Beranda Marketing Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Penjualan
Image: Pixabay

Untuk melakukan marketing tidak boleh sembarang, karena kalau Anda tidak ada pengetahuan dasar maka uang Anda akan rugi tanpa menghasilkan apapun, oleh karena itu pada kempatan ini saya akan menjelaskan sedikit fungsi dan strategi pemasaran online.

Marketing merupakan salah satu kegiatan dalam memasarkan suatu produk baik itu barang ataupun jasa supaya dapat disukai oleh masyarakat luas. Dengan adanya marketing, suatu produk atau jasa yang dipasarkan akan mudah ditemukan oleh orang-orang. Perusahaan dapat menciptakan suatu produk, harga, pelayanan dan juga promosi agar kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Hampir setiap perusahaan mengandalkan marketing agar bisnis yang dijalaninya lebih cepat maju. Cara ini bisa dibilang sebagai tips yang paling efektif bila dibandingkan dengan teknik lainnya dalam membangun suatu bisnis. Namun sebelum menuju ke strategi marketing, kamu harus tahu terlebih dahulu fungsi dari marketing. Berikut adalah 3 fungsi utama dari marketing :

1. Fungsi Pertukaran

Dengan adanya marketing, suatu barang nantinya dapat dilakukan pertukaran yang diminati oleh suatu pasar. Pertukaran dalam hal ini berarti konsumen harus menukarkan uangnya dengan produk yang ingin dibeli.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi yang selanjutnya yakni distribusi fisik. Suatu produk yang akan dipasarkan tidak dihasilkan langsung oleh produsen. Akan tetapi dihasilkan melalui distribusi fisik yang melalui berbagai proses seperti pengambilan, klarifikasi, penyimpanan, packing, hingga pengiriman produk ke konsumennya.

3. Fungsi Perantara

Fungsi yang terakhir adalah sebagai perantara. Dari pihak marketing nantinya akan bekerja sebagai perantara antara produsen dengan konsumen. Untuk melakukannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti pencarian informasi, pembiayaan, klarifikasi produk dan lain-lain.

Baca juga:  Teknik Marketing Menggunakan Whatsapp Untuk Meningkatkan Penjualan

Itulah ketiga fungsi utama dari marketing. Setelah mengetahui fungsinya, kemudian kita beralih ke strategi marketing. Apa yang harus kamu lakukan supaya marketing yang kamu jalankan berhasil? Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Strategi pemasaran Online Untuk Meningkatkan Penjualan :

1. E-mail Marketing

Teknik yang pertama yaitu memanfaatkan e-mail marketing. Untuk melakukannya biasanya teknik ini digunakan pada website. Kamu harus mencari konsumen sebanyak-banyaknya melalui e-mail marketing. Bagi yang belum mendaftarkan diri, mereka harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Hal ini supaya konsumen dapat mengetahui seputar produk yang dijual melalui website.

Selain itu, kamu harus mengirimkan penawaran melalui email pribadi masing-masing konsumen supaya lebih tertarik dengan produk yang kamu jual. Hal ini supaya pemasaran yang dilakukan lebih tertuju ke konsumen secara langsung. Apabila mereka tertarik, tentu mereka akan mengunjungi website milik kalian untuk membeli produk yang ditawarkan. Teknik ini sangat menguntungkan bila kamu bisa memanfaatkannya.

2. SEO

Tips yang kedua adalah SEO. Seperti yang diketahui, apabila website milik kita menerapkan teknik SEO biasanya akan berada di halaman paling atas google. Bagi perusahaan besar maupun kecil akan sangat efektif bila menggunakan teknik marketing yang satu ini. Bila teknik SEO diterapkan, produk yang kamu jual akan mudah ditemukan oleh konsumennya.

Selain itu, SEO menjadikan produk tersebut berada di pencarian teratas bila ada yang menuliskan produk berkaitan dengan apa yang kamu jual. Apabila berhasil, kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar karena pengunjung sudah dipastikan banyak yang datang. Cara ini sangat cocok sekali bagi kamu yang ingin memanfaatkan bisnismu dengan teknik marketing.

3. Sosial Media

Teknik marketing yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi dimata kalian. Dengan menggunakan sosial media, hal ini akan menjadikanmu lebih mudah untuk memasarkan suatu produk. Ada banyak sekali jenis sosial media yang bisa kamu pilih untuk mempromosikan suatu produk, seperti halnya FB, IG, Twitter dan berbagai jenis media sosial lainnya.

Baca juga:  7 Strategi Marketing Paling Akurat Untuk Pelaku Bisnis

Hampir setiap orang melakukan pemasaran produk melalui sosial media. Cara ini terbilang sangat efektif untuk dilakukan bila dibandingkan dengan cara lainnya. Pasalnya, orang-orang kebanyakan sekarang menggunakan media sosial, tentu hal ini akan membuat kamu berkesempatan untuk mendapatkan pelanggan bila melakukan teknik marketing melalui media sosial.

4. Periklanan

Selain media sosial, kamu juga bisa memanfaatkan teknik marketing dengan cara periklanan. Setiap media sosial biasanya terdapat iklan yang berisikan promosi suatu produk. Hal ini bisa menjadikan kesempatan kamu untuk memasarkan poduk kalian melalui iklan. Ada banyak sekali jaringan iklan yang bisa kamu pilih seperti halnya Google Awords.

Google AdWords terbilang sangat efektif dalam hal pemasaran produk melalui iklan. Melalui Google AdWords, kamu akan lebih mudah mendapatkan trafik pengunjung yang dapat melihat produk yang kamu jual. Dengan begitu, apa yang kamu jual nantinya akan cepat laku. Cara ini cukup efektif untuk dilakukan, namun biasanya kamu akan dikenakan biaya bila ingin mempromosikan produk melalui iklan.

5. Link Afiliasi

Teknik marketing yang terakhir ialah menggunakan link afiliasi. Untuk melakukan pemasaran melalui link afiliasi, kamu harus mengeluarkan modal yang cukup besar. Akan tetapi, kamu tidak usah meragukan pengunjung yang akan datang apabila menggunakan teknik yang satu ini. Cara ini sangat efektif untuk dilakukan supaya bisa mendapatkan banyak pengunjung untuk melihat produk yang kamu jual.

Untuk melakukan cara ini, kamu harus melakukannya dengan para selebgram dan juga artis-artis. Biasanya mereka memiliki followers yang sangat banyak, apabila mempromosikan produk yang kamu jual tentu followers mereka akan berkunjung ke link afiliasi yang sudah diaktifkan di media sosial yang mempromosikan. Produk kalian tentu lebih laku bila menggunakan teknik yang satu ini.

Baca juga:  Cara Memasarkan Produk Dengan Modal Kecil

Dengan menggunakan beberapa teknik di atas, pastinya pemasaran yang kamu lakukan akan berjalan dengan lancar.

Mungkin itu saja beberapa informasi mengenai Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Penjualan yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih. Jangan lupa juga baca strategi marketing paling akurat untuk pelaku bisnis.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya7 Strategi Marketing Paling Akurat Untuk Pelaku Bisnis
Artikel selanjutnyaCara Memasarkan Produk Dengan Modal Kecil
Everyday in dreaming, may Allah make my dream come true;)

2 KOMENTAR

Komentar