Beranda Marketing Persiapan Penting Sebelum Menjalankan Marketing Online

Persiapan Penting Sebelum Menjalankan Marketing Online

Persiapan Penting Sebelum Menjalankan Marketing Online
Image: Pixabay

Marketing merupakan salah satu cara melakukan pemasaran terhadap produk atau jasa supaya mendapatkan banyak pelanggan. Dengan adanya marketing, bisnis yang kalian jalankan akan menjadi lebih mudah. Sementara marketing online merupakan salah satu cara untuk mempromosikan atau memasarkan suatu produk atau jasa, namun dilakukan dengan media digital.

Dengan melakukan marketing online, hal ini akan mempersingkat aktivitas, waktu dan juga tenaga. Kamu tidak perlu datang langsung mengunjungi orang yang dituju, disini kamu tinggal melakukannya dengan memanfaatkan media digital yang ada. Dengan memanfaatkan media internet, suatu bisnis sekarang dapat dilakukan dengan mudah. Selama koneksi internet lancar, maka bisnis akan berjalan dengan lancar juga.

Teknologi sekarang sudah semakin canggih, hampir semua kegiatan bisnis bisa dilakukan dengan cara online saat ini. Begitu juga dengan marketing, awalnya mereka melakukan dengan cara seperti biasa tanpa memanfaatkan teknologi. Namun sekarang sudah berbeda, mereka kini sudah bisa memanfaatkan media digital sebagai alat pemasaran. Dengan begitu, kegiatan yang dilakukan sekarang menjadi lebih mudah.

Akan tetapi, sebelum menjalankan marketing online, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum menjalankan marketing online. Apa saja sih yang harus dipersiapkan? Berikut ini adalah Persiapan Penting Sebelum Menjalankan Marketing Online yang harus kamu tahu :

1. Melakukan Riset Pasar

Persiapan yang pertama yaitu melakukan riset pasar. Sebelum menjalankan marketing online, alangkah baiknya kamu melakukan riset pasar terlebih dahulu. Luangkan waktumu sebentar dalam sehari untuk melakukan hal ini. Meriset pasar kamu bisa melakukan target kira-kira siapa konsumen yang dituju, darimana mereka berasal, dan lain-lain.

Baca juga:  Cara Memasarkan Produk Baju Buatan Sendiri Paling Efisien dan Efektif

Selain itu, kamu juga mentarget konsumen yang dituju apakah untuk anak-anak atau orang dewasa. Pastikan semua data lengkap dalam melakukan riset pasar, hal ini guna memudahkan kamu untuk melakukan promosi ke sasaran yang tepat. Sehingga kamu akan mendapatkan omset jualan yang menguntungkan. Cara ini sangat cocok untuk dilakukan sebelum melakukan marketing online.

2. Platform Yang Tepat

Persiapan yang selanjutnya yaitu memilih platform yang tepat. Ada banyak sekali jenis platform yang ada seperti website, Youtube, social media, dan masih banyak jenis platform lainnya. Pastikan kamu memilih platform yang sesuai sebelum menjalankan marketing online. Pilihlah platform yang kiranya dapat mendatangkan banyak pengunjung.

Pemilihan platform yang tepat akan memudahkan kamu dalam menjalankan marketing online, khususnya dalam mencari pelanggan. Apabila platform yang dipilih salah, hal ini dapat berakibat pada pemborosan budget. Selain itu, kamu akan mudah menyerah karena keuntungan yang didapatkan tidak maksimal. Maka dari itu, persiapan yang satu ini harus dipersiapkan secara matang.

3. Konten Menarik

Persiapan yang harus kamu lakukan selanjutnya ialah menyiapkan konten yang menarik. Sesuatu yang menarik dapat meningkatkan jumlah pengunjung, hal ini sudah terbukti bukan hanya di bisnis marketing online saja. Namun untuk bisnis lainnya juga banyak yang membuat konten menarik. Hal ini supaya calon pembeli kamu tertarik dengan apa yang kamu tawarkan.

Konten marketing dapat dibuat dalam bentuk artikel, video, banner dan lain-lain. Buatlah media promosi yang menarik supaya hati pembeli dapat terpikat untuk membelinya. Perencanaan konten harus dipikirkan secara matang supaya hasilnya lebih maksimal. Dengan begitu, bisnis marketing online yang akan kamu jalankan pastinya berjalan dengan lancar.

Baca juga:  Perusahaan Digital Marketing di Indonesia Sebagai Mitra Bisnis Andalan Anda!

4. Perencanaan Anggaran

Sebelum menjalankan bisnis marketing online, persiapan yang harus kamu lakukan selanjutnya ialah perencanaan anggaran. Seperti yang diketahui, anggaran merupakan salah satu hal yang paling penting dalam menjalankan marketing online. Disini kamu harus menyiapkan anggaran sebaik mungkin. Nantinya untuk apa uang yang akan dikeluarkan biar terinci secara jelas.

Banyak sekali perusahaan marketing online yang menyerah karena over budget. Kurang cermatnya mereka dalam mengelola anggaran dapat membuat bisnis yang dijalaninya tidak berjalan dengan baik. Disini kamu harus menentukan anggaran sebaik mungkin supaya marketing online yang kamu jalankan berhasil. Dengan begitu, kedepannya akan menjadi lebih baik.

5. Sumber Daya Manusia (SDM)

Persiapan yang terakhir ialah Sumber Daya Manusia (SDM). Pastikan kamu menyiapkan SDM sebaik mungkin untuk melakukan kinerja dalam bisnis marketing online yang akan kamu jalankan. SDM yang baik akan mempengaruhi kinerja dari bisnis yang kamu jalankan supaya berhasil. Persiapan yang satu ini harus benar-benar disiapkan secara matang.

Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan dalam melakukan marketing online, yakni dengan membuat tim atau menggunakan jasa. Apabila kamu merekrut tim, maka kamu harus menyiapkan beberapa budget seperti pajak, gaji, BPJS dan lain-lain. Akan tetapi, jika bisnis yang kamu ingin secara instan, sebaiknya kamu menggunakan jasa konsultan digital marketing.

Seperti yang kita lihat, bisnis marketing sekarang sudah meranjak dimana-mana, hal ini dikarenakan keuntungan yang didapatkan sangat fantastis. Sehingga banyak dari mereka yang tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini. Mungkin dari kalian yang ingin terjun ke dunia digital marketing bisa memanfaatkan kesempatan tersebut. Apalagi sekarang sudah ada teknologi canggih yang dapat mempermudah bisnis kalian.

Baca juga:  Cara Memasarkan Produk Dengan Modal Kecil

Pastikan kamu harus mempersiapkan beberapa hal seperti di atas sebelum menjalankan marketing online. Jika kamu serius dalam melakukannya, pasti usaha yang kamu lakukan akan berhasil, yang terpentiing adalah tidak mudah menyerah dalam kondisi apapun.

Demikian beberapa informasi mengenai Persiapan Penting Sebelum Menjalankan Marketing Online. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaPerbedaan Marketing dengan Instagram dan Facebook
Artikel selanjutnya5 Alasan Kenapa Harus Belajar Bisnis Digital Marketing Beserta Strateginya
Everyday in dreaming, may Allah make my dream come true;)

Komentar