Beranda Pengembangan Diri Pengertian Sikap, Bentuk-Bentuk, dan Cara Mengubah Sikap

Pengertian Sikap, Bentuk-Bentuk, dan Cara Mengubah Sikap

Pengertian sikap

Apakah kamu sedang mencari referensi pengertian dari sikap, bentuk-bentuk sikap, dan cara mengubah sikap?.

Tidak bisa dipungkiri kehidupan kita sehari-hari dipengaruhi oleh sikap, baik sikap kita terhadap diri kita maupun sikap kita terhadap orang lain.

Sikap yang diperlihatkan secara reflek akan tercermin tergantung suasana hati kita pada saat itu kepada orang lain. Bila pada saat itu mengalami hal-hal yang baik, seperti suatu keberhasilan, maka akan terpancar sikap positif, begitu pula pada saat mengalami hal-hal buruk maka sikap yang diperlihatkanpun seringkali negatif.

Kabar gembiranya semua sikap negatif itu dapat diubah selama Anda punya niat dan tindakan dari diri Anda untuk mau mengubahnya. Oleh karena itu baca terus artikel ini sampai selesai ya.

Pengertian Sikap

Menurut buku PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN yang ditulis oleh EUIS WINARTI Sikap adalah cara Anda melihat sesuatu secara mental yang mengarah pada perilaku yang ditujukan pada orang lain, ide, objek, dan kelompok tertentu atau bisa juga cara kita mengkomunikasikan suasana hati kepada orang lain dan juga merupakan cerminan jiwa, cara kita melihat sesuatu secara mental.

Bentuk-bentuk sikap

1. Sikap positif

Sikap positif adalah perwujudan nyata dari suasana jiwa yang terutama memperhatikan hal-hal yang positif. Ini adalah suasana jiwa yang lebih mengutamakan kegiatan kreatif daripada kegiatan yang menjemukan, kegembiraan daripada kesedihan, harapan daripada keputusasaan.

Bila sesuatu terjadi sehingga membelokkan fokus mental seseorang kearah negatif, mereka yang positif mengetahui bahwa guna memulihkan dirinya, penyesuaian harus dilakukan, karena sikap hanya dapat dipertahankan dengan kesadaran.

Baca juga:  Ingin Menjadi Entrepreneur, 7 Pola Pikir Berikut ini Wajib Kamu Miliki

Cerminan sikap positif :

  • merupakan sesuatu yang indah dan membawa seseorang untuk selalu dikenang, dihargai, dan dihormati.
  • Mengatakan bahwa seseorang yang memiliki kepercayaan diri, bahwa ia patut dikenal dan diketahui.
  • Mengatakan tidak hanya melalui ekpresi wajah, tetapi juga melalui bagaimana cara ia berbicara, berjumpa orang lain, dan cara menghadapi masalah.

2. Sikap negatif

Sikap negatif harus dihindari, karena hal ini mengarahkan seseorang pada kesulitan diri dan kegagalan.

Anda mungkin mengira bahwa Anda memiliki kemampuan untuk bertingkah laku menyenangkan atau tidak menyenangkan setiap waktu yang Anda inginkan. Secara tekhnis ini benar, tapi Anda harus ingat, bahwa sikap adalah kebiasaan dan sebagaimana kebiasaan-kebiasaan lainnya, lebih sering kebiasaan tersebut dilakukan, kebiasaan tersebut akan lebih melekat, bertambah sulit untuk tidak melakukan reaksi yang sama pada kesempatan lain.

Cerminan sikap negatif :

  • Lebih dari sekedar bermuka sedih
  • Merupakan sesuatu yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain.
  • Sesuatu yang menyatakan ketidakramahan, tidak menyenangkan, dan tidak memiliki kepercayaan diri.

Cara mengubah sikap

Karena bentuk sikap hanya ada dua, yaitu positif dan negatif, pada poin ini saya akan menjelaskan cara mengubah sikap Negatif saja, karena sikap positif tidak perlu di ubah, kan tidak mungkin Anda ingin menjadi orang jahat ;).

Dua langkah cara menghilangkan sikap Negatif :

  1. Belajar mengenalinya. Bersikap jujur terhadap diri Anda sendiri. Tanyalah pada seseorang yang Anda percaya dan hargai.
  2. Akui bahwa Anda melakukannya bila Anda melihat sikap tersebut pada diri Anda.

Sekalinya kita sudah mengenal sikap negatif pada diri kita. Kita dapat segera menggantikan dengan suatu sikap yang positif. Setiap orang, dapat memperoleh keuntungan dari bersikap positif, tidak memandang usia, latar belakang, pendidikan, warna kulit, atau paras Anda. Setiap orang dapat bersikap positif.

Baca juga:  8 Kunci Sukses yang Dari Bukan Siapa-Siapa Menjadi Orang yang Ada di Puncak Sukses

Cara mengubah sikap Negatif ke Positif

  1. Tumbuhkan pada diri Anda suatu motif yang kuat. Selalu mengingatkan diri Anda bahwa sesuatu yang positif akan diperoleh dari kebiasaan baru.
  2. Jangan biarkan perkecualian terjadi sebelum kebiasaan baru mengakar dikehidupan Anda. Setiap perubahan sama dengan membiarkan suatu bola benang yang baru saja selesai digulung terjatuh, dan kita harus memulai kembali menggulung benang tersebut hingga kembali seperti semula.
  3. Berlatih pada setiap kesempatan. Lakukan berdasarkan pemecahan Anda. Pada waktu awal, semangat perlu ditingkatkan, secara sadar melihat kemungkinan-kemungkinan untuk melatih keterampilan Anda sebanyak mungkin.

Itu dia artikel tentang Pengertian Sikap, Bentuk-Bentuk, dan Cara Mengubah Sikap, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga pengertian kepribadian.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaPengertian Kepribadian, Kriteria Kematangan, dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Kepribadian
Artikel selanjutnya4 Penyebab Utama Kegagalan dalam Sebuah Bisnis
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).