Beranda Umum Sholawat Nabi: Berikut Bacaan Arab dan Latin yang Dapat Dibaca Saat Maulid...

Sholawat Nabi: Berikut Bacaan Arab dan Latin yang Dapat Dibaca Saat Maulid Nabi

Sholawat Nabi

Dalam agama islam sangat dianjurkan untuk membaca sholawat Nabi setiap saat. Karena banyak keutamaan di dalamnya.

Umumnya bacaan sholawat nabi yang dikenal luas ialah “Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad”, yang artinya “Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad”.

Namun tahukah Anda, bahwa ada banyak bacaan sholawat nabi yang dapat Anda amalkan, selain yang di atas. Nah, pada artikel ini saya akan memberikan daftar bacaan sholawat nabi yang bisa pembaca amal dan bacakan sehari-hari atau saat maulid nabi.

Agar mempermudah pembaca dalam memahami bacaan, penulis sertakan dalam bahasa arab, latin dan juga artinya. Yuk langsung saja simak artikel berikut.

Sholawat Nabi

1. Sholawat Fatih

Sholawat Fatih

Bacaan latin:

Allaahumma sholli ‘ala sayyidina mukhammadinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqa, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ilaa shiraathikal mustaqiim wa’alaa aalihii haqqa qadrihi wa miqdaa rihil ‘adziim.

Artinya:

Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.

2. Sholawat Litausi’i Al Arzaq

Sholawat Litausi’i Al Arzaq

Bacaan latin:

Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammadin sholaatan tuwassa’u bihaa ‘alaina arzaaq, wa tukhassanu bihaa lanaa akhlaaq wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya:

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, dengan rahmat yang dapat memperluas rezeki kami dan membaguskan akhlak kami, beserta para keluarganya dan sahabatnya

Baca juga:  8 Jenis Kain yang Sering Digunakan untuk Bahan Pakaian Beserta Penjelasannya

3. Sholawat Nur Al Anwar

Sholawat Nur Al Anwar

Bacaan latin:

Allahumma shalli ‘alaa nuuril anwaar.Wasirril asraari watiryaaqil aghyaar. Wamiftaahi baabil yasaari sayyidinaa wamaulaana Muhammadinil mukhtaar.wa aalihil ath-haari wa ash-haabihil akhyaar. ‘Adada ni’amillaahi wa ifdhaalih.

Artinya:

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, rahasia dari segenap rahasia, penawar duka dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad SAW yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Allah dan karunia-Nya.

4. Sholawat Nariyah

Shalawat Nariyah

Bacaan latin:

Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaamaan taamman alaa sayyidinaa muhammadinil ladzii tanhallu bihiluqodu watanfariju bihilkurobu watuqdhoo bihilhawaaiju watunaalu bihir roghooibu wahusnul khowaatimi wayustasqaal ghomaamu biwajhihilkariimi waalaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin biadadi kulli maluumin laka.

Artinya:

Ya Allah, limpahkanlah sholawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

5. Sholawat Munjiyat

Sholawat Munjiyat

Bacaan latin:

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii’is-sayyi’aati wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii’il-khairaati fil-hayaati wa ba’dal-mamaati

Artinya:

Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sholawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan sholawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan sholawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan sholawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan sholawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.

Baca juga:  Menabung Agar Kaya?, Ikuti 8 Tips Ampuh Berikut Ini

6. Sholawat Thib Al Qulub

Shalawat Thib Al Qulub

Bacaan latin:

Allahuma shalli alaa sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wa dawaa-iha wa ‘aafiyatil abdaani wa syifaa-ihaa wa nuuril ab-shaari wa dliyaa-ihaa wa quutil aj-saadi wal ar-waahi wa ghidaa-ihaa wa’alaa aalihii wa shohbihii wa saliim.

Artinya:

Ya Allah, Anugerahkanlah sholawat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yaitu kesucian hati dan penyembuhannya, kesehatan badan dan kesembuhannya. Cahaya penglihatan serta sinarnya, penjamin jasmani dan rohani akan kebutuhannya. Anugerahkanlah pula kepada keluarga dan para sahabatnya serta berikanlah pula keselamatan.

7. Sholawat Mukafaah

Sholawat Mukafaah

Bacaan latin:

Allohumma sholli ala sayidina muhammadin wa ala alihi sayidina muhammad, sholatan maqbulatan tu,addi biha anna haqqohul adzim.

Artinya:

Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.

8. Sholawat Al Nuraniyah

Sholawat Al Nuraniyah

Bacaan latin:

Allahumma Shalli wa sallim wa baarik ‘alaa sayyidinaa wa maulana Muhammadin Syajaratil Ashl an-Nuraniyyah wa lam’atil qabdhatir rahmaaniyyah wa afdhalil Khaliiqatil insaaniyyah wa asyrafish shuuratil jismaaniyyah wa ba’dinil asraarir rabbaaniyyah wa khazaainil ‘uluumil ishthifaaiyyah shaahibil qabdhatil ashliyyah wal bahjatis saniyyah war rutbatil ‘aliyyah manin darajatin nabiyyuuna tahta liwaaihi fahum minhu wa ilahi wa shalli wa sallim wa baarik ‘alaihi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi ‘adada maa khalaqta warazaqta wa abatta wa ahyaita ilaa yaumi tab’atsu man afnaita wa sallim tasliiman katsiira wal hamdulillaahi rabbil ‘aalamiin.

Artinya:

Ya Allah, bersholawatlah, bersalamlah, dan berkatilah sayyidina wa maulana Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, pohon sumber cahaya, kilatan sentuhan kasih sayang, seutama-utamanya manusia, semulia-mulianya bentuk jasad, tempat mendulang rahasia-rahasia ketuhanan, khazanah ilmu-ilmu pilihan, pemilik sentuhan universal, kebanggaan yang agung, derajat keudukan yang tinggi di mana para nabi bergabung di bawah benderanya, mereka bersumber darinya dan akan kembali (berlindung) kepadanya.

Baca juga:  Lirik Legitnya Bisnis Pancake Durian Manis Asli Medan

Dan bersholawatlah, bersalamlah, dan berkatilah beliau, dan kepada keluarga dan para sahabat beliau sebanyak bilangan makhluk yang telah Engkau ciptakan, lalu engkau beri rizki, lalu Engkau matikan dan Engkau hidupkan hingga hari di mana Engkau membangkitkan kembali makhluk yang telah Engkau hancurkan, dan bersalamlah dengan salam yang sebenar-benarnya, dan Segala pujia bagi Allah Tuhan semesta alam.

9. Sholawat Ibrahimiyah

Sholawat Ibrahimiyah

Bacaan latin:

Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.

Artinya:

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim.

Manfaat dan keutamaan membaca sholawat Nabi

  1. Sebagai wujud cinta kepada Rasulullah
  2. Meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW
  3. Mendapatkan pengampunan dosa dan mendapatkan rahmat dari Allah SWT dan dari Nabi Muhammad SAW.
  4. Barangsiapa bersholawat satu kali, Allah akan memberi sepuluh rahmat sama dengan sepuluh derajat kepadanya
  5. Mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW di akhirat
  6. Bagi yang tidak mampu bersedekah, tapi selalu membaca sholawat, maka Allah menghitungnya sebagai bagian dari sedekah

Itu dia artikel tentang Sholawat Nabi: Berikut Bacaan Arab dan Latin yang Dapat Dibaca Saat Maulid Nabi semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga puisi bertema keluarga.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaCara Membuat Sertifikat Online Otomatis Menggunakan Google Form dan Autocrat Add-ons
Artikel selanjutnyaMaulid Nabi, Mengenal Rasulullah SAW Lebih Dekat, Berikut Biografinya
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar