Beranda Bisnis Tahapan Bisnis Budidaya atau Ternak Lele Paling Menguntungkan Saat Ini

Tahapan Bisnis Budidaya atau Ternak Lele Paling Menguntungkan Saat Ini

Tahapan Bisnis Budidaya atau Ternak Lele Paling Menguntungkan Saat Ini
Image: Pixabay

Saat ini mencari pekerjaan bisa dikatakan susah-susah gampang apalagi saat ini banyaknya lulusan sarjana dan minimnya lapangan pekerjaan.

Bagi kamu yang saat ini ingin membuka usaha sendiri baik sebagai pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan mungkin usaha ternak lele bisa menjadi pilihan.

Nah sesuai dengan judul artikel ini kami akan memberi tahu kamu tentang bagaimana cara ternak lele yang menguntungkan. Selain itu tujuan artikel ini untuk menuntun kamu dalam usaha ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti resiko kerugian karena kurangnya pemahaman teori atas usaha ini.

Apa Budidaya Ikan Lele Menguntungkan?

Nah pertanyaan pertama yang kerap seseorang lontarkan sebelum memulai usaha adalah apakah usaha yang akan dibuatnya bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan.

Dalam usaha budidaya ikan lele bisa dikatakan sangat menjanjikan, karena jenis ikan ini banyak diminati oleh orang karena dikenal memiliki tekstur yang lembut dan kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Bagaimana Cara Budidaya Ikan Lele Yang Menguntungkan?

Ikan lele sebenarnya jenis ikan yang sangat mudah untuk dibudidayakan karena tidak membutuhkan perawatan yang terlalu rumit seperti perawatan jenis ikan lainnya. Untuk lebih lengkapnya tentang cara budidaya ikan lele sehingga menguntungkan secara finansial kamu bisa mengikuti tahapan-tahapan berikut ini.

Tahap 1: Buat Kolam Ikan Lele

Ikan lele jenis ikan yang sangat suka tinggal pada permukaan air yang berlumut hijau dengan air yang keruh serta suhu air 28°C. Hal tersebut bisa kamu pertimbangkan sebagai bahan pemahaman dasar dalam pembuatan kolam untuk ikan lele.

Baca juga:  10 Cara Memulai Bisnis Properti Dijamin Sukses

Tahap 2: Pilih Bibit Ikan Yang Berkualitas

Mencari bibit atau indukan ikan lele yang berkualitas sangat penting dalam budidaya ikan lele, agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti ikan mati.

Lalu bagaimana cara melihat bibit atau indukan yang berkualitas?, untuk memilih indukan perhatikan ciri fisiknya. Untuk ciri ikan lele pejantan yang berkualitas memiliki ciri fisik perut ramping, alat kelamin runcing, serta lincah. Sedangkan untuk ciri fisik indukan lele betina memiliki kepala cembung serta gerakan yang lamban.

Tahap 3: Mengawinkan Lele

Jika warna kelamin ikan lele pejantan sudah berwana merah dan kelamin ikan lele betina berwarna kuning tandanya ikan tersebut sudah siap masuk dalam tahap siap kawin.

Tahap 4: Pengembang Biakan

Banyak orang membudidayakan ikan lele yang gagal pada tahap ini (Pengembang biakan) karena banyaknya benih yang mati. Seharusnya pada proses pengembang biakan, benih ikan ditaruh dulu didalam ember hingga lebih dari 24 jam sebagai tahap adaptasi sehingga benih tidak stres dan mati saat berada dikolam langsung.

Tahap 5: Pemeliharaan Ikan Lele

Ya tahap ini bisa dibilang tahap yang mungkin sudah tidak terlalu menegangkan. Karena seperti yang kami singgung tadi diatas bahwa ikan lele tidak membutuhkan perawatan yang rumit seperti jenis ikan lainnya. Dalam tahap ini kamu hanya perlu memberi pakan sebanyak 3 kali dalam sehari yang bisa dibagi menjadi beberapa waktu pagi, sore dan malam.

Perkiraan Keuntungan Budidaya Ikan Lele

Untuk perkiraan keuntungan bayangkan saja kamu memiliki ternak 1000 ekor ikan lele, perkiraan berat ikan lele 1000 ekor adalah sekitar 225 Kg. Untuk saat ini harga jual ikan lele adalah Rp 18.000/kg (tergantung daerah), maka potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah sekitar Rp. 4.050.000.

Baca juga:  Tips Membuka Usaha Sampingan Jualan Pulsa dan Paket Data

Nah itulah cara budidaya lele yang menguntungkan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa juga baca bisnis budidaya ikan air tawar.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaCara Sukses Ternak Kambing yang Untung Besar
Artikel selanjutnyaKelebihan dan Kekurangan Memakai Facebook Ads Untuk Promosi
Everyday in dreaming, may Allah make my dream come true;)

Komentar