Beranda Keuangan 6 Tips Mengelola Keuangan Yang Baik Untuk Tingkat Pelajar

6 Tips Mengelola Keuangan Yang Baik Untuk Tingkat Pelajar

6 Tips Mengelola Keuangan Yang Baik Untuk Tingkat Pelajar
Image: Pixabay

Apakah Anda sudah mengatur keuangan Anda dengan baik? Mengatur keuangan menjadi salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan, baik itu untuk kalangan pelajar, karyawan dan lain-lain. Anda harus meninggalkan hal-hal yang tidak diperlukan agar bisa mengelola keuangan dengan baik. Komitmen yang tinggi harus ada pada diri Anda supaya dapat mengaturnya dengan baik.

Bagi para pelajar, mengelola keuangan bisa dibilang susah-susah gampang. Tergantung dari diri anda sendiri apakah bisa melakukannya atau tidak. Biasanya para pelajar menginginkan suatu hal untuk dibeli, namun tidak mempunyai uang untuk membelinya. Hal inilah yang sering menjadi kendala bagi tingkat pelajar. Untuk itu, Anda harus mengelola keuangan dengan baik supaya uang Anda bisa terkumpul dan bisa membeli apa yang diinginkan.

Ada beberapa tips mengelola keuangan yang dapat dilakukan oleh anak-anak tingkat pelajar. Baik itu anak SD, SMP, SMA, maupun mahasiswa, tips ini sangat penting untuk diterapkan bagi Anda. Berikut ini adalah 6 tips mengelola keuangan yang baik untuk tingkat pelajar.

1. Kontrol Uang Anda

Langkah yang pertama harus Anda lakukan ialah mengontrol keuangan Anda. Gunakan uang untuk hal-hal yang bermanfaat, pastikan Anda tidak tergiur dengan hal-hal yang dapat membuang uang Anda secara sia-sia. Biasanya hal ini sulit sekali untuk dihindari ketika Anda sedang berjalan-jalan dengan teman. Apabila teman Anda membeli sesuatu, pastinya Anda juga ingin sekali membelinya.

Untuk itu, Anda harus mengontrol sebaik mungkin keuangan Anda. Biarkan saja teman Anda yang membeli sesuatu, Anda jangan sampai terpancing untuk membelinya juga. Dengan begitu, keuangan Anda akan semakin terkelola dengan baik.

Baca juga:  10 Tips Menabung Uang Agar Cepat Kaya

2. Menghargai Uang Sekecil Apapun

Sekecil apapun uang pemberian orang tua, Anda harus menghargainya. Anda tidak tahu bagaimana orang tua Anda mencari uang, jeripayah mereka sangat berharga. Untuk itu, Anda harus menghargai berapapun nominal yang diberikan. Disini anda harus memanfaatkan dengan baik uang tersebut, bahkan jika bisa untuk ditabung maka tabunglah.

Selain menghargai uang yang diberikan oang tua, Anda juga harus menghargai uang kecil (receh). Biasanya orang-orang menyepelekan uang receh dan lebih memilih untuk dibuang atau ditukar dengan permen. Apabila Anda menghargainya, maka simpanlah uang tersebut kemudian Anda tabung. Dengan tak terasa, pundi-pundi uang akan terkumpul sedikit demi sedikit dan lama-lama uang Anda akan menjadi bukit.

3. Membuat Rekening Tabungan

Saat ini di Indonesia sudah menerapkan sistem menabung untuk tingkat pelajar. Jadi, bagi para pelajar sudah bisa memiliki rekening tabungan. Jumlah nominal uang yang ditabung pun sekarang sangat efektif untuk dilakukan para pelajar, Anda bisa menabung dengan sisa uang saku Anda ke bank. Dengan begitu, uang yang sudah ditabung nantinya bisa dijadikan modal usaha apabila lulus nanti.

Langkah ini sangat efektif sekali untuk dilakukan, dengan menabung di bank, uang Anda akan tersimpan dengan aman. Orang tua Anda pun akan bangga apabila uang tabungan Anda sudah terkumpul banyak. Anda tinggal memutuskan untuk apa uang yang sudah ditabung nantinya. Pastikan uang Anda digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat supaya kedepannya menjadi lebih baik.

4. Disiplin

Tips mengelola keuangan yang selanjutnya ialah disiplin. Pada aturan disiplin kali ini Anda harus komitmen dalam melakukan suatu hal. Misalkan Anda akan menabung setiap hari sebesar Rp. 5000, maka Anda harus melakukannya setiap hari tanpa ada ganjalan sedikitpun. Apabila kesulitan, Anda jangan menganggarkan jumlah uang yang akan ditabung. Berapapun nominalnya, yang terpenting adalah Anda disiplin menabung setiap harinya.

Baca juga:  Ini dia Cara Mengelola Uang Bagi Kaum Milenial!

Dengan kedisiplinan yang tinggi dalam mengelola keuangan akan membuat Anda lebih giat dan bekerja keras supaya uang Anda terkumpul. Suatu saat pastinya Anda akan membutuhkan uang yang akan ditabung bila membutuhkan. Maka dari itu, mengelola keuangan sangatlah penting untuk dilakukan khususnya para tingkat pelajar.

5. Mencari Penghasilan

Jaman sekarang sudah semakin canggih, para tingkat pelajar kini didukung dengan adanya smartphone. Melalui smartphone ini, Anda bisa mencari penghasilan tambahan secara online. Seperti halnya adalah jualan online, jenis usaha yang satu ini sangat cocok untuk dilakukan para pelajar. Baragam jenis jualan online bisa Anda lakukan seperti menjual pakaian, sepatu, tas, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga bisa berjualan makanan di sekolahan. Jual makanan Anda ke teman-teman Anda, jika perlu jual ke seluruh kelas yang ada di jam istirahat. Selain itu, Anda juga dapat menitipkan makanan yang akan dijual ke salah satu penjual kantin. Disini Anda bisa melakukan negosiasi masalah keuntungan yang bisa didapatkan.

6. Shodaqoh

Apabila semua usaha sudah dilakukan, tips mengelola keuangan yang terakhir yaitu shodaqoh. Langkah ini ditujukan untuk membantu siapapun orang-orang yang membutuhkan bantuan kita. Dengan melakukan shodaqoh, rejeki Anda akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Selain sebagai celengan di dunia, shodaqoh juga dapat menjadikan celengan amal kelak di akhirat.

Shodaqoh diperuntutkan untuk orang-orang yang membutuhkan seperti para pengemis jalanan, anak-anak yatim piatu, orang-orang jompo, dan lain-lain. Jangan sampai Anda tidak menyisihkan harta Anda untuk berbagi kepada sesama manusia. Dengan begitu, keuangan Anda nantinya akan menjadi berkah dan akan terus mengalir setiap saat.

Demikian beberapa informasi mengenai 6 tips mengelola keuangan yang baik untuk tingkat pelajar. Dengan mengelola keuangan yang baik, uang Anda akan terkumpul dan bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih penting kedepannya. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Jangan lupa baca juga tips menghemat uang untuk para pelajar. terima kasih.

Baca juga:  Cara Hidup Senang Tanpa Harus Bingung Memikirkan Hutang

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya10 Cara Mengatur Gaji Bulanan Supaya Lebih Hemat
Artikel selanjutnya10 Tips Menabung Uang Agar Cepat Kaya
An ordinary people who love to write something that's i love.

Komentar