Beranda Keuangan Tips Mengelola Keuangan Supaya Tidak Terlalu Boros

Tips Mengelola Keuangan Supaya Tidak Terlalu Boros

Tips Mengelola Keuangan Supaya Tidak Terlalu Boros
Image: Pixabay

Dalam menjalani kehidupan dizaman sekarang pastilah tidak akan jauh-jauh dari yang namanya uang, bahkan apapun sekarang sudah di uangkan oleh manusia termasuk hal yang sering dianggap sepele yaitu buang air kecil.

Dari hal yang kecil saja sekarang sudah harus mengeluarkan uang saat sedang bepergian, apalagi yang hal besar pastilah akan banyak sekali pengeluaran yang harus dilakukan. Pengeluaran yang tidak diatur sedemikian rupa pasti akan menjadi penyebab masalah berkelanjutan.

Oleh sebab itu, mengapa mengelola keuangan itu sangat penting untuk mengurangi hal yang tidak diinginkan yaitu pemborosan yang akhirnya dapat menguras harta Anda untuk hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Nah, pada postingan kali ini Anda akan mengetahui beberapa tips dalam mengelola keuangan itu sendiri.

Tips Mengelola Keuangan Supaya Tidak Terlalu Boros

Keuangan merupakan hal yang sangat vital dalam menjalankan kehidupan didunia ini, oleh sebab itu kita sebagai manusia yang mempunyai kebutuhan dan fikiran pastinya harus bisa mengelola hal tersebut dengan baik demi keberlangsungan hidup.

Meskipun mengelola keuangan sering dianggap remeh oleh sebagian besar masyarakat yang ada saat ini, namun ternyata mengelola keuangan itu sangatlah perlu bahkan kalau seseorang itu mau, mereka rela mencari referensi untuk menambah ilmu dalam mengelola keuangan yang baik.

Dengan melakukan pengelolaan keuangan yang baik pastilah nantinya Anda akan mendapatkan kemudahan dalam urusan finansial. Tidak akan ada lagi yang namanya kebingungan dalam memenuhi kebutuhan kehidupan. Langsung saja simak dibawah ini.

Baca juga:  7 Tips Menabung Uang Agar Cepat Terkumpul

1. Memahami perbedaan kebutuhan dengan keinginan

Di dalam pengeluaran pasti ada yang namanya kebutuhan dan ada juga yang namanya keinginan. Bagi Anda yang ingin mengelola keuangan dengan baik, Anda harus bisa membedakan antara keduanya, jangan sampai semuanya dianggap kebutuhan semata.

Pada intinya, kebutuhan adalah segala sesuatu yang harus Anda penuhi untuk menjalani kehidupan ini. Berbeda dengan keinginan yang berarti segala sesuatu yang tidak harus Anda penuhi namun jika Anda penuhi maka Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri dari hal tersebut.

Setelah Anda mengetahui mana hal yang menjadi kebutuhan dan mana hal yang menjadi keinginan, urusan mengelola keuangan akan semakin mudah karena bisa meminimalisir terjadinya pemborosan, kecuali Anda memang tidak ingin tau mengenai hal tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari memahami hal tersebut yaitu Anda menjadi bisa menahan diri untuk membeli sesuatu dan lebih memikirkannya terlebih dahulu sebelum memutuskan.

2. Selalu membagi persentase pengeluaran

Jika Anda memang menginginkan urusan keuanganmu menjadi lancar dan tidak tersendat, mulai sekarang Anda harus membagi urusan keuanganmu dengan persentase-persentase yang ada.

Misalkan setiap Anda mendapatkan gaji bulanan, Anda membuat persentase untuk kebutuhanmu sebesar 40%, investasi masa depan sebesar 20%, hal keinginan sebesar 20%, dan juga untuk tabungan sebesar 20%.

Dengan cara seperti itu, Anda bisa mengukur mengenai keuanganmu dengan mudah tanpa harus repot-repot menghitung dari awal hingga akhir yang malah akan membuatmu merasa terbebani.

3. Berani katakan tidak pada hutang

Berhutang sebenarnya tidaklah terlalu buruk, namun dalam konteks untuk memenuhi kebutuhan yang sangat mendadak, bukannya untuk memenuhi kebutuhan biasa apalagi hanya untuk memenuhi keinginan semata.

Baca juga:  7 Cara Mengelola Keuangan Perusahaan Supaya Tidak Mengalami Kebangkrutan

Dengan tidak melakukan hutang Anda berarti sudah mulai bisa menjaga langkah awal yang baik dalam mengelola keuangan, karena jika Anda berhutang bukan hanya hutang yang harus Anda bayarkan namun dengan bunganya yang pasti akan diterbitkan oleh si pemberi pinjaman.

Namun, jika Anda memang harus melakukan hutang dikarenakan suatu kebutuhan yang sangat mendadak, Anda harus bisa memilih nominal dan tempat untuk meminjam dengan tepat dan pastinya tidak terburu-buru.

Jangan sampai Anda berhutang melebihi kebutuhanmu apalagi melebihi jumlah kemampuanmu dalam mengembalikan hutang tersebut yang nantinya akan berdampak buruk kepada urusan finansialmu dimasa mendatang.

4. Hindari pembelian yang berlebihan

Dalam tips yang satu ini Anda harus bisa menahan diri dalam urusan pembelian suatu barang ataupun jasa. Misalkan Anda membutuhkan tas baru untuk keperluan sehari-hari, Anda harus bisa menahan diri dan berfikir dengan matang.

Menahan diri disini berarti Anda harus selektif dalam memilih suatu produk dan pastinya harus selalu mengingat tujuan utamamu membeli tas baru itu seperti apa. Pastinya fungsi tas untuk menyimpan barang bukan? Nah, tanamkan terlebih dahulu tujuan itu didalam pikiranmu.

Dengan menanamkan hal seperti itu, Anda menjadi tidak terlalu memikirkan mengenai brand-brand yang harus tinggi dan mendunia. Memang tidak ada salahnya membeli produk dari brand dengan nama yang sudah mendunia, tapi Anda juga harus menyadarkan dirimu terlebih dahulu.

Jika kondisi keuanganmu belum terlalu banyak lebihnya, Anda harus pintar dalam mengelola keuangan, salah satunya dengan jangan terlalu terpaku dengan brand namun terpakulah dengan tujuanmu dalam membeli sebuah barang atau jasa.

Banyak sekali cara mengelola keuangan itu sendiri mulai dari diri sendiri hingga kepada seluruh anggota keluarga apabila saat ini Anda sudah dalam keadaan berkeluarga. Seperti tips-tips yang sudah dijelaskan sebelumnya, intinya Anda harus pandai-pandai dalam mengelola uang.

Baca juga:  7 Tips Keuangan untuk Pengusaha Ketika Memulai Startup

Dari tips-tips tersebut, jika Anda fahami dan lakukan dengan baik dan pastinya konsisten pastilah akan membuahkan hasil yang baik pula. Apalagi jika Anda sudah bisa mengetahui dan memahami dengan jelas, urusan finansial akan jadi lebih mudah.

Itulah artikel mengenai tips mudah dalam mengelola keuangan yang baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi sekaligus referensi dalam mengelola keuangan dalam kehidupan ini. Jangan lupa baca cara mengatur keuangan keluarga.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan FacebooK.

Komentar