Beranda Marketing Perbedaan Marketing dengan Instagram dan Facebook

Perbedaan Marketing dengan Instagram dan Facebook

Kelebihan Membuka Bisnis Online Di Instagram dan Facebook
Image: Pixabay.com

Setiap harinya, orang-orang di zaman sekarang pasti tidak akan lepas dengan yang namanya sosial media. Dengan menggunakan sosial media, mereka bisa berkomunikasi dengan orang lain, mencari informasi atau sekedar untuk hiburan saja. Fenomena ini berpengaruh terhadap gaya marketing dari pengusaha-pengusaha di belahan dunia. Mereka mulai fokus untuk mengaplikasikan strategi internet marketing pada sosial media seperti Facebook dan Instagram.

Saat ini sosial media bukan hanya tempat untuk mencari hiburan saja, melainkan sudah menjadi ladang bisnis bagi sebagian orang. Berbagai produk atau layanan bisa dipromosikan dengan cara gratis maupun berbayar. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Perbedaan Marketing Instagram dan Facebook

Secara umum, marketing menggunakan Instagram maupun Facebook tidak berbeda jauh. Apalagi keduanya dikelola oleh perusahaan yang sama, sehingga saling berketerkaitan. Namun di beberapa bagian ada yang membedakan antara Instagram dan Facebook.

Instagram Bisnis Vs Fanspage

Di Instagram, terdapat fasilitas untuk mengubah akun biasa menjadi akun bisnis. Dimana ketika sudah beralih ke akun bisnis, Anda bisa melihat statistik mengenai lokasi followers, jenis kelamin, usia dan sebagainya. Hal ini yang membuat Instagram cocok sebagai metode marketing melalui internet.

Sementara di Facebook, ada fasilitas berupa Fanspage yang juga seringkali digunakan untuk marketing para pengusaha. Pada Fasilitas ini, Anda bisa mengetahui statistik mengenai postingan, mengetahui siapa saja yang mengikuti fanspage Anda dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan pengaturan mengenai iklan berbayar di sini.

Baca juga:  Cara Memasarkan Produk Dengan Modal Kecil

Smartphone Vs Desktop

Sosial media seperti Instagram, kebanyakan penggunanya mengakses Instagram menggunakan smartphone. Dengan menggunakan smartphone, pengguna sudah bisa mengunggah foto atau gambar, like postingan orang, hingga berkomunikasi dengan orang lain. Jika diakses menggunakan desktop, Instagram akan sulit digunakan dan tentunya ribet. Fakta ini membuat para marketer memiliki cara sendiri dalam melakukan marketing. Di mulai dengan membuat konten yang ukurannya pas dengan layar smartphone dan lain sebagainya.

Berbeda Facebook yang penggunannya banyak yang mengakses menggunakan dua jenis perangkat yakni desktop dan juga smartphone. Dengan hal ini, para marketer tidak perlu dipusingkan dengan konten yang harus sesuai dengan perangkat pengguna. Jika beriklan di Facebook juga bisa mengatur agar ikan tampil di smartphone saja atau desktop saja atau bisa juga di keduanya.

Kelas Menengah Ke Atas Vs Menengah

Kebanyakan pengguna Instagram merupakan kalangan kelas menengah ke atas. Hal itu bisa diperhatikan ketika banyak artis yang lebih suka mengunakan Instagram ketimbang Facebook. Dengan hal ini, bisa dimanfaatkan oleh marketer untuk mempromosikan barang-barang branded yang memiliki harga tinggi. Karena pengguna Instagram berasal dari kalangan kelas menengah ke atas, sehingga kesempatan untuk terjualnya akan semakin tinggi. Konten atau media yang digunakan untuk promosi juga harus disesuaikan. Buatlah desain promosi yang menarik dengan warna yang sesuai, jadi tidak asal-asalan dalam melakukan promosi.

Sementara di Facebook, rata-rata penggunanya merupakan kelas menengah. Dimana minat belanjanya masih kurang apalagi untuk barang-barang yang berharga tinggi. Namun hal itu tidak membatasi untuk tidak melakukan marketing di Facebook. Untuk berpromosi di Facebook bisa dibilang masih cukup simpel. Tidak perlu pusing dengan desain untuk promosi atau sebagainya.

Baca juga:  Teknik Marketing Menggunakan Whatsapp Untuk Meningkatkan Penjualan

Perbedaan Strategi Mendapatkan Pelanggan di Instagram dan Facebook

Untuk mendapatkan pelanggan dari Instagram, ini mengandalkan dari followers yang dimiliki. Oleh karena itu, Anda harus mendapatkan banyak followers sebelum melakukan promosi. Anda bisa membuat konten yang menarik dan masih berhubungan dengan produk atau layanan yang ditawarkan agar pengguna Instagram tertarik untuk mengikuti akun Anda. Selain cara itu, para marketer juga menggunakan metode paid promote kepada akun-akun Instagram yang sudah memiliki banyak followers. Untuk hal ini, Anda harus memperhatikan akun yang akan di endorse, pastikan masih berkaitan dengan produk Anda.

Sementara di Facebook, Anda bisa memanfaatkan grup-grup yang tersedia. Ketika Anda ingin mempromosikan produk kesehatan, Anda bisa bergabung ke grup komunitas diet, makanan sehat, dan sebagainya. Intinya harus sesuai dengan produk Anda sehingga target pasarnya akan sesuai. Di Facebook juga disediakan fasilitas berupa Facebook Marketplace yang bisa digunakan para marketer untuk melakukan promosi. Fasilitas ini menjadi istimewa karena di Instagram sendiri masih belum tersedia.

Tips Promosi Di Instagram Dan Facebook

Karena kedua sosial media ini masih berkaitan, maka tips promosi ini bisa dijalankan di kedua platform tersebut.

Gunakan Foto Atau Video Menarik

Saat ini, kebanyakan pengguna sosial media lebih menyukai untuk melihat foto atau video ketimbang membaca teks langsung. Untuk itu, sebagai seorang internet marketer, Anda harus menyesuaikan cara promosi Anda agar sesuai dengan kesukaan dari pengguna sosial media itu sendiri. Anda bisa membuat foto atau video yang menarik untuk menjelaskan produk Anda. Sehingga calon pelanggan akan lebih tertarik untuk melihat produk yang Anda tawarkan.

Maksimalkan Fasilitas Yang Tersedia

Di Instagram sendiri terdapat fasilitas seperti hashtag ataupun Instagram Stories yang bisa dimanfaatkan untuk promosi. Ketika memposting produk di timeline, Anda bisa menggunaan hashtag yang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. Sehingga nantinya orang-orang yang sering menggunakan hashtag tersebut akan melihat postingan Anda. Selain itu juga bisa memanfaatkan Instagram stories yang disediakan oleh Instagram.

Baca juga:  Perusahaan Digital Marketing di Indonesia Sebagai Mitra Bisnis Andalan Anda!

Sementara di Facebook bisa memaksimalkan fasilitas berupa grup dan juga Facebook Marketplace. Posting produk yang tidak melanggar aturan untuk menghindari banned dari Facebook.

Itu dia artikel tentang Perbedaan Marketing dengan Instagram dan Facebook, semoga bermanfaat ya geng. Jangan lupa baca juga kelebihan memakai facebook ads untuk promosi.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya5 Tokoh yang Sukses Kembangkan Bisnis Startup
Artikel selanjutnyaPersiapan Penting Sebelum Menjalankan Marketing Online
Everyday in dreaming, may Allah make my dream come true;)

Komentar