Beranda Marketing Teknik Marketing Menggunakan Whatsapp Untuk Meningkatkan Penjualan

Teknik Marketing Menggunakan Whatsapp Untuk Meningkatkan Penjualan

Teknik Marketing Menggunakan Whatsapp
Image: Pixabay

Whatsapp merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh kalangan masyarakat sampai saat ini. Whatsapp digunakan oleh khalayak umum, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Melalui media whatsapp, orang-orang akan lebih mudah melakukan interaksi antara satu sama lain secara online. Kamu bisa saling berkomunikasi dengan mudah meskipun dalam jarak yang jauh.

Selain sebagai alat komunikasi, whatsapp sekarang seringkali digunakan sebagai alat untuk menjalankan sebuah bisnis. Banyak orang yang memasarkan produk melalui media whatsapp, hal ini dikarenakan cara melakukannya yang lebih mudah dan juga simpel. Dengan memanfaatkan whatsapp sebagai media marketing tentu akan membuat bisnis milik kalian lebih berjalan secara efektif.

Seperti yang kita lihat, pengguna dari whatsapp ini dari berbagai kalangan, hal ini menjadikan kesempatan kalian sebagai marketing untuk memasarkannya melalui media ini. Keuntungan yang besar akan kalian dapatkan apabila berhasil menggunakan teknik marketing yang satu ini. Untuk melakukannya, pasti tidak semudah yang dibayangkan, ada beberapa cara yang harus kamu lakukan supaya marketing yang kamu lakukan berhasil.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai teknik marketing menggunakan media sosial whatsapp. Mungkin cara ini terlihat kurang efektif jika kamu belum mengetahui celahnya. Padahal dengan cara ini dapat membuat kamu bisa memperoleh keuntungan yang besar. Ingin tahu seperti apa caranya? Berikut ini adalah teknik marketing menggunakan whatsapp yang harus kamu tahu :

1. Mengumpulkan Kontak Sebanyak-Banyaknya

Teknik pertama yang bisa kamu lakukan ialah mengumpulkan kontak sebanyak-banyaknya. Kamu bisa mencari kontak di berbagai media sosial lainnya seperti IG, FB dan lain-lain. Carilah sebanyak mungkin, khususnya ketika kamu sedang melakukan pameran terhadap apa yang kamu promosikan. Jangan lupa juga untuk menambah kontak calon pembeli kalian.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Memakai Facebook Ads Untuk Promosi

Kamu juga bisa melakukannya dengan cara meminta mereka untuk mengisi identitas, dimana kamu harus menuliskan identitas dari nomor whatsapp milikmu. Nantinya kamu bisa menghubungi masing-masing kontak yang sudah tertera di dalam kontak tersebut. dengan menggunakan teknik ini, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan banyak pelanggan.

2. Meminta Calon Pelanggan Untuk Menyimpan Nomor Whatsapp Kalian

Tips yang selanjutnya ialah meminta pelanggan untuk menyimpan nomor Whatsapp kalian. Dengan cara ini, kamu bisa melakukan broadcast ke target pembeli kalian. Jika kamu melakukan update status, mereka juga akan melihat apa yang sedang kamu promosikan, hal ini tentu akan menjadikanmu lebih efektif dalam mempromosikan produk ke pelanggan.

Terkadang banyak pelanggan yang malu bila ingin menghubungi anda karena bingung ingin mengatakan apa. Berbeda jika kamu memposting suatu produk melalui status, jika ada yang tertarik pastinya mereka akan komen dan langsung berminat untuk membeli produk yang kamu promosikan. Cara ini sangat efektif untuk dilakukan supaya bisa mendapatkan banyak pelanggan.

3. Broadcast

Teknik marketing menggunakan whatsapp yang selanjutnya yaitu broadcast. Untuk melakukan cara yang satu ini dapat kamu lakukan dengan belajar teknik menulis pesan yang baik. Pesan yang utama yaitu tidak mengandung spam dimana pelanggan tidak akan merasa keberatan bila ada pesan yang kamu kirimkan ke kontak whatsapp mereka.

Selain itu, pesan yang disampaikan juga harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Kamu juga harus melakukan jeda dalam pengiriman pesan yang kamu lakukan ke kontak pelanggan. Apabila kamu terlalu sering, bisa-bisa pelanggan akan merasa kesal dan bisa menghapus kontak milikmu. Cara ini sangat efektif untuk dilakukan supaya kamu bisa mendapatkan simpati dari pelanggan kalian.

Baca juga:  Yuk, Cari Tahu Manfaat Pemasaran Online Bagi Penjual

4. Membuat Grup Khusus

Tips yang selanjutnya yaitu membuat grup khusus bisnis yang kamu jalankan. Jika kamu sudah mendapatkan banyak pelanggan yang ingin bekerjasama dengan kamu. Buatlah grup whatsapp, hal ini akan membuatmu lebih mudah ketika ingin memberikan saran ataupun pendapat ke semua pelanggan. Jika kamu menghubunginya satu per satu, hal itu akan membuat waktu kamu terbuang lebih lama.

Dengan adanya grup juga dapat membuat pelanggan kalian lebih mudah mengetahui semua keluhan yang ada pada pelanggan lainnya. Jika ada salah satu pelanggan yang mendapatkan masalah, pastinya semua yang ada di dalam grup tersebut mengetahuinya. Maka dari itu, teknik yang satu ini harus diterapkan supaya bisa saling sharing antara satu sama lain. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dan enak dalam menghubungi pelanggan.

5. Membuat Link Whatsapp

Langkah yang terakhir bisa kamu lakukan adalah membuat link whatsapp. Tujuan dari teknik yang satu ini adalah supaya pelanggan lebih mudah untuk menghubungi anda. Mereka tidak harus menulis kontak milikmu terlebih dahulu kemudian di save, mereka tinggal menggunakan link saja sudah bisa menghubungi kamu dengan mudah. Kamu juga akan dipermudah karena tidak perlu mencari kontak sebanyak-banyaknya.

Banyak sekali web yang bisa digunakan untuk membuat link whatsapp. Dengan cara ini, tentu akan membuat bisnis yang kamu jalankan menjadi lebih efektif dan nyaman. Kamu bisa menaruh link whatsapp di berbagai jenis media sosial lainnya ketika kamu sedang mempromosikan produk. Dengan begitu, pelanggan yang ingin menghubungimu lewat whatsapp tinggal menekan link tersebut.

Dengan menggunakan beberapa tips di atas, pastinya kamu akan menguasai teknik marketing menggunakan whatsapp dengan cepat. Yang terpenting ialah, kamu harus berusaha dengan sungguh-sungguh supaya bisnis yang dijalankan berhasil.

Baca juga:  Perusahaan Digital Marketing di Indonesia Sebagai Mitra Bisnis Andalan Anda!

Demikian beberapa informasi mengenai teknik marketing menggunakan whatsapp yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih. Oya, jangan lupa baca juga cara membuka whatsapp di komputer.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya5 Strategi Ampuh Menjalankan Toko Online
Artikel selanjutnya5 Tokoh yang Sukses Kembangkan Bisnis Startup
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar