikasikan menjadi berbagai macam produk di beberapa industri. Polikarbonat juga merupakan salah satu material paling kuat yang digunakan dalam dunia manufaktur. Bahkan, material polikarbonat 250 kali lebih kuat dibandingkan dengan material alternatif lainnya seperti kaca.

Nah, untuk mengenal lebih lanjut mengenai produk sehari-hari apa saja yang umum dibuat dari material plastik polikarbonat, simak pembahasan di bawah ini.

Apa itu Plastik Polikarbonat?

Sebelum membahas penggunaannya, mari terlebih dahulu kita pahami apa itu plastik polikarbonat. Polikarbonat adalah plastik transparan yang masuk pada klasifikasi termoplastik, atau plastik yang bisa dipanaskan dan dibentuk kembali setelah didinginkan.

Plastik polikarbonat merupakan salah satu jenis plastik yang tahan benturan. Material ini lebih kuat dari kaca dan bisa menahan penggunaan yang berat tanpa mengalami retak atau patah. Karakteristik ini yang menjadi alasan mengapa polikarbonat banyak digunakan untuk membuat kaca anti peluru atau panel penghalang angin.

Kelebihan utama lainnya dari polikarbonat adalah plastik ini lebih mudah dibentuk jika dibandingkan dengan jenis plastik lainnya. Bahkan, plastik polikarbonat dapat dibentuk pada suhu ruangan tanpa mengalami kerusakan atau degradasi material.

Penggunaan Plastik Polikarbonat pada Produk Sehari-Hari

Karena berbagai keunggulannya, plastik polikarbonat memiliki banyak pengaplikasian di berbagai industri. Berkut beberapa produk yang umumnya terbuat dari plastik polikarbonat.

1. Produk Otomotif

Polikarbonat digunakan dalam industri otomotif untuk membuat komponen desain yang canggih, ringan, kuat, dan tahan lama. Daya tahan dan bobotnya yang ringan juga membantu kendaraan menjaga aspek aerodinamisnya.

Baca juga:  Cara Menabung Masa Kini di Tabungan Emas Online

Karena sifat tahan panasnya yang baik, biji plastik polikarbonat sering digunakan untuk membuat kaca kendaraan dan bezel lampu depan.

2. Produk Konsumen

Polikarbonat memiliki tegangan internal yang rendah dan stabilitas dimensi yang tinggi. Hal tersebut membuat plastik ini ideal untuk digunakan sebagai bahan pembuatan DVD.

Tingkat transparansinya yang tinggi juga membuat polikarbonat cocok untuk diproduksi menjadi kacamata, lensa mata, botol air, dan produk harian lainnya.

3. Produk Konstruksi

Dalam industri konstruksi, polikarbonat banyak digunakan sebagai alternatif untuk kaca dalam berbagai pengaplikasian seperti fasad, jendela keamanan, lampu jalan, dan masih banyak lagi.

4. Produk Elektronik

Plastik polikarbonat banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan peralatan elektronik seperti TV,  lemari es, mesin kopi, mesin cuci, pemangkas jenggot, pengering rambut, dan beberapa produk elektronik lainnya.

5. Produk Medis

Polikarbonat juga umum digunakan untuk membuat berbagai peralatan medis karena beberapa karakteristiknya seperti tahan panas, stabilitas dimensi yang baik, tampilan yang jernih, dan ketangguhannya.

Polikarbonat juga dapat disterilkan dengan menggunakan etilena oksida sehingga sangat ideal untuk diaplikasikan menjadi bahan pembuat peralatan medis dimana sterilitas menjadi aspek yang sangat penting.

Beberapa produk peralatan medis yang banyak menggunakan material polikarbonat adalah tabung jarum suntik, instrumen bedah, termometer, produk penyimpanan darah, filter darah, sistem penyimpanan dan pengiriman obat, dan masih banyak lagi.

Demikian informasi mengenai apa itu plastik karbonat dan berbagai pengaplikasiannya pada produk sehari-hari, serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat!

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaIngin Ternak Sapi? Kenali Tips Sukesnya Berikut Ini
Artikel selanjutnyaSimak Cara Memutihkan Kulit Wajah Paling Ampuh, Berikut Ini Rahasianya!
Everyday in dreaming, may Allah make my dream come true;)

Komentar