Beranda Umum Berikut Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org

Berikut Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org

Berikut Perbedaan Antara Wordpress.com dan Wordpress
Image: Pixabay

Apakah kamu masih bingung membedakan antara WordPress.com dan WordPress.org?, Kalau sekilas dilihat mereka hanya memiliki perbedaan nama saja, namun nyatanya terdapat banyak perbedaan antara kedua tersebut.

Perlu sekali bagi kamu para blogger mengetahui perbedaan antara kedua tersebut, alasannya supaya kamu bisa memilih platform terbaik buat blog kamu nantinya.

Adapun WordPress.org ditemukan oleh Matt Mullenweg dan mulai dikembangkan pada tahun 2003 secara open source. Sedangkan WordPress.com mulai didirikan pada tahun 2005 oleh orang yang sama dengan tujuan memberikan pengalaman menggunakan  wordpress kebanyak orang.

Kami berharap setelah kamu membaca artikel ini sudah mulai paham perbedaan antara kedua tersebut. Yuk baca terus artikel ini.

Berikut ini Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org.

1. WordPress.org open source sedangkan wordpress.com tidak

Platform wordpress.org 100% open source dan bisa digunakan oleh siapapun secara gratis. yang kamu butuhkan hanya self hosted dan domain. Sedangkan wordpress.com tidak open source, agar bisa menggunakannya kamu harus membuka akun terlebih dahulu disitus mereka.

2. WordPress.org self hosted sedangkan wordpress.com hosted

Agar website kamu bisa berjalan maka kamu wajib menyewa paket hosting yang harga perbulan sekitar 40 ribu dan domain untuk nama website kamu yang harga paling murah 9000. Sedangkan wordpress.com hosted dan kamu dapat menggunakannya secara gratis, namun kamu bisa mengalihkannya kepaket premium agar bisa mendapat fitur lebih, namun tentu harga paket wordpress.com selangit.

Baca juga:  Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Wordpress.com dengan Mudah

3. WordPress.org 100% milik kamu sedangkan wordpress.com tidak

WordPress.org 100% milik dan atas kendali kamu, semua keputusan ditangan kamu, semua data kamu yang kelola. Sedangkan wordpress.com bukan 100% milik kamu, sekalipun wordpress.com kamu versi premium tetap kalau kamu melanggar kebijakan mereka website kamu bisa saja dihapus dan data-data website kamu akan hilang.

4. WordPress.org bisa menambahkan plugin gratis, berbayar, dan bahkan hasil custome sendiri sedangkan wordpress.com tidak

Itulah spesialnya wordpress.org, kamu bisa menambahkan plugin apa saja bahkan hasil custome sendiri. Sedangkan wordpress.com hanya bisa menambahkan plugin yang sudah tersedia dan itu terbatas kecuali kamu beralih ke paket premium.

5. WordPress.org temanya bisa di design sesuai keinginan sedangkan wordpress.com tidak

WordPress.org temanya bisa kamu disen sesuai keinginan kamu dan kamu juga bisa menginstall tema pihak ketiga yang kamu beli dari themeforest.com atau tema gratis. Sedangkan di wordpress.com kamu tidak bisa mendesign tema sesuai keinginan kamu dan kalau kamu ingin tema bentuk lain hanya bisa didapatkan dari halaman wordpress.com sendiri baik gratis maupun berbayar namun jika ingin lebih kamu harus beralih ke paket premium.

6. WordPress.org bisa dipasang google adsense tanpa berbagi keuntungan sedangkan wordpress.com tidak

Dengan wordpress.org kamu bisa memasang iklan google adsense dan keuntungan full punya kamu tanpa berbagi keuntungan. Sedangkan wordpress.com tidak bisa dipasang google adsense dan kalau blog kamu sudah mempunyai trafik tinggi nanti bisa mengikuti program iklan mereka dengan bagi hasil.

Baca juga:  9 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal

Itu dia artikel Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org, semoga artikelnya bermanfaat ya.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya9 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet Sambil Rebahan
Artikel selanjutnyaCara Menabung Masa Kini di Tabungan Emas Online
Everyday in dreaming, may Allah make my dream come true;)

Komentar