Beranda Keuangan Tagihan atau Cicilan Menumpuk? Berikut Ini 10 Tips Cerdas Cara Mengatasinya

Tagihan atau Cicilan Menumpuk? Berikut Ini 10 Tips Cerdas Cara Mengatasinya

Tagihan atau Cicilan Menumpuk

Jaman sekarang sangat mudah untuk membeli barang-barang mahal, karena bisa dilakukan dengan cara kredit, cukup DP 10% Anda sudah dapat membawa pulang barang impian, sisanya bisa dibayar dengan cara cicilan. Oleh sebab itu, tak jarang dari kita punya cicilan menumpuk belum lagi ditambah tagihan listrik dan lainnya.

Namun hal itu bisa di atasi seandainya Anda bisa menahan hawa nafsu. Terkadang kita kredit satu barang bukan karena kebutuhan, tapi hanya keinginan saja.

Bagaimana jika sudah terlanjur dan hutang sudah mulai menumpuk?, Apa solusi yang harus dilakukan?, Nah, pada artikel ini saya akan menuliskan tips cara melunasi tagihan dan cicilan menumpuk, simak terus ya geng!

1. Menghemat penggunaan listrik

Listrik adalah kebutuhan wajib yang akan menguras banyak uang Anda setiap bulannya. Berbagai perangkat elektronik di rumah Anda akan memakan banyak energi, apalagi kalau tidak digunakan dengan bijak.

Anda bisa menghemat penggunaan listrik dimulai dari mengganti semua lampu di rumah Anda dengan lampu LED, sebab jenis lampu ini lebih hemat energi hingga 25 kali, jika dibandingkan dengan lampu neon biasa. Terus, belilah barang elektronik lainnya yang memakan sedikit energi listrik.

Selain itu, biasakan untuk selalu mematikan aliran listrik pada berbagai perangkat yang sedang tidak digunakan, misalnya: AC, TV, Microwave, dan yang lainnya.

Baca juga:  7 Daftar Aplikasi Pengelola Keuangan Terbaik Untuk Pengguna Android

2. Menghemat penggunaan air

Air termasuk kebutuhan sehari-hari yang wajib dan harus Anda bayar tiap bulan. Agar pengeluaran bulanan Anda tidak bengkak mulailah menggunakan air dengan bijak, jangan terlalu boros.

Agar hemat dalam penggunaan air, gunakanlah takaran setiap kali menggunakan air. Sebagai contoh, Ketika Anda ingin mandi buatlah takaran berapa banyak air yang dibutuhkan, seperti satu bak mandi, maka jangan gunakan lebih dari itu.

Selanjutnya, Ketika mematikan air, pastikan keran air sudah benar-benar mati jangan sampai menetes, karena kalau dibiarkan akan banyak memakan meteran apalagi kalau dalam waktu yang lama, dan ketika mahu tidur pastikan keran air sudah benar-benar mati.

3. Menghemat biaya makan Anda

Biasanya yang paling boros dalam urusan makan ibu-ibu, kalau cowok mungkin untuk membeli rokok. Mulai sekarang Anda harus hemat dalam urusan makan, agar uang tersebut bisa untuk menutup tagihan atau cicilan bulanan Anda.

Anda bisa menghematnya dengan cara mengurangi makan di luar, biasanya orang kantoran untuk sarapan dan makan siang lebih sering di luar, bayangin aja, untuk sekali makan paling murah sepuluh ribu, maka di kali dua menjadi dua puluh ribu rupiah, belum lagi ditambah cemilan, maka lebih kurang dalam sehari tiga puluh ribu, ingat, itu paket hemat ya geng.

Nah, untuk menghematnya Anda bisa membawa bekal dari rumah, terus uang yang tiga puluh ribu itu bisa Anda gunakan untuk belanja bahan bekal, kemudian sisanya ditabung deh.

4. Disiplin membayar KPR / uang sewa

Anda yang masih mempunyai tagihan bulanan, ada baiknya selalu disiplin dalam membayar supaya terhindar dari denda atau uang tambahan lainnya karena telat membayar.

Baca juga:  5 Kebiasaan Pengusaha Sukses dalam Mengatur Keuangan Pribadi

Jika penghasilan Anda  pas-pasan, bisa saja uang untuk membayar KPR Anda gunakan untuk hal lainnya, kemudian Anda pusing karena uang tagihan KPR sudah habis lalu Anda harus membayar denda karena terlambat membayar tagihan. Untuk menghindari hal itu ada baiknya tagihan KPR atau sewa dibuat auto debit, kalau memungkinkan, adapun hal ini untuk meminimailisir kejadian uang kepakek.

5. Kurangi biaya nelpon

Anda bekerja sebagai staf marketing tentu memerlukan banyak paket nelpon untuk follow up calon customer Anda. Nah, untuk menghemat paket nelpon lebih baik Anda berlangganan kartu halo, atau berlangganan paket nelpon satu bulan agar lebih hemat biaya.

Namun saran dari saya agar lebih hemat lagi Anda bisa menggunakan fitur pada aplikasi gratis seperti WhatsApp.

6. Pangkas biaya asisten rumah tangga dan tukang kebun

Memang tidak semua kita menggunakan asisten rumah tangga, apalagi tukang kebun, karena halaman rumah sekarang kecil-kecil dan saya pikir Anda bisa menghandle sendiri.

Untuk memangkas pengeluaran biaya asisten rumah tangga, Anda bisa kerjasama dengan istri untuk mengurus rumah tangga, dimulai dari memasak, nyuci dan hal lainnya. Saya rasa hubungan Anda akan lebih harmonis dan bertambah romantis dengan sering-sering beker jasama daripada menyewa asisten rumah tangga.

7. Membayar hutang yang suku bunganya lebih tinggi

Jika Anda banyak kredit maka prioritaskan dulu hutang yang suku bunganya lebih tinggi. Memang hutang wajib Anda bayar jika sudah jatuh tempo, tapi maksud saya disini, jika di bulan tertentu Anda mempunyai rejeki lebih sila gunakan untuk menutupi hutang yang suku bunganya lebih tinggi, yang lazimnya satu bulan sekali sila lakukan dua bulan sekali.

8. Konsultasikan dengan Pihak yang Lebih Berpengalaman

Jika Anda mempunyai teman yang memiliki pengalaman seperti Anda sekarang, silakan sharing bagaimana teman Anda bisa lepas dari lilitan hutang yang menumpuk.

Baca juga:  7 Tips Keuangan untuk Pengusaha Ketika Memulai Startup

Ingat, tidak semua hal yang teman Anda lakukan bisa bekerja Ketika Anda praktekkan, tapi tidak ada salahnya jika Anda praktekkan, mana tahu bekerja pada Anda.

9. Jaga Kesehatan

Nah, hal ini sangat penting, Anda harus betul-betul menjaga Kesehatan, dengan cara, rajin berolahraga agar tubuh tetap fit dan sehat selalu. Jangan bergadang jika tidak penting, kemudian konsumsilah makanan empat sehat lima sempurna.

Karena biaya berobat mahal, jadi alangkah lebih baik mencegah sakit daripada mengobati.

10. Memangkas biaya lainnya

Cara terahir yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah keuangan bisa dengan memangkas biaya lainnya, seperti biaya paket data, kalau biasanya menghabiskan uang dua ratus ribu perbulan, usahakan dikurangi menjadi seratus lima puluh ribu.

Gunakan paket data se-efisien mungkin, manfaatkan selalu wifi, gunakan paket data jika tidak ada wifi sama sekali.

Kesimpulan

Ketika tagihan dan cicilan sudah menumpuk sangat berat untuk melunasinya lagi, bahkan bisa tambah menumpuk. Terkadang kita untuk mengatasi hutang yang sudah menumpuk, malah dengan berhutang lagi atau bahasa lainnya  gali lobang tutup lobang. Padahal mudah saja bagi Anda untuk melunasi tagihan dan cicilan yang sudah menumpuk, yaitu dengan melakukan cara-cara di atas.

Itu dia artikel tentang Tagihan atau Cicilan Menumpuk? Berikut Ini 10 Tips Cerdas Cara Mengatasinya, semoga artikelnya bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga Tips Mengelola Keuangan Supaya Tidak Terlalu Boros.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya5 Universitas Terbaik di Amerika 2021, Berikut Penjelasannya
Artikel selanjutnyaBahan Kain untuk Baju Gamis, Silakan Coba 13 Jenis Berikut Ini
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar