Beranda Umum 4 Rekomendasi Daftar Platform Blog Terbaik Untuk Menulis

4 Rekomendasi Daftar Platform Blog Terbaik Untuk Menulis

4 Rekomendasi Daftar Platform Blog Terbaik Untuk Menulis

Apakah kamu sedang mencari referensi platform blog terbaik?, Tentu sangat banyak pilihan platform untuk ngeblog di luar sana, tapi bagaimana memutuskan platform terbaik yang harus kamu gunakan?

Pada artikel ini saya akan memberikan daftar platform terbaik beserta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing platform tersebut. Setelah membaca artikel ini saya berharap kamu sudah dapat memutuskan platform mana yang mau dipilih.

Sebagai blogger pemula yang baru memulai untuk membuat blog tentu banyak hal yang akan dipertimbangkan ketika memilih platfrom blog, salah satunya mudah ketika proses set up blog, tidak harus mempunyai pengetahuan yang susah, dan juga tidak menuntut kamu untuk punya kemampuan koding.

Maka dari itu yuk simak terus artikel berikut ini.

1. WordPress.org

Pada urutan pertama saya menempatkan wordpress.org, selain blog saya ini menggunakan wordpress, namun cukup banyak kelebihan dari fitur wordpress.org ini sendiri dan menjadikan platform ini sebagai salah satu platform yang paling banyak digunakan di dunia, bahkan setingkat perusahaan berita nytimes.com menggunakan cms ini loh.

Platform open source ini Mulai dikembangkan pada tahun 2003 dan WordPress sekarang mendominasi 30% website di internet.

Oya yang perlu kamu tahu bahwa wordpress.org sama persis dengan wordpress.com, ingin tahu perbedaan antara wordpress.org dengan wordpress.com silakan baca artikel berikut.

Adapun wordpress.org adalah self hosted, banyak sekarang website penyedia hosting wordpress yang bisa kamu gunakan seperti rumahweb, bluehost dan banyak sekali web hosting service lainnya yang bisa kamu gunakan baik luar maupun dalam negeri.

Namun kalau rekomendasi web hosting service dari wordpress.org sendiri adalah Bluehost, DreamHost, dan SiteGround.

Kelebihan:

  • WordPress.org memberikan full kontrol terhadap blog kamu tanpa limit.
  • Kamu bisa mengembangkan blog kamu hingga menambahkan fitur seperti online shop, forum dan lainnya.
  • Ribuan tema tersedia di luar sana dengan gratis.
Baca juga:  Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Wordpress.com dengan Mudah
  • Tersedia hingga 54.000 plugin di luar sana yang bisa kamu gunakan secara gratis.
  • WordPress sangat ramah mesin pencari, kamu bisa dengan mudah membuat URL yang SEO Friendly, kategori, dan tags. Dan kamu juga bisa mendapatkan banyak plugin SEO yang menyediakan fitur tambahan untuk keperluan SEO blog kamu.

Kekurangan:

  • Kamu harus update informasi tentang perkembangan wordpress.org biar tidak ketinggalan informasi.
  • Karena self hosted tentu kamu harus lebih extra untuk mengurus blog kamu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti blog menjadi lambat, atau kena hack dan sebagainya. Tapi untungnya kamu bisa mengatasi itu semua dengan menfaatkan plugin dan layanan pelanggan tempat kamu membeli hosted tersebut.
  • Tidak gratis.

Harga

Untuk wordpress.org sendiri tidak ada versi gratis, mengenai harga kamu bisa cek pada situs penyedia hosting seperti Bluehost, DreamHost, SiteGround atau kalau dalam negeri Rumahweb.

Oya kalau kamu ingin tahu berapa cost untuk membangun satu blog menggunakan wordpress.org silakan baca artikel ini.

2. WordPress.com

WordPress.com sendiri adalah layanan hosting blog yang menawarkan fitur gratis dan bayar, adapun wordpress.com adalah perusahaan yang didirikan oleh penemu wordpress.org yaitu Matt Mullenweg.

Jadi kalau kamu ingin belajar dan mencoba fitur-fitur yang ada di wordpress bisa dengan gratis, dan kamu kapan saja bisa mengupgrade jika ingin serius ngeblog.

Mulai didirikan pada tahun 2005 dengan tujuan memberikan pengalaman menggunakan  wordpress kebanyak orang. WordPress.com bisa jadi pilihan situs blogging buat kamu yang tidak ingin fitur seperti self hosten wordpress.org.

Kelebihan:

  • Tidak perlu set up dari nol.
  • Mudah untuk digunakan dan dikelola.
  • Dan kamu bisa menggunakan secara gratis, tapi kalau menggunakan versi gratis nanti alamat blog kamu seperti ini https://contoh.wordpress.com, tapi tenang kamu bisa mengupgrade kapan saja. Oya jika kamu ingin mencoba wordpress.com bisa baca artikel berikut.
Baca juga:  Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogger dengan Mudah

Kekurangan:

  • Limited akses, kamu tidak bisa memasang tema atau plugin yang dibeli dari website pihak ketiga, contoh kamu membeli tema dari themeforest.com namun sayang setelah itu kamu tidak bisa menginstal di wordpress.com.
  • Kamu tidak bisa memasang iklan adsense untk versi gratis, tapi setahu saya mereka memiliki iklan sendiri.
  • Blog kamu bisa kapan saja di tangguhkan karena melanggar ketentuan layanan mereka, karena seperti yang kamu tahu blog kamu tapi bukan sepenuhnya kamu yang miliki.

Harga

Harga terlalu tinggi. Kamu bisa cek sendiri harga berlangganan di wordpress.com terlalu mahal, dan bagi saya sendiri mustahil mau berlangganan di wordpress.com, saya lebih memilih wordpress.org sejuta kali. Namun kamu tetap bisa menggunakan versi gratisnya kok.

3. Blogger

Blogger adalah layanan blogging gratis yang bisa jadi pilihan utama bagi pemula. Kalau kamu mau memulai ngeblog dan menghasilkan uang dari google adsense silakan menggunakan blogger.

Blogger tentunya sangat mengungguli wordpress.com, selain gratis namun juga sangat mudah digunakan terus kamu juga bisa daftarkan google adsense, menghasilkan tanpa mengeluarkan modal.

Blogger adalah platform pertama kali yang rilis sebelum platform lainnya muncul. Blogger pertama kali lahir pada tahun 1999 oleh Pyra Labs. Kemudian pada tahun 2003 Google mengakuisisi blogger kemudian dilakukan beberapa perubahan seperti produk yang kita kenal sekarang.

Untuk memulainya kamu bisa baca artikel berikut.

Kelebihan:

  • Gratis selamanya
  • Sangat mudah digunakan
  • Banyak tema tersedia secara gratis maupun bayar.
  • Bisa custome domain name.
  • Bisa daftar google adsense.

Kekurangan:

  • Kamu mempunyai tools yang sangat terbatas, kamu tidak bisa menambah fitur tambahan dan tentu saja mereka yang hijrah dari blogger ke wordpress.org mungkin ini salah satu alasannya.
Baca juga:  Cara Membuat Tampilan Blog Blogger Agar Terlihat Lebih Profesional
  • Opsi untuk mendesign sangat terbatas, tentu sangat gampang membedakan wordpress dan blogger. Karena wordpress mempunyai design yang sangat komplit dan menarik sedangkan blogger sebaliknya.
  • Blog kamu kapan saja bisa ditangguhkan bahkan dihapus tanpa warning sebelumnya, tentu saja ini bisa terjadi pada kamu kalau melanggar ketentuan layanan blogger mereka.

Harga

Karena blogger gratis maka nama blog kamu seperti https://www.contoh.blogspot.com, tapi tenang kamu bisa mengganti nama domain tersebut.

4. Tumblr

Tumblr berbeda sedikit dengan platfrom blogging lainnya. Ini adalah platform Mikroblog dengan fitur jaringan sosial seperti mengikuti blog orang lain, reblogging atau kalau dalam dunia Twitter Retweet, dan lainnya.

Jujur penulis sendiri belum pernah menggunakan platform ini, adapun penjelasan ini saya dapat dari referensi blog orang yang nanti saya letakkan di akhir tulisan.

Kelebihan:

  • Tumblr gratis digunakan dengan Tumblr subdomain seperti https://contoh.tumblr.com. Tapi kamu juga bisa mengganti domain tersebut dengan domain kamu.
  • Mudah proses set up dan juga mudah digunakan.
  • Sudah terintegrasi dengan komponen sosial media.
  • Sebagai platform mikroblog tentu saja Tumblr mudah untuk membuat poastingan video, GIFs, gambar, dan format audio.

Kekurangan:

  • Tumblr memberikan fitur yang sangat terbatas dan tentu saja kamu tidak bisa mengembangkan blog tersebut seperti yang kamu mau.
  • Banyak tema yang tersedia tapi kamu tidak bisa menambahkan fitur tambahan.

Harga

Tumblr gratis digunakan. Kamu bisa mengganti nama domain bawaan terus kamu juga bisa menginstall tema pihak ketiga yang bisa kamu beli di themeforest.com atau disitus lainnya.

Itu dia 4 Rekomendasi Daftar Platform Blog Terbaik Untuk Menulis, semoga artikelnya bermanfaat ya.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

SUMBERWPBeginner
Artikel sebelumnyaCara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa Modal
Artikel selanjutnya9 Tips Mudah Agar Blog Diterima Google Adsense Dalam Sekali Daftar
An ordinary people who love to write something that's i love.

Komentar