Beranda Umum Perbedaan Emas Asli dan Palsu, Berikut 8 Cara yang Bisa Anda Coba

Perbedaan Emas Asli dan Palsu, Berikut 8 Cara yang Bisa Anda Coba

perbedaan emas asli dan palsu

Investasi emas menjadi pilihan banyak orang karena memiliki resiko yang kecil dan juga harga emas cenderung meningkat, sekalipun sedang krisis ekonomi, emas tetap stabil dan bisa saja harganya tambah mahal. Namun sebelum memilih investasi emas, ada baiknya Anda sudah tahu perbedaan emas asli dan palsu agar tidak menyesal dikemudian hari.

Bukan apa, biasanya Anda akan mengeluarkan kocek yang cukup besar untuk investasi emas. Belum lagi kalau emas tersebut sebagai mahar nikahan Anda, sudah pasti sangat kecewa disaat tahu ternyata emas yang Anda beli selama ini palsu.

Oleh karena itu, untuk menghindari kejadian seperti itu, yuk simak cara mengetahui perbedaan emas asli dan palsu berikut ini.

1. Memperhatikan Warna Emas

Cara membedakan emas asli dan palsu yang pertama adalah dengan memperhatikan warna emas. Caranya mudah banget, Anda hanya perlu menggosok permukaan emas dengan telapak tangan atau jari telunjuk.

Jika tidak mengalami perubahan, maka emas Anda tersebut asli. Tetapi, jika warnanya menjadi pudar dan tidak seragam, kemungkinan emas tersebut palsu.

2. Memperhatikan Fisik Emas

Cara membedakan emas asli dan palsu selanjutnya adalah dengan memperhatikan fisik emas tersebut. Salah satu caranya dengan memperhatikan label yang memberikan keterangan kadar emas.

Biasanya pada emas asli akan tertulis angka 10 K, 18 K, dan 24 K. Sesuai dengan standar internasional, emas dikatakan asli jika kadar emas melebihi 41,7 % atau minimal 10 karat. Berbeda dengan tipe emas produksi Eropa yang memberikan label emas dengan tanda persen. Jika pada emas tertulis 999 artinya emas tersebut 99,9 % murni.

Baca juga:  Berikut Alasan Mengapa Harus Membeli Domain Sendiri

Tetapi jika suatu emas tidak memiliki tanda tersebut, bukan berarti emas tersebut palsu atau imitasi. Diperlukan pengujian dengan metode lainnya untuk melihat keaslian emas tersebut.

3. Memastikan Sertifikat Emas Ada

Coba buka shopee kemudian ketik kata kunci emas antam, lalu Anda akan melihat daftar emas antam yang dijual dengan beragam berat, ada yang 2 gram, 5 gram, dan 10 gram, terus mereka selalu membubuhi kata Bersetifikat, itu artinya setiap emas yang dijual pasti mempunyai sertifikat, kecuali emas yang sudah jadi perhiasan, biasanya cuma dalam bentuk bukti transaksi.

Maka dari itu, salah satu indikasi emas asli adalah memiliki surat resmi atau sertifikat. Beberapa perusahaan mengeluarkan sertifikat untuk emas yang dijual. Namun perlu diperhatikan juga cara membedakan sertifikat yang asli dan palsu.

4. Menggigit Emas

Jika kamu mengernyitkan dahi saat mengetahui cara membedakan emas yang satu ini, tenang saja karena hal ini benar adanya.

Menguji emas asli atau palsu bisa dengan cara digigit. Jika emas yang digigit agak lunak dan meninggalkan bekas gigitan, bisa dipastikan emas tersebut asli. Sebaliknya, jika tidak ada bekas gigitan berarti palsu.

Tetapi, kamu juga jangan langsung percaya begitu saja. Bisa saja, material yang digunakan untuk membuat emas palsu itu adalah timah. Logam timah, juga termasuk golongan logam lunak, lho. Jadi, kamu juga harus lebih jeli, ya.

5. Dekatkan dengan Magnet

Salah satu pengujian keaslian emas yang mudah dilakukan adalah dengan menggunakan magnet. Emas merupakan salah satu benda non-magnetik. Emas asli tidak akan menempel jika didekatkan dengan magnet, dan sebaliknya emas palsu akan menempel jika didekatkan dengan magnet.

6. Gosokkan Pada Kertas Atau Keramik

Coba gosokkan emas pada sebuah kertas atau keramik, dan jika meninggalkan noda hitam berarti emas tersebut palsu, tetapi jika tidak meninggalkan noda apapun berarti asli.

Baca juga:  14 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang Menyentuh Hati, Cocok Dibagikan ke keluarga dan Jadi Status Sosmed

7. Teteskan Nitric Acid

Cara membedakan emas yang asli dan palsu berikutnya adalah dengan meneteskan asam nitrat atau Nitric Acid.

Kalau warna emas berubah jadi hijau setelah diteteskan asam nitrat, bisa saja emas kamu sebenarnya adalah logam yang diberi lapisan emas. Sedangkan jika berubah jadi warna kuning, berarti emas kamu adalah kuningan yang diberi lapisan emas. Sementara itu, jika berubah menjadi warna susu, maka emas tersebut adalah perak yang diberi lapisan emas. Nah, jika tidak terjadi perubahan warna apapun, emas kamu berarti asli.

Sangat perlu kamu perhatikan, saat ingin menggunakan asam nitrat untuk mengecek keaslian emas, ada baiknya didampingi seorang profesional. Selain karena cairan ini bahaya untuk tubuh dan pernapasan, emas juga bisa rusak. Hati-hati, ya.

8. Datang ke Toko Emas

Cara terahir membedakan emas asli dan palsu adalah dengan datang langsung ke Toko Emas terdekat. Biasanya mereka memiliki alat khusus yang memang dipersiapkan untuk mengukur dan menentukan emas asli atau palsu.

Kesimpulan

Karena emas menjadi pilihan investasi yang sangat menjanjikan, sehingga banyak masyarakat lebih memilih investasi emas. Sehingga tidak heran jika terdapat banyak oknum jahat di dalamnya. Kita sebagai pembeli agar tidak tertipu harus mahu belajar cara membedakan emas asli dan palsu.

Itu dia artikel tentang Perbedaan Emas Asli dan Palsu, Berikut 8 Cara yang Bisa Anda Coba, semoga artikelnya bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga Cara Menabung Masa Kini di Tabungan Emas Online.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya6 Cara Mengatur Keuangan untuk Karyawan dengan Baik dan Benar
Artikel selanjutnya5 Universitas Terbaik di Amerika 2021, Berikut Penjelasannya
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar