Beranda Keuangan 7 Tips Keuangan untuk Pengusaha Ketika Memulai Startup

7 Tips Keuangan untuk Pengusaha Ketika Memulai Startup

Tips Keuangan
Image: Pixabay

Apakah kamu ingin memulai startup?, Tentu sebelum memulai bisnis ini kamu harus tahu tips keuangan agar bisnis berjalan sesuai harapan.

Dari berbagai artikel yang saya baca hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan Ketika memulai bisnis adalah manajemen keuangan, karena ini sangat sensitif terhadap perusahaan, bisnis tanpa uang maka tidak bisa jalan.

Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips keuangan yang saya kumpulkan dari beberapa artikel internasional yang saya baca, semoga bermanfaat ya. Berikut ini ulasannya.

1. Manajemen arus kas adalah kuncinya

Kebanyakan bisnis startup gagal disebabkan oleh banyak hal, tapi yang umum terjadi bisnis startup rugi karena kehabisa uang. Kamu harus tahu darimana sumber pemasukan datang dan kamu kemanakan uangnya.

Jika kamu tidak peduli tentang arus kas bisnis, kamu sedang memposisikan bisnis pada keadaan yang sangat berbahaya. Tidak peduli seberapa bagus ide bisnis, tapi jika kehabisan uang maka bersiap-siaplah bisnis kamu akan bangkrut.

2. Lacak dan pantau semua pengeluaran

Dengan bisnis startup yang baru, maka akan banyak biaya yang datang dari setiap sudut. Mempekerjakan staf untuk menghandle pembukuan di awal tentu boros keuangan, saya lebih menyarankan untuk menyewa aplikasi akuntasi yang banyak bertebaran di internet.

Tidak hanya bisa membantu kamu untuk memanajemen keuangan, tapi juga akan memberikan kemudahan Ketika membayar pajak nanti. Ketika perusahaan sudah semakin berkembang dan pengelolaan keuangan sudah semakin kompleks, maka kamu perlu mempekerjakan orang professional dalam bidang akuntansi.

Baca juga:  9 Pekerjaan Sampingan Pada Musim Hujan: Beberapa Bisa Menghasilkan Uang Ratusan Ribu Perbulan

3. Batasi biaya tetap kamu di awal memulai bisnis

Pada saat memulai sebuah startup, menghemat pengeluaran adalah kunci agar bisnis kamu bisa bertahan lama. Kamu tidak perlu kantor yang besar, mewah atau menyiapkan ketring tiga kali sehari.

Beroperasi seadanya dulu sehingga kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk mengembangkan bisnis, kalau bisnis kamu sudah maju sila wujudkan semua apa yang kamu mahu.

Sangat banyak startup berfokus pada hal yang salah – seperti menghabiskan uang untuk membangun kantor yang mewah – sehingga lupa bahwa pendapatan kantor harus menjadi prioritas utama.

4. Tetap optimis tapi persiapkan untuk hal-hal buruk

Kamu tidak akan pernah tahu apa yang bisa terjadi Ketika memulai sebuah bisnis, jadi hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mempersiapkan diri untuk situasi yang buruk. Jangan keluar dari pekerjaan utama hingga bisnis kamu sekarang betul-betul bisa memberikan pendapatan tetap yang lebih besar dari pekerjaan utama.

Buat tabungan darurat untuk keperluan pribadi dan bisnis, walaupun kamu tidak akan terlalu siap untuk situasi yang buruk. Sedihnya, hal buruk tetap akan terjadi, bahkan bisa lebih sering dari perkiraan kamu.

Sebagai seorang pengusaha, kamu bertanggung jawab untuk persiapan pensiunan kamu nanti, jadi Ketika memulai bisnis pertimbangkan untuk membuka tabungan pensiun seperti BPJS Pensiun (JP) dan lakukan investasi, sekalipun investasinya dalam jumlah kecil. Lebih baik kecil daripada tidak sama sekali.

5. Setiap menit waktu kamu bernilai uang

Seperti yang kamu tahu: Waktu adalah uang.

Tidak ada yang lebih bernilai selain waktu. Kamu mempunyai banyak waktu kosong, jadi manfaatkan waktu tersebut untuk mempersiapkan jadwal kamu dan tugas sehari-hari. Setiap menit yang kamu habiskan bukan untuk bisnis adalah membuang waktu percuma.

Baca juga:  Cara Kelola Uang Usaha Untuk Wiraswasta Yang Baik

6. Pastikan kamu membayar diri kamu

Kamu bekerja keras dan penuh dedikasi untuk bisnis kamu, masak tidak ada makanan sama sekali di meja makan – kamu perlu membayar diri kamu (reward yourself). Kamu tidak perlu mengambil gaji yang besar di awal memulai bisnis, tapi pastikan kamu cukup membayar diri kamu untuk hidup.

Berikan hidup yang nyaman untuk diri kamu dan fokuslah membangun bisnis. Ketika kamu sudah berhasil keluar dari tekanan finansial, ini akan membantu kamu untuk lebih fokus pada bisnis. kamu tidak bisa makan indomie tiap hari. Hadiahi diri kamu sekali-kali dengan liburan yang sederhana tapi nyaman.

7. Tetapkan tujuan keuangan

Bukan hanya sekedar berkata, “Saya ingin membangun perusahaan yang nilainya triliunan,” untuk mewujudkan itu kamu perlu memecah tujuan keuangan dan menjadi tujuan yang dapat dicapai dan terukur.

Tujuan pendapatan baik bulanan, mingguan bahkan harian sekalipun kamu tetap harus berada pada jalur yang benar dan buat penyesuaian keuangan untuk perkembangan yang konstan.

Kamu bisa juga membuat goal yang harus dicapai tiap hari, dengan begitu kamu akan lebih sering mencapai tujuan tersebut. Dengan mencapai tujuan-tujuan kecil akan memberikan kamu kepercayaan diri untuk tetap berkembang.

Itu dia artikel tentang 7 Tips Keuangan untuk Pengusaha Ketika Memulai Startup, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga Cara Memulai Bisnis, Ikuti 7 Langkah Berikut Tanpa Modal dan Pengalaman.

Disclaimer: Postingan ini hanya untuk tujuan informasi saja. Postingan ini tidak boleh dianggap sebagai nasehat keuangan. Kamu tetap harus konsultasi dengan penasihat keuangan professional untuk menentukan tujuan keuangan yang betul-betul kamu butuhkan.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Baca juga:  10 Tips Menabung Uang Agar Cepat Kaya
Artikel sebelumnyaCara Memulai Bisnis, Ikuti 7 Langkah Berikut Tanpa Modal dan Pengalaman
Artikel selanjutnyaCiri-Ciri Calon Miliarder, Berikut 8 Karakteristik yang Dimilikinya
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar