Beranda Keuangan 7 Tips Cepat Melunasi Hutang Yang Wajib Kamu Tahu!

7 Tips Cepat Melunasi Hutang Yang Wajib Kamu Tahu!

7 Tips Cepat Melunasi Hutang Yang Wajib Kamu Tahu!
Image: Pixabay

Terjerat hutang pastinya membuat hati Anda tidak merasa nyaman karena takut tidak bisa membayarnya ya kan! Biasanya hal ini disebabkan oleh Anda sendiri yang kurang cermat dalam mengelola keuangan. Saking terdesaknya, Anda terpaksa harus hutang kesana kemari untuk kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda jangan sekalipun berhutang supaya tidak menjadi beban pikiran.

Nah, bagi Anda yang sudah terjerat hutang tidak perlu khawatir. Setiap masalah pasti ada solusinya, begitu juga dengan hutang, jika Anda mau berusaha pastinya bisa untuk melunasinya. Hutang uang pastinya dibalas dengan uang, hutang budi pastinya akan dibalas dengan budi. Bagaimana cara melunasi hutang Anda? Langsung saja simak 7 tips cepat melunasi hutang yang wajib kamu tahu!

1. Hitung Jumlah Cicilan Hutang yang Harus Anda Bayarkan

Tips cepat melunasi hutang yang pertama dapat Anda lakukan yaitu menghitung jumlah cicilan hutang yang harus Anda bayar. Hal ini supaya mengukur kemampuan Anda untuk bisa membayar hutang Anda. Biasanya, untuk membayar hutang bulanan diambil dari 20 %– 30% dari gaji bulanan Anda. Dengan begitu, tidak terasa hutang Anda akan segera terlunasi.

Jika ingin lebih cepat lunas, Anda bisa memotong 50% gaji Anda untuk membayar hutang. Namun Anda harus pikirkan terlebih dahulu, apakah dengan memotong 50% gaji Anda tidak akan terbebankan. Semakin banyak cicilan yang dibayarkan, maka semakin cepat hutang Anda terlunasi.

Baca juga:  8 Tips Menghemat Uang Untuk Para Pelajar

2. Prioritaskan Hutang Dengan Bunga yang Tinggi Terlebih Dahulu

Apabila Anda memiliki hutang di tempat yang berbeda-beda, lunasilah hutang yang memiliki bunga paling tinggi terlebih dahulu. Bunga yang tinggi tentu akan membuat hutang Anda semakin besar apabila tidak segera dilunasi. Berbeda dengan hutang yang memiliki bunga rendah, Anda masih bisa sedikit santai meski telat membayar hutang.

Metode ini sangat cocok untuk dilakukan supaya hutang Anda cepat terlunasi, metode ini dikenal dengan istilah debt stacking. Metode yang sangat efektif untuk melunasi hutang dari bunga yang paling tinggi ke rendah. Tips ini sangat cocok untuk dilakukan bagi Anda yang memiliki banyak hutang ke tempat yang berbeda.

3. Mengurangi Bunga Hutang

Apakah bunga hutang bisa dikurangi? Tentu saja bisa, namun hal ini berlaku hanya untuk beberapa hutang saja. Salah satunya dengan menggunakan kartu kredit Anda, dengan mengandalkan kartu kredit, bunga hutang Anda bisa berkurang. Sistem yang ada didalamnya yaitu dengan melakukan pemindahan tagihan kartu kredit yang satu ke kartu kredit bank lainnya.

Melalui sistem yang satu ini, pengguna akan membayar tagihan di awal dengan kartu kredit lawas bisa dibayar dengan kartu kredit yang baru. Cara ini sangat cocok untuk dilakukan bagi Anda yang ingin sekali melunasi hutang Anda.

4. Ubah Skema Pengeluaran

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan ialah mengubah skema pengeluaran. Skema yang biasa Anda lakukan harus diubah supaya hutang Anda cepat terlunasi. Misalkan Anda awalnya memiliki skema 50% untuk biaya operasional, 45% untuk kebutuhan sehari-hari dan 5% untuk ditabung. Maka Anda harus mengubah skema tersebut supaya lebih cepat melunasi hutangnya.

Seperti halnya 40% untuk biaya operasional, 40% untuk biaya kebutuhan sehari-hari, dan 20% dapat Anda gunakan untuk ditabung. Perbandingan keduanya akan lebih efektif bila uang yang ditabung lebih besar. Hal itu bisa untuk segera melakukan pelunasan hutang Anda.

Baca juga:  Cara Kelola Uang Usaha Untuk Wiraswasta Yang Baik

5. Jangan Melakukan Sistem Gali Lobang Tutup Lobang

Tips cepat melunasi hutang seperti ini sebaiknya jangan sampai Anda tiru ya guys! Memang dengan cara gali lobang tutup lobang akan membuat hutang Anda cepat lunas, namun itu berlaku hanya untuk sementara saja. Melunasi hutang seperti ini seringkali dilakukan oleh orang-orang karena waktunya yang terbatas untuk melunasi hutang tersebut.

Anda bisa memikirkan cara lainnya supaya hutang Anda cepat terlunasi. Melalui cara seperti ini justru akan membuat Anda semakin pusing karena harus berhutang kesana kemari. Belum tentu jika ada orang yang ingin meminjamkan hutang kepada Anda, hal itu sangat tidak efektif untuk dilakukan.

6. Mencari Penghasilan Tambahan

Tips yang keenam adalah mencari penghasilan tambahan. Jika Anda memiliki hutang banyak, maka Anda harus sesegera mungkin untuk melunasinya. Mau tidak mau anda harus melakukan cara yang satu ini, dengan mencari tambahan penghasilan, hutang Anda akan semakin cepat terlunasi. Sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan bagaimana cara untuk melunasinya.

Meski begitu, resiko yang harus dihadapinya cukup besar yaitu menyangkut kesehatan Anda sendiri. Apabila Anda terlalu memaksa kondisi Anda untuk bekerja, kesehatan fisik bisa saja terpengaruhi. Pastikan Anda harus menjaga kesehatan dengan cara berolahraga, pola makan yang sehat, dan lain-lain.

7. Minta Bantuan Orang Terdekat

Tips cepat melunasi hutang yang terakhir ialah meminta bantuan orang terdekat Anda. Segala cara di atas sudah Anda lakukan, akan tetapi hasilnya masih belum saja berubah, kondisi hutang masih menumpuk. Jalan satu-satunya terakhir ialah meminta bantuan kepada orang terdekat Anda seperti orang tua, saudara dan lain-lain. Anda ceritakan semua kepada orang terdekat.

Baca juga:  10 Tips Efektif Menurunkan Pengeluaran Bulanan

Pihak keluarga pastinya akan membantu jika segala usaha sudah Anda lakukan masih belum saja berhasil. Mereka pastinya akan membantu dengan sukarela tanpa meminta imbalan apapun. Meski begitu, suatu saat Anda harus tetap melunasinya entah apapun caranya harus dilakukan.

Demikian beberapa informasi mengenai 7 tips cepat melunasi hutang yang wajib kamu tahu! Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih. Jangan lupa baca cara hidup senang tanpa memikirkan hutang.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar