Beranda Pengembangan Diri Pengertian Kepribadian, Kriteria Kematangan, dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Kepribadian

Pengertian Kepribadian, Kriteria Kematangan, dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Kepribadian

Pengertian Kepribadian

Apakah kamu lagi mencari pengertian dari Kepribadian, kriteria kematangan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya kepribadian?.

Jujur kita kalau ditanyai tentang pengertian dari kepribadian pasti akan menjawab tentang sifat baik dan buruknya, padahal pengertian kepribadian itu sendiri bukan hanya tentang sifatloh, akan tetapi lebih luas lagi.

Namun secuek apapun kita tentang kepribadian, tak dapat dipungkiri bahwa semakin meningkatnya persaingan profesionalisme dalam kancah bisnis modern, maka makin diperlukannya kepribadian yang mantap dan rasa percaya diri yang tinggi.

Tapi bagaimana kamu dapat menciptakan kepribadian yang mantap dan rasa percaya diri yang tinggi kalau pengertiannya saja belum tahu. Tapi tenang guys, setelah kamu membaca artikel ini saya yakin kamu sudah tahu apa yang selama ini mengganjal dalam pikiran kamu.

Yuk langsung saja simak artikel berikut.

Pengertian kepribadian

Ap itu Kepribadian?

  1. Apakah KEPRIBADIAN itu merupakan cara seseorang dalam berpenampilan?
  2. Apakah KEPRIBADIAN menunjuk bagaimana cara Kamu makeup, tersenyum? Atau Kamu harus bertingkah laku untuk memberikan KESAN kepada orang lain.

Dalam diskusi sehari-hari kita sering mendengar beberapa ucapan yang membuat kita menafsirkan bermacam-macam arti kepribadian itu sendiri.

Sebagai Contoh :

a. Sebagai atasan, dia mempunyai kepribadian
b. Menurut kamu bagaimana kepribadiannya itu?

Pada contoh a, kata Kepribadian dapat diartikan sebagai kewibawaan, sedangkan pada contoh b, dapat diartikan sebagai sifat-sifat seseorang.

Pengertian Kepribadian menurut tokoh:

Menurut tokoh G.W. Allpont pengertian kepribadian adalah suatu organisasi yang dinamis dalam diri individu yang sistem psikofisiknya menentukan karakteristik, tingkah laku serta cara berpikir seseorang.

Baca juga:  10 Perbedaan Orang Sukses dan Gagal, Apakah Kamu Sudah Memilikinya?

Dari pengertian di atas, kita mendapat gambaran bahwa kepribadian adalah merupakan keadaan dalam diri seseorang yang menentukan bagaimana penampilannya dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Kriteria kematangan kepribadian

Menurut Gordon W. Allpont kriteria umum untuk menentukan kematangan kepribadian, yaitu:

1. Perluasan diri

Seseorang yang sudah matang kepribadiannya tidak lagi terpusat pada dirinya sendiri, melainkan dapat mengarahkan perhatian dan usaha-usahanya untuk kepentingan orang lain. Ia memiliki kemampuan untuk membuat hubungan yang akrab, hangat, membenamkan diri atau berpatisipasi dengan orang lain dengan penuh penerimaan.

2. Kemampuan untuk melihat diri sendiri secara objektif

Seseorang yang sudah matang kepribadiannya mempunyai kemampuan memahami dan mengenal dirinya sendiri sebagaimana adanya dan juga memiliki rasa humor yang artinya dapat menertawakan dirinya sendiri setelah mengetahui kepribadinnya secara realistis.

3. Memiliki filsafat hidup

Yang mempersatukan dan mengarahkan tindakan-tindakan kesuatu arah tertentu. Dengan filsafat hidup ini akan menentukan apakah suatu itu berharga atau tidak dan patut atau tidak untuk diusahakan dalam hidup ini.

Faktor yang mempengaruhi terbentuknya kepribadian

1. Faktor bawaan

Faktor pertama karena bawaan genetik yang menentukan diri fisik primer seperti (warna, rambut, mata, kulit), selain itu juga kecendurangan-kecendrungan dasar misalanya kepekaan, penyesuain diri.

Contoh :

a. Mata seorang anak biru itu disebabkan karena orangtuanya mempunyai mata yang berwarna biru.
b. Bakat anak biasanya turun dari orang tua

2. Faktor lingkungan

Selanjutnya faktor yang dapat mempengaruhi kepribadian karena lingkungan sekolah, atau lingkungan sosial/budaya seperti teman, guru. Dapat mempengaruhi terbentuknya kepribadian.

Contoh :

a. Seorang anak pinter dan rajin belajar disebabkan temannya yang rajin belajar

3. Interaksi antara bawaan serta lingkungan

Interaksi yang terus menerus antara bawaan serta lingkungan menyebabkan timbulnya perasaan AKU/DIRIKU dalam diri seseorang.

Baca juga:  Pengertian Sikap, Bentuk-Bentuk, dan Cara Mengubah Sikap

Contoh :

a. Pengalaman masa kanak-kanak yang sering dipukul maka cenderung pada saat dewasa menjadi sadis/kejam.

Itu dia artikel tentang Kepribadian: Pengertian, Kriteria Kematangan, dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Kepribadian, semoga artikelnya bermanfaat ya geng. Oya, Jangan lupa baca juga artikel tentang Perbedaan Orang Sukses dan Gagal.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaCara Upload Video Ke Youtube Dengan Mudah Menggunakan Komputer/HP
Artikel selanjutnyaPengertian Sikap, Bentuk-Bentuk, dan Cara Mengubah Sikap
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).