Beranda Umum Pengertian Motivasi, Teori, Upaya, dan Jenis-Jenis Motivasi

Pengertian Motivasi, Teori, Upaya, dan Jenis-Jenis Motivasi

Pengertian Motivasi

Apakah kamu orang yang mudah termotivasi?, Motivasi sangat dibutuhkan dalam menjalani hidup sehari-hari untuk meraih mimpi yang kita inginkan, tapi apakah kamu sudah tahu pengertian motivasi.

Mungkin kata-kata motivasi tidak asing lagi di telinga kita, namun sedikit dari kita yang tahu arti motivasi secara teori.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan pengertian motivasi beserta teori, upaya meningkatkan motivasi, dan jenis-jenis motivasi.

Kami berharap setelah kamu membaca artikel ini maka sudah paham tentang pengertian motivasi. Yuk langsung saja simak artikel berikut ini.

A. Pengertian motivasi

Motivasi berasal dari kata motivation dan berasal dari bahasa inggris. Kata tersebut berasal dari kata motive yang berarti dorongan. Dari uraian tersebut dapat diambil kesimpulan, bahwa motivasi adalah alasan mengapa seseorang melakukan sebuah tindakan.

Berbagai studi dan pengalaman hidup menyatakan bahwa motivasi begitu berperan kuat dalam pencapaian tujuan seseorang. Bahkan beberapa ahli berpedoman motivasi terbukti sebagai pendorong keberhasilan yang luar biasa.

Seorang tantara yang kakinya tertembak, mampu berjalan melewati medan buruk sejauh lima kilometer untuk menghindari musuh tanpa mengeluh. Sementara orang yang kakinya tertusuk paku akan berteriak keras dan mengeluh di waktu ia berjalan dari rumah ke gang depan misalnya.

Dari cerita di atas tentu tantara yang tertembak lebih menderita daripada yang tertusuk paku, akan tetapi kenapa yang tertembak malah mampu berjalan sejauh itu. Semua itu terjadi karena tentara tersebut mempunyai dorongan untuk bertahan hidup dan lari dari musuh agar tidak tertangkap.

Baca juga:  5 Universitas Terbaik di Amerika 2021, Berikut Penjelasannya

Ada beberapa alasan lain mengapa motivasi dipandang perlu untuk dipelajari serius oleh orang yang mempelajari manajemen diantaranya:

  • Motivasi terbukti kuat berperan meningkatkan produktivitas kerja pegawai
  • Besarnya motivasi tidak tetap, kadang naik kadang turun, tergantung kondisi psikologi seseorang
  • Alasan orang termotivasi berbeda-beda tergantung dari faktor-faktor yang mempengaruhinya
  • Faktor penurun motivasi juga terdiri dari berbagai macam tergantung kondisi individu yang bersangkutan
  • Adanya ketidaksadaran individu mengenai potensi dirinya sehingga untuk membangkitkan diperlukan dorongan dan bantuan orang lain

B. Macam-Macam Teori motivasi

1. Teori kebutuhan

Menurut Abraham Maslow

Abraham Maslow membagi kebutuhan menjadi lima tingkatan dari kebutuhan yang paling sederhana ke kebutuhan yang lebih kompleks. Kebutuhan yang lebih tinggi hanya akan muncul jika kebutuhan di bawahnya sudah dipenuhi, demikian pula seterusnya. Inilah alasan mengapa teori kebutuhan A. Maslow disebut sebagai teori tingkatan atau berjenjang. Kelima kebutuhan tersebut adalah:

  1. Kebutuhan psikologis
  2. Kebutuhan rasa aman
  3. Kebutuhan sosial
  4. Kebutuhan harga diri
  5. Kebutuhan aktualisasi diri

Menurut Edward

Menurut Edward (1959) yang dikutip oleh Ruch (1972) kebutuhan yang mempengaruhi motivasi individu dibagi menjadi lima belas kebutuhan.

Berbeda dengan teori Maslow dimana kebutuhan tersebut bersifat berjenjang, Edward menyatakan bahwa kebutuhan tersebut bersifat dominasi. Artinya, mana di antara ke-limabelas kebutuhan tersebut yang paling dominan di dalam individu menentukan perilakunya.

Ke-limabelas kebutuhan tersebut adalah:

  1. Kebutuhan berprestasi
  2. Kebutuhan untuk mengikuti orang lain
  3. Kebutuhan akan keteraturan
  4. Kebutuhan akan perhatian orang lain
  5. Berdikari
  6. Hubungan dengan orang lain
  7. Pemahaman tingkah laku orang lain
  8. Kebutuhan akan kasih sayang
  9. Menguasai
  10. Rasa bersalah
  11. Simpati
  12. Perubahan
  13. Mandiri
  14. Ketertarikan pada lawan jenis, dan
  15. Agresif

2. Teori motivasi sosial

Menurut Mc. Clelland  (1974) tingkah laku manusia dipengaruhi oleh motivasi yang ada pada dirinya, beliau menganggap, bahwa ada tiga kebutuhan pokok yang mendasari tingkah lakunya, yaitu:

  1. Kebutuhan akan berprestasi yang tinggi
  2. Kebutuhan akan persahabatan
  3. Kebutuhan akan berkuasa
Baca juga:  Kenali 12 Jenis Kain yang Cocok Untuk Dijadikan Kerudung Hijab

C. Upaya meningkatkan motivasi

Kita semua setuju, betapa besar pengaruh motivasi dalam peningkatan kinerja, karenanya, banyak upaya dilakukan oleh para ahli psikologi dan manajemen untuk mempelajari cara membangkitkan motivasi. Teori-teori menumbuhkan motivasi di antaranya adalah:

  1. Teori proses
  2. Teori dampak kejadian di masa lalu
  3. Model tradisional
  4. Model hubungan manusiawi
  5. Model sumber daya manusia

D. Jenis-jenis motivasi

Secara umum, jenis-jenis motivasi dibagi menjadi dua. Pembagian tersebut disebabkan oleh perangsang motivasi tersebut timbul. Kedua jenis motivasi tersebut adalah:

  1. Motivasi positif

Motivasi positif pada hakikatnya merupakan pemberian suatu insentif yang bisa menarik keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu. Manusia mempunyai berbagai macam kebutuhan. Dari berbagai macam kebutuhan tersebut, ditarik suatu insentif sebagai penarik atau pendorong agar seseorang melakukan suatu tindakan.

Insentif diibaratkan sebagai magnet penarik motivasi. Adanya motif menyebabkan individu bergerak, bertindak, mencari kepuasan kebutuhan. Insentif bisa berwujud finansial maupun non finansial seperti teori pada pembahasan sebelumnya.

  1. Motivasi negatif

Motivasi negatif merupakan kebalikan dari motivasi positif. Bila motivasi positif, insentif berupa “imbalan” atas keberhasilan pencapaian target tertentu, tetapi motivasi negatif menggunakan intensif berupa “ketakutan atau ancaman” hilangnya kenikmatan yang telah diterima.

Kenikmatan atau fasilitas dapat berupa gaji, penghargaan, nama baik, kredibilitas, atau hal lainnya yang dipandang manajemen merupakan efek yang paling ditakuti bila hal tersebut hilang.

Itu dia artikel tentang Pengertian Motivasi, Teori, Upaya, dan Jenis-Jenis Motivasi, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga tentang pengertian manajemen.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.