Beranda Umum Pengertian Manajemen, Jenjang, Prinsip-Prinsip, dan Fungsi-Fungsi Manajemen

Pengertian Manajemen, Jenjang, Prinsip-Prinsip, dan Fungsi-Fungsi Manajemen

Pengertian manajemen

Pengertian manajemen, bagi pelaksana manajemen tentu sangat penting mengetahui pengertian itu sendiri.

Karena manajemen sangat erat kaitannya dengan organisasi dan perusahaan, tentu semua orang harus tahu manajemen itu sendiri agar tidak terjadi kesalahan dalam kegiatan organisasi.

Kami berharap setelah Anda membaca artikel ini maka sudah paham tentang:

  • Pengertian Manajemen, menurut para ahli
  • Jenjang manajemen
  • Prinsip-prinsip manajemen, dan
  • Fungsi-fungsi manajemen

Yuk langsung saja simak artikel berikut sampai habis ya.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

1. Mary Parker

Follett mengatakan bahwa manajemen manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

2. Luther Gulick

Gulick mengatakan bahwa manajemen adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan.

3. James A.F. Stoner

Stoner mengatakan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang sudah ditentukan.

Dari semua pengertian manajemen di atas dapat kita rumuskan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan proses penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Jenjang manajemen

Organisasi atau badan usaha umumnya mempunyai sedikitnya tiga jenjang manajemen, yaitu manajemen puncak, manajemen menengah, dan manajemen pelaksana.

Baca juga:  Apa Maksud Hosting dan Domain Beserta Contohnya

1. Manajemen puncak

Manajemen puncak adalah jenjang manajemen tertinggi. Jenjang manajemen tertinggi atau puncak biasanya terdiri atas dewan direksi dan direktur utama. Dewan direksi mempunyai tugas memutuskan hal-hal yang sangat penting sifatnya bagi kelangsungan hidup perusahaan. Manajemen puncak bertugas menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing interaksi organisasi dengan lingkungan.

2. Manajemen menengah

Manajemen menengah biasanya memimpin suatu divisi atau departemen. Tugasnya adalah mengembangkan rancana-rencana operasi dan menjalankan tugas-tugas yang ditetapkan manajemen puncak. Manajemen menengah bertanggung jawab pada manajemen puncak.

3. Manajemen pelaksana

Manajemen pelaksana adalah manajemen yang bertugas menjalankan rencana-rencana yang dibuat manajemen menengah. Selain itu, manajemen pelaksana juga mengawasi para pekerja dan bertanggung jawab pada manajemen menengah.

Prinsip-prinsip manajemen

Berikut ini adalah 14 prinsip manajemen yang dikemukakan oleh Henry Fayol:

1. Pembagian kerja

Pembagian kerja harus dipikirkan agar mengarah pada spesialisasi. Semakin seseorang terspesialisasi, semakin efisien dan efektif orang tersebut melaksanakan pekerjaan.

2. Otoritas/Wewenang

Dalam pelaksanaan tugas, manajer harus memberi perintah kepada bawahan untuk menyelesaikan pekerjaan. Meskipun manajer memiliki otoritas untuk memerintah, ia tidak akan selalu mendapat respons yang positif dari bawahan. Hal ini dapat terjadi jika ia tidak memiliki otoritas pribadi, misalnya keahlian yang sesuai.

3. Disiplin

Anggota organisasi harus patuh pada aturan dan kesepakatan yang menjadi rambu-rambu organisasi. Menurut Henry Fayol, disiplin merupakan hasil kepemimpinan yang baik di semua jenjang organisasi. Misalnya, tiap tahun diberikan penghargaan pada pegawai yang selalu hadir tepat waktu dan memberi teguran kepada pegawai yang bermalas-malasan.

4. Kesatuan perintah

Setiap karyawan hanya mendapat satu perintah untuk suatu pekerjaan. Henry Fayol mengatakan kalau seorang keryawan harus bertanggung jawab kepada beberapa atasan akan dapat mengakibatkan petunjuk yang bertentangan dan otoritas yang membingungkan.

Baca juga:  Perbedaan Emas Asli dan Palsu, Berikut 8 Cara yang Bisa Anda Coba

5. Kesatuan arah

Kegiatan-kegiatan dalam organiasi yang mempunyai tujuan sama sebaiknya ditangani seorang manajer dengan menggunakan satu perencanaan saja. Sebaiknya, pada suatu perusahaan jangan sampai satu pekerjaan ditangani oleh dua orang karena bisa mengakibatkan kesimpangsiuran.

6. Mengutamakan kepentingan Bersama di atas kepentingan pribadi

Pada setiap organisasi, kepentingan organisasi secara keseluruhan harus lebih penting dibanding kepentingan perorangan.

7. Pemberian upah

Pemberian balas jasa harus adil, baik untuk karyawan maupun untuk perusahaan.

8. Pemusatan

Pengambilan keputusan yang banyak menggunakan pertimbangan atasan disebut sentralisasi. Sebaliknya, pengambilan keputusan dengan menampung aspirasi bawahan disebut desentralisasi.

Henry Fayol percaya bahwa manajer harus memikul tanggung jawab terakhir, tetapi ia harus memberi otoritas yang cukup agar bawahan dapat mengembangkan diri. Namun, yang terpenting adalah menentukan jenjang sentralisasi atau desentralisasi yang terbaik.

9. Jenjang jabatan

Jenjang jabatan dalam suatu organisasi sering digambarkan garis-garis yang rapi dalam bagan organisasi. Bagan ini menunjukkan kedudukan manajer dari puncak sampai ke jenjang bawah.

10. Tata tertib

Sarana dan manusia harus di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat. Khususnya manusia. Manusia harus berapa pada pekerjaan yang cocok baginya.

11. Kesamaan

Para manajer harus bersahabat dan berlaku adil pada semua bawahannya.

12. Kestabilan Staff

Perputaran karyawan yang terlalu sering tidak baik bagi kelancaran kegiatan perusahaan.

13. Inisiatif

Bawahan harus diberi kebebasan untuk membuat dan menjalankan rencananya, walaupun bisa saja ada kesalahan.

14. Semangat korps

Menggalakkan semangat kerja sama kelompok dapat menimbulkan rasa Bersatu. Menurut Henry Fayol, faktor sekecil apapun dapat membantu menumbuhkan semangat. Ia menyarankan untuk lebih menggunakan komunikasi lisan daripada tertulis atau komunikasi formal sepanjang hal itu memungkinkan.

Fungsi-fungsi manajemen

Untuk mengerahkan sekelompok manusia yang memiliki latar belakang Pendidikan dan karakter yang berbeda-beda, seorang manajer harus menerapkan fungsi-fungsi manajemen untuk dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.

Berikut ini fungsi-fungsi manajemen.

Baca juga:  4 Rekomendasi Daftar Platform Blog Terbaik Untuk Menulis

1. Perencanaan

Perencanaan merupakan suatu fungsi manajemen yang paling utama. Pada urut-urutan kegiatan, perencanaan merupakan awal kegiatan.

Oleh karena itu, perencanaan merupakan proses dasar manajemen untuk menentukan tujuan dan Langkah-langkah yang harus dilakukan agar tujuan dapat tercapai.

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian diartikan sebagai keseluruhan proses pengelompokan orang-orang, alat-alat, tugas, tanggung jawab, dan wewenang sedemikian rupa sehingga tercipta suatu kesatuan yang dapat digerakkan dalam rangka mencapai tujuan.

3. Pelaksanaan

Pelaksanaan atau tindakan adalah suatu fungsi manajemen untuk menggerakkan orang-orang agar bekerja sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

4. Pengawasan

Pengawasan merupakan fungsi penting pada suatu organisasi, bukan merupakan keinginan untuk mencari-cari kesalahan. Pengawasan merupakan tugas untuk membenarkan kesalahan yang terjadi demi tercapainya tujuan organisasi.

Menurut Henry Fayol dalam bukunya “General Industrial Management” memberi definisi pengawasan sebagai tindakan meneliti apakah segala sesuatunya telah tercapai atau berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan.

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pengertian manajemen dapat ditinjau dari tiga segi, yaitu: Seni, ilmu pengetahuan, dan proses.

Manajemen secara umum juga terbagi menjadi tiga jenjang, yaitu: Manajemen puncak, manajemen menengah, dan manajemen pelaksana.

Manajemen juga terdapat 14 prinsip, yaitu: Pembagian kerja, otoritas, disiplin, kesatuan perintah, kesatuan arah, Mengutamakan kepentingan Bersama di atas kepentingan pribadi, pemberian upah, pemusatan, jenjang jabatan, tata tertib, kesamaan, kestabilan staf, inisiatif, dan semangat korps.

Di dalamnya juga terdapat beberapa fungsi, yaitu: Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.

Itu dia artikel tentang Pengertian Manajemen, Jenjang, Prinsip-prinsip, dan Fungsi-Fungsi Manajemen, Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga Pengertian Sikap, Bentuk-Bentuk, dan Cara Mengubah Sikap.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaMemulai Bisnis, Ketahui 8 Hal Berikut Ini Agar Usaha Anda Sukses
Artikel selanjutnyaCara Memulai Bisnis, Ikuti 7 Langkah Berikut Tanpa Modal dan Pengalaman
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).