Beranda Marketing Perkembangan Digital Marketing Yang Semakin Canggih

Perkembangan Digital Marketing Yang Semakin Canggih

Perkembangan Digital Marketing Yang Semakin Canggih
Image: Pixabay

Setiap tahunnya, dunia digital marketing selalu mengalami perkembangan. Apalagi di zaman yang serba teknologi ini, semuanya serba online dari mulai belanja, beli tiket, pesan makanan dan sebagainya.

Ketika Anda berkutat di dunia online dan memiliki profesi di bidang ini, Anda wajib untuk mengikuti berbagai perkembangan digital marketing. Anda harus bisa membaca atau menganalisa mengenai apa sih yang akan ngetren atau bakal booming kedepannya. Itu menjadi penyemangat Anda untuk terus belajar dan dan membuka pikiran Anda mengenai digital marketing yang terus berkembang ini.

Beberapa waktu ini, ada beberapa hal yang menunjukan perkembangan dunia digital marketing. Penasaran apa saja ? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Influencer Marketing

Taukah Anda, influencer merupakan seorang yang memiliki pengaruh sosial dan sudah diakui oleh banyak orang. Untuk menjadi seorang influencer, diperlukan pengetahuan yang luas sehingga akan membuat banyak orang tertarik dengan influencer tersebut. Umumnya, para influencer memiliki banyak pengikut di media sosial seperti Instagram. Dengan banyaknya pengikut yang dimiliki, maka sudah dipastikan terbukanya sebuah pasar. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh seorang digital marketer dalam mempromosikan produk atau layanannya. Jadi nantinya influencer tersebut akan diajak untuk bekerjasama dengan seorang digital marketer untuk menjadi brand ambassador atau hanya sekedar mempromosikan produk atau layanannya.

Ada hal yang harus diperhatikan seorang internet marketer dalam memilih seorang influencer. Ini sangat penting karena berpengaruh besar terhadap hasil yang akan diperoleh nantinya. Bagian pertama yakni soal keterkaitan, jadi pilihlah seorang influencer yang memiliki kaitannya atau sebidang dengan produk atau layanan. Sebagai contoh, jika produk atau layanan dikategorikan dalam pendidikan, influencer yang dipilih juga harus memiliki pengetahuan atau berpengaruh untuk menginspirasi di dunia pendidikan. Bagian kedua yakni soal pengikut, seorang influencer pasti memiliki pengikut yang beraneka ragam baik usia, jenis kelamin, dan sebagainya. Pilihlah influencer yang memiliki pengikut sesuai dengan produk atau layanan yang akan di gunakan. Sehingga hasilnya akan maksimal di kemudian hari.

Baca juga:  Sukseskan Usaha dengan Menerapkan Cara Memasarkan Produk dengan Baik dan Tepat!

2. Marketing Automation

Perkembangan teknologi membuat digital marketing juga terus berkembang dan berinovasi. Saat ini ada yang namanya marketing automation, dimana ada sebuah sistem yang akan melakukan marketing dengan otomatis. Beberapa hal yang bisa dilakukan ialah seperti mengirim email masal, sms promosi dalam jumlah besar dan lain sebagainya. Dengan menggunakan teknik ini, untuk urusan waktu, tenaga dan biaya akan sangat lebih hemat. Bayangkan saja, jika Anda melakukan pengiriman email yang jumlahnya mencapai ribuan secara manual. Anda tidak bisa melakukan itu sendirian, maka ditambahkanlah seorang pekerja. Selain dari segi waktu masih kurang efektif, biaya yang dikeluarkan juga akan membengkak, ini harus benar-benar diperhatikan.

Banyak developer yang kini sudah mulai membuat alat promosi yang akan bekerja dengan sendirinya. Meski harus mengeluarkan sedikit biaya untuk membeli atau menyewa sistem tersebut, rasanya akan lebih hemat dibanding menambah karyawan lagi. Ketika Anda terjun ke dunia digital marketing, hal-hal seperti ini harus sudah diperhatikan. Sehingga urusan marketing, akan lebih efektif dan hasilnya tetap akan maksimal. Jangan sampai Anda ketinggalan dalam urusan teknologi sehingga pengetahuan mengenai digital marketing akan terus bertambah.

3. Video Promotion

Taukah Anda jika saat ini lebih banyak orang mencari informasi melalui media video entah itu di Facebook, Instagram ataupun Youtube. Alasannya cukup simpel karena dengan video, penyampaian sebuah informasi akan lebih mudah ditangkap oleh orang. Apalagi dalam video tersebut terdapat seorang yang membacakan informasi yang diberikan atau biasa dikenak dengan dubbing. Dalam video, penyampaian menggunakan visualnya juga akan lebih jelas. Untuk urusan promosi, video juga sangat berpengaruh terhadap minat orang untuk mengetahui sebuah informasi. Coba buatlah sebuah video yang menyajikan informasi berupa produk Anda. Orang-orang dipastikan akan lebih suka melihat video tersebut dibanding dengan membaca teks biasa.

Baca juga:  Cara Pemasaran Produk Secara Online, Apakah membutuhkan website? Hingga manfaatnya

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan Video Promotion. Untuk yang pertama yang jelas kontennya tidak bertele-tele. Video promotion bukan tempat yang pas untuk menjelaskan mengenai produk atau layanan secara panjang lebar. Yang harus dimasukan dalam video ialah perihal keunggulan dari produk atau layanan serta penawaran solusi. Itu sudah cukup membuat orang akan tertarik untuk melihat dan nantinya akan menjadi pelanggan. Untuk yang kedua berkaitan dengan visualnya, yakni Anda harus membuat video yang menarik. Seperti penggunaan animasi, pewarnaan dan lain sebagainya. Hal ini perlu dilakukan agar penonton lebih tertarik untuk menonton sampai akhir.

4. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence bisa diartikan sebagai kecerdasan buatan, dimana sistem ini sangat canggih untuk urusan digital maketing. Dengan menggunakna sistem ini, bisa digunakan untuk pengolahan data yang jumlahnya banyak, kemudian merespon sesuatu permintaan dengan cepat. Sistem ini sudah banyak diterapkan di perusahaan besar, seperti Google.

Sebagai contoh begini, ketika Anda mengetikkan sebuah kata kunci di search engine Google seperti “jual baju muslim murah”, sistem artificial intelligence milik Google akan membaca hal ini. Lalu apa pengaruhnya, ketika Anda mengetikan kata kunci tersebut artinya Anda tertarik dengannya. Lantas Google akan menampilkan iklan yang memiliki kaitannya dengan kata kunci yang Anda ketik ketika Anda mengakses layanan milik Google, seperti Google.com atau Youtube.com.

Sebagai digital marketer profesional, artificial intelligence menjadi hal yang harus diterapkan. Pengaruhnya sangat besar dalam menjangkau para pelanggan agar mendapatkan apa yang mereka cari di internet.

Itu dia artikel tentang Perkembangan Digital Marketing Yang Semakin Canggih, semoga bermanfaat ya. Oya, jangan lupa baca juga perusahaan digital marketing sebagai mitra bisnis Anda.

Baca juga:  Cara Memasarkan Produk Dengan Modal Kecil

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar