Beranda Marketing Sukseskan Usaha dengan Menerapkan Cara Memasarkan Produk dengan Baik dan Tepat!

Sukseskan Usaha dengan Menerapkan Cara Memasarkan Produk dengan Baik dan Tepat!

Sukseskan Usaha dengan Menerapkan Cara Memasarkan Produk dengan Baik dan Tepat!
Image: Pixabay

Pada dasarnya, pemasaran adalah suatu cara yang dilakukan dengan tujuan agar suatu produk sukses terjual. Faktor pemasaran memang memegang peran penting dalam suatu usaha. Artinya, pemasaran berpengaruh besar terhadap suksesnya sebuah usaha. Pemasaran yang sukses akan berdampak banyaknya produk anda yang laris terjual. Sehingga, keuntungan yang akan anda dapat pun akan ikut meningkat. Intinya, jika pemasaran anda semakin sukses, maka keuntungan anda juga akan semakin besar dan tinggi. Lalu, bagaimana cara memasarkan produk dengan baik? Berikut adalah strategi mudah dan sederhana yang bisa anda lakukan.

Memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk

Anda pastinya sudah paham bahwasannya di era ini semuanya serba mobile. Maka, brand atau produk yang akan anda pasarkan sudah seharusnya juga memiliki media sosial untuk pemasarannya.

Pemasaran lewat media sosial bisa menggunakan Twitter, Instagram, Facebook, dan sebagainya. Dengan media ini, strategi promosi dapat anda jalankan. Anda dapat memperkenalkan ke semua pengguna medsos (media sosial) produk dan brand yang hendak anda pasarkan.

Metode dalam menggunakan media sosial harus anda lakukan dengan tepat. Dengan demikian, pendekatan yang memang sedang anda jalankan akan jauh lebih dekat dan lebih personal dengan market yang menjadi target anda.

Mensponsori event tertentu seperti perlombaan dan sebagainya

Memang benar, cara yang paling efektif untuk memasarkan suatu produk yakni menggunakan sosial media. Tapi, itu bukan berarti anda mengabaikan strategi pemasaran dengan cara offline. Cara offline ini pun merupakan sebuah cara memasarkan produk dengan baik.

Baca juga:  Cara Pemasaran Produk Secara Online, Apakah membutuhkan website? Hingga manfaatnya

Salah satu ide terbaik untuk memasarkan produk secara offline adalah dengan menjadi tim yang mensponsori suatu event atau kontes tertentu dan bahkan bisa menjadi penyelenggara event. Dengan demikian, anda dapat menampilkan logo produk anda di suatu event tersebut sehingga brand yang sedang anda promosikan atau pasarkan akan banyak dikenal peserta even dan juga orang sekitar.

Apalagi jika produk anda adalah minuman ataupun makanan, cara ini pasti akan sangat efektif dan berhasil. Banyak para penyelenggara event yang akan mengambil produk makanan ataupun minuman untuk mensponsori event tersebut.

Membagikan produk secara cuma-cuma

Tidak hanya mensponsori suatu acara, anda bisa mencoba cara efektif lain sebagai strategi pemasaran produk anda. Anda harus memahami bahwa umumnya kebanyakan orang enggan untuk mencoba membeli produk anda dikarenakan mereka sebelumnya tidak pernah mencoba produk tersebut. Sehingga, mereka merasa ragu untuk membelinya.

Intinya, jika anda saat ini sedang bermaksud mempromosikan produk baru atau varian produk baru, membagikan produk anda secara langsung kepada target adalah trik promosi yang paling tepat untuk anda lakukan. Anda bisa membagikan produk ini dalam bentuk tester atau sampel secara cuma-cuma. Tapi, jika produk anda berupa produk digital, cara ini mungkin kurang efektif untuk anda coba. Untuk mengantisipasinya, anda bisa melakukan free trial ataupun free subscription. Cara ini sering dilakukan oleh perusahaan digital marketing di Indonesia.

Memberikan sebuah insentif terhadap rekomendasi

Tipe pemasaran selanjutnya yang terbilang sangat efektif yaitu word of mouth. Umumnya, kebanyakan konsumen cenderung akan mencoba dan membeli suatu produk yang mana sebelumnya telah direkomendasikan dan diperkenalkan oleh rekan yang pernah membelinya.

Agar strategi word of mouth yang anda lakukan berhasil dan berlangsung lama, anda dapat memberikan sebuah insentif kepada semua pelanggan setia yang telah membantu memperkenalkan dan merekomendasikan produk anda kepada calon pembeli dan pelanggan lain untuk membeli dan juga menggunakan produk yang sedang anda pasarkan.

Baca juga:  5 Strategi Pemasaran Produk Secara Online yang Tertarget

Untuk wujud insentif bisa beragam. Anda bisa memberikannya dalam bentuk sejumlah uang, kupon diskon, ataupun produk anda.

Jika anda melakukan cara ini, pelanggan anda pasti akan semakin setia dan selalu menggunakan produk anda. Bahkan, mereka akan jauh lebih semangat untuk memperkenalkan produk tersebut ke calon pembeli lainnya. Sudah bisa dipastikan, strategi ini sangatlah jitu dan efektif.

Sebenarnya, masih ada banyak lagi cara memasarkan produk dengan baik. Semoga usaha anda sukses selalu!

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaMenanam Bunga Matahari Selama Di Rumah Aja, Bisa Jadi Bisnis Sampingan Menjanjikan
Artikel selanjutnyaYuk, Cari Tahu Manfaat Pemasaran Online Bagi Penjual
An ordinary people who love to write something that's i love.

Komentar