Beranda Keuangan 7 Tips Jitu Menabung Uang Untuk Tingkat Pelajar

7 Tips Jitu Menabung Uang Untuk Tingkat Pelajar

7 Tips Jitu Menabung Uang Untuk Tingkat Pelajar
Image: Pixabay

Para pelajar sepertinya masih banyak yang bingung bagaimana mereka menyisihkan uang sakunya supaya dapat ditabung. Memang, kebutuhan para pelajar bisa dibilang tidak terlalu banyak, namun apa salahnya jika mereka belajar menabung sejak masih kecil. Hal itu akan bermanfaat untuk kedepannya nanti. Maka dari itu, prinsip menabung harus ada pada diri setiap pelajar.

Menabung merupakan salah satu cara mengelola keuangan yang baik. Dengan menabung, pelajar bisa membeli keinginan yang besar apabila uang yang ditabung sudah terkumpul. Uang tersebut bisa digunakan untuk keperluan kedepannya seperti meringankan beban orang tua saat ingin lanjut bersekolah, atau bisa juga digunakan sebagai modal usaha kedepannya.

Nah, bagi para pelajar yang ingin sekali menabung, Anda harus tahu beberapa tips menabung yang benar. Menabung tidak dilakukan secara sembarangan, ada beberapa cara menabung yang efektif supaya keuangan Anda terkumpul banyak. Berikut ini adalah 7 tips jitu menabung uang untuk tingkat pelajar!

1. Membuat Celengan

Langkah yang pertama menabung untuk tingkat pelajar yaitu membuat celengan. Pelajar identik sekali dengan celengan untuk mengumpulkan uang sehari-harinya. Biasanya celengan yang dipakai beragam jenis seperti ayam jago, boneka dan lain sebagainya. Celengan seperti ini sangat bermanfaat untuk digunakan para pelajar dalam mengumpulkan uang.

Menabung dicelengan akan memberikan rasa yang berbeda dibanding menabung di tempat lain. Apabila celengan sudah terisi penuh, Anda akan membongkar celengan tersebut. Saat menghitung beragam jenis uang receh dan kertas yang dicampur menjadi satu adalah hal yang sangat berharga. Berbeda dengan jaman sekarang yang kebanyakan menabung di bank-bank yang akan dikenakan biaya bunga di dalamnya.

Baca juga:  10 Tips Efektif Menurunkan Pengeluaran Bulanan

2. Membawa Bekal

Tips yang kedua adalah membawa bekal makanan dan minuman ke sekolah. Jika Anda benar-benar menginginkan uang Anda terkumpul, maka cara ini harus dilakukan. Dengan membawa bekal ke sekolah, uang Anda akan terkumpul karena tidak harus membeli makanan dan minuman di sekolah. Uang tersebut nantinya bisa Anda tabung atau untuk keperluan lainnya yang lebih penting.

Meski begitu, masih banyak juga anak-anak yang gengsi (malu) saat membawa bekal sendiri. Mereka berpikiran bahwa membawa bekal seperti anak kecil saat masih SD maupun TK, bila sudah beranjak dewasa, mereka lebih memilih untuk tidak membawa bekal sendiri. Apabila rasa gengsi tersebut dapat Anda hadapi, uang Anda bisa terkumpul untuk ditabung.

3. Kurangi Gaya Hidup yang Terlalu Berlebihan

Tips menyisihkan uang yang selanjutnya ialah mengurangi gaya hidup yang berlebihan. Anda adalah seorang pelajar, maka Anda harus bertingkah selayaknya pelajar. Jangan sampai gaya hidup Anda seperti orang yang sudah tidak lagi bersekolah seperti membeli make up, perhiasan, dan hal-hal lainnya yang tidak seharusnya dibeli oleh para pelajar.

Gaya hidup yang berlebihan akan membuat Anda boros dalam mengelola keuangan. Hal seperti ini harus Anda hindari supaya kehidupan Anda lebih bermanfaat kedepannya. Selain itu, gaya hidup yang berlebihan juga akan mempengaruhi pembelajaran Anda di sekolah.

4. Ikut Arisan Kelas

Sebetulnya kegiatan arisan kelas adalah salah satu cara yang tepat untuk mengelola keuangan Anda. Dengan menyisihkan uang untuk mengikuti arisan kelas, maka Anda akan mendapatkan uang yang lebih secara singkat. Disini Anda bisa membeli sesuatu yang diinginkan dengan hasil uang arisan Anda. Tips ini sangat efektif untuk dilakukan bagi tingkat pelajar.

Baca juga:  7 Tips Mengatur Keuangan Bisnis Untuk Mendapatkan Keuntungan

5. Berjualan di Kelas

Langkah yang selanjutnya bisa Anda lakukan yaitu berjualan di kelas. Lagi-lagi ini menyangkut soal malu, apabila Anda tidak malu maka harus berani melakukan hal ini. Jangan malu untuk mengerjakan sesuatu hal yang baik, kecuali bila Anda melakukan hal-hal yang tidak pantas barulah Anda merasa malu. Dengan berjualan di kelas, Anda bisa mengumpulkan uang dari hasil jualan.

Anda bisa menjual apa yang disukai oleh teman-teman Anda, biasanya teman-teman sekelas yang paling suka adalah makanan. Mereka banyak yang sungkan untuk pergi ke kantin karena ramai mengantri. Kesempatan seperti ini bisa Anda manfaatkan untuk berjualan. Dan ingat, meski teman sendiri jangan dikasih gratis ya! Bisa-bisa jualan Anda rugi nantinya.

6. Puasa Sunnah

Nah, bagi Anda yang ingin mengumpulkan uang untuk ditabung, Anda bisa memanfaatkan momen di hari Senin dan juga Kamis. Disini Anda harus melakukan puasa sunnah setiap hari Senin dan Kamis. Apabila hal itu dilakukan, dua hari uang Anda tidak akan terpakai, lumayan banget kan bila Anda melakukan puasa sunnah ini.

Supaya Anda tidak merasa kelaparan dan tidak tergoda oleh teman-teman Anda yang sedang makan. Anda bisa melakukan hal-hal yang bermanfaat seperti berkunjung ke perpustakaan, sholat, dan lain-lain. Selain uang Anda terkumpul, Anda juga sudah mengumpulkan pahala sedikit-demi sedikit untuk tabungan kelak di akhirat nanti.

7. Naik Sepeda

Tips menyisihkan uang yang terakhir ialah berangkat sekolah menggunakan sepeda. Menggunakan motor atau kendaraan umum pastinya akan mengeluarkan uang untuk mengisi bahan bakar. Apabila Anda menaiki sepeda untuk berangkat ke sekolah, hanya tenaga saja yang dikeluarkan. Dengan begitu, Anda akan semakin sehat karena sudah berolahraga setiap harinya.

Baca juga:  5 Nasehat Keuangan Mark Cuban yang Patut Ditiru

Namun ingat, Anda juga harus melihat berapa jarak dari rumah Anda ke sekolah. Bila mampu dijangkau dengan sepeda, maka gunakanlah sepeda Anda. Jika tidak, lebih baik Anda menggunakan kendaraan umum atau motor sendiri.

Demikian beberapa informasi mengenai 7 tips jitu menabung uang untuk tingkat pelajar!. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih. Jangan lupa juga baca tips mengelola keuangan untuk tingkat pelajar.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan FacebooK

Komentar