Beranda Bisnis Tips Membuka Usaha Online Lewat Smartphone Android

Tips Membuka Usaha Online Lewat Smartphone Android

Tips Membuka Usaha Online Lewat Smartphone Android
Image: Pixabay

Apakah Anda ingin membuka usaha online tapi tidak mempunyai komputer?, Tenang karena kamu bisa menggunakan smartphone kok.

Banyak orang beranggapan bahwa bisnis online hanya bisa dijalankan melalui komputer saja. Anggapan itu saat ini sangat tidak benar. Seorang pebisnis online bisa menjalankan bisnisnya hanya bermodal smartphone saja.

Segala kegiatan yang dilakukan melalui komputer hampir semuanya bisa dilakukan menggunakan smartphone. Jadi Anda tak perlu minder jika ingin membuka bisnis online namun tidak memiliki komputer ataupun laptop. Manfaatkan saja smartphone yang dimiliki, dengan kuota internet yang cukup, bisnis online sudah bisa dijalankan.

Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk menjalankan bisnis online menggunakan smartphone diantaranya :

1. Manfaatkan Media Sosial

Pengguna smartphone pasti tidak asing lagi dengan yang namanya media sosial. Ada banyak jenis media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan sebagainya. Manfaatkan media sosial ini sebagai alat untuk memasarkan produk atau layanan Anda.

Tak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan platform ini, semuanya bisa digunakan dengan mudah. Kesempatan ini bisa dicoba jika Anda tidak memiliki budget untuk beriklan berbayar. Di Instagram dan Twitter ada fasilitas hashtag yang bisa digunakan, sementara di Facebook ada fasilitas berupa grup. Hal ini menunjukan bahwa bisnis online sangat mungkin dijalankan hanya menggunakan smartphone saja.

2. Jadikan Kontak Di Whatsapp Sebagai Terget Pasar

Hampir semua pengguna smartphone pasti memakai aplikasi chatting berupa Whatsapp. Seseorang bisa berkomunikasi dengan orang lain setelah menyimpan nomor Whatsapp masing-masing. Jika diamati, hal tersebut sebenarnya menjadi peluang bagi Anda yang memiliki bisnis.

Baca juga:  Cara Mudah Berjualan Online yang Sudah Terbukti Efektif

Apalagi di aplikasi tersebut memiliki fitur berupa status dimana pengggunanya bisa membuat sebuah status yang nantinya bisa dilihat oleh orang lain yang saling menyimpan nomor Whatsappnya. Semakin banyak kontak yang saling simpan, tentu status akan lebih banyak dilihat. Ini bisa dijadikan tempat Anda untuk berpromosi secara gratis.

3. Tingkatkan Pelayaan Dengan Aplikasi Chatting

Dalam sebuah bisnis, pelayanan harus benar-benar diperhatikan. Kenyamanan dari pembeli maupun calon pembeli harus dijaga dengan membalas pesan mereka dengan cepat. Hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone melalui aplikasi chatting.

Ada banyak aplikasi chatting yang bisa digunakan salah satunya Whatsapp tadi. Dengan adanya aplikasi ini, Anda akan lebih mudah dalam membalas pesan yang dikirim dari pembeli. Selain itu juga bisa digunakan sebagai media untuk follow up calon pembeli yang tak kunjung memberikan keputusan apakah mau membeli atau tidak.

4. Mengedit Foto Dari Smartphone

Bisnis online pasti tidak akan lepas dari yang namanya foto. Jika berjualan pakaian pasti harus difoto terlebih dahulu produknya sebelum dipromosikan. Namun hasil jepretan kamera biasa terkadang masih belum maksimal, sehingga perlu dilakukan editing. Hal ini bisa dilakukan langsung dengan menggunakan smartphone. Banyak aplikasi editing foto yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar.

5. Atur Keuangan Dengan Aplikasi Finansial

Agar keuangan bisnis tetap terjaga, diperlukan pengaturan keuangan yang baik. Terlebih untuk usaha yang baru dirintis. Jangan sampai usaha Anda gagal karena kesalahan manajemen keuangannya.

Banyak aplikasi smartphone yang berguna untuk hal ini, Anda bisa mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan mudah. Jadi nantinya Anda bisa mengecek mengenai keadaan keuangan bisnis dimanapun selama masih memegang smartphone yang tadinya digunakan.

Baca juga:  Punya Uang 10 Juta? Usaha Ini Saja yang Lebih Menguntungkan

Itulah beberapa tips menjalankan bisnis online menggunakan smartphone. Jangan jadikan alasan tidak memiliki komputer untuk tidak berani membuka bisnis online. Smartphone saat ini sudah canggih, apapun bisa dilakukan hanya dengan menggunakan perangkat ini.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan FacebooK.

Artikel sebelumnyaKelebihan Membuka Usaha Online Lewat Website
Artikel selanjutnya5 Jenis Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar