Beranda Investasi Perbedaan Investasi Jangka Pendek, Menengah dan Jangka Panjang

Perbedaan Investasi Jangka Pendek, Menengah dan Jangka Panjang

Perbedaan Investasi Jangka Pendek, Menengah dan Jangka Panjang
Image: Pixabay

Di dalam beriinvestasi ada banyak hal didalamnya yang menuntut kamu untuk bisa menentukan jenis investasi yang akan digunakan, itu semua karena banyaknya aset investasi yang mempunyai perbedaan jenis jangka waktunya. Jika kamu mendalami dan mencari tau informasi mengenai jenis-jenis investasi pasti nantinya kamu tidak akan asing mengenai istilah investasi jangka panjang, jangka menengah, dan juga jangka pendek.

Sebenarnya apasih arti dari istilah tersebut? Apakah ada perbedaan yang signifikan? Untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa melihatnya dibawah ini.

Perbedaan Investasi Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang

Investasi Jangka Pendek

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa investasi dengan jangka waktu ini hanya membutuhkan waktu yang singkat sehingga sangat cocok bagi kamu yang tidak suka menunggu lama untuk mendapatkan hasilnya.

Apabila kamu memilih investasi dengan jangka waktu seperti ini, kamu akan mendapatan beberapa hal, yaitu :

1. Dari segi waktu

Saat kamu berinvestasi dengan jangka waktu pendek maka investasimu kemungkinan hanya berlangsung selama kurang dari 1 tahunan saja.

2. Dari segi produk

Untuk produk dari investasi jangka pendek ada beberapa jenis, salahsatunya yaitu investasi saham. Investasi saham ini bisa masuk kedalam jangka pendek karena untuk mendapatkan hasilnya sangatlah cepat. Dalam waktu sekitar satu tahun atau kurang saja kamu akan langsung bisa melihat perkembangan dari investasimu. Kamu akan bisa mengetahui apakah kamu mendapatkan keuntungan atau malah merugi dengan cepat.

Baca juga:  Berikut Alasan Mengapa Harus Membeli Domain Sendiri

3. Dari segi resiko dan kegunaan

Jenis investasi seperti ini kebanyakan memiliki resiko yang lumayan besar, seperti jika kamu membeli saham pasti harganya akan berbeda-beda tergantung perusahaannya.

Apabila kamu memilih investasi jangka pendek, biasanya lebih digunakan untuk kepentingan jangka pendek pula seperti untuk membeli barang-barang kebutuhan.

Investasi jangka menengah

Memilih investasi jangka menengah berarti kamu sudah mempunyai planning beberapa tahun kedepan. Investasi jenis ini juga banyak yang menggunakannya karena bisa meningkatkan total kekayaan yang dipunyainya.

Ada juga yang bilang jika investasi jangka menengah ini merupakan investasi yang lumayan ideal dan cocok untuk dicoba. Mengapa bisa seperti itu? Langsung saja lihat dibawah ini.

1. Dari segi waktu

Melihat lama waktu melakukan investasi jangka menengah ini yang berkisar mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun pastinya akan cukup bagus untuk dicoba terutama untuk orang-orang yang mempunyai planning tahun berikutnya lagi.

2. Dari segi produk

Salah satu produk dari investasi jangka menengah yang cukup diminati oleh para investor yaitu produk ORI yang merupakan obligasi negara, jadi akan sangat aman karena dikelola oleh negara itu sendiri.

3. Dari segi resiko dan kegunaan

Resiko yang diberikan saat kamu melakukan investasi jangka menengah ini cenderung berada di tengah-tengah, jika dikatakan resiko besar salah namun jika resiko kecil pun juga salah.

Investasi jangka panjang

Banyak hal yang akan kamu dapatkan dalam berinvestasi dalam jangka panjang terutama bagi kamu yang sudah berkeluarga. Hal tersebut yaitu :

1. Dari segi waktu

Saat berinvestasi jangka panjang, berarti kamu sedang menyiapkan solusi keuangan dimasa depan. Melihat hal tersebut pastinya kamu sudah mengetahui bahwa investasi ini memerlukan waktu setidaknya lebih dari 10 tahun.

Baca juga:  Cara Hidup Senang Tanpa Harus Bingung Memikirkan Hutang

2. Dari segi produk

Investasi jangka panjang ini mempunyai banyak produk, salah satu yang masih bisa dibilang terbaik yaitu emas. Emas ini seperti riwayat harga di tahun-tahun sebelumnya, harganya akan selalu naik meskipun masih bersifat naik turun tapi jika untuk jangka panjang akan relatif naik.

3. Dari segi resiko dan kegunaan

Resiko dari investasi jangka panjang ini relatif sangat kecil, terutama jika dilihat dari harganya pasti kebanyakan akan mengalami kenaikan. Oleh sebab itu banyak orang yang menggunakan investasi jangka panjang untuk memberikan solusi di masa mendatang.

Itulah artikel mengenai perbedaan investasi jangka pendek, menengah, dan juga investasi jangka panjang, semoga bermanfaat ya. Oya, jangan lupa baca juga tujuh pilihan investasi untuk pemula.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaTips Berbisnis Online Paling Mudah Tanpa Modal
Artikel selanjutnyaTips Cepat Sukses Setelah Menikah
An ordinary people who love to write something that's i love.

Komentar