Beranda Bisnis Tips-Tips Memulai Bisnis Bagi Anak Muda Jaman Sekarang

Tips-Tips Memulai Bisnis Bagi Anak Muda Jaman Sekarang

Tips-Tips Memulai Bisnis Bagi Anak Muda Jaman Sekarang
Image: Pixabay

Menjadi pengusaha tidaklah mudah, anda harus bekerja keras dan optimis apapun yang terjadi terhadap usaha Anda, namun tidak hanya itu saja, terdapat beberapa tips yang harus Anda terapkan agar berhasil menjadi pengusaha sukses di usia muda.

Indonesia masuk ke dalam daftar 10 negara dengan penduduk terbanyak di dunia dengan menempati posisi ke empat. Namun hal itu tak sebanding dengan jumlah pengusaha yang sukses merintis bisnisnya.

Saat ini jumlah pengusaha di Indonesia berjumlah 8,06 juta orang, dengan angka tersebut terbilang masih rendah. Negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, jumlah pengusahanya masing-masing mencapai 7% dan 5% dari jumlah penduduknya.

Dengan adanya data tersebut seharusnya sudah dapat memancing kesadaran diri anak muda sekarang mau menjadi pengusaha, tidak terpaku dengan ingin bekerja di perusahaan besar.

Terkadang mental anak muda masih belum mampu untuk menerima kegagalan dalam bisnis sehingga memilih bekerja di perusahaan lain. Tapi tunggu dulu, beberapa tips ini bisa membantu kalian untuk bisa menjadi pengusaha muda.

Tips Untuk Bisa Menjadi Pengusaha Di Usia Muda

1. Lakukan Apa Yang Kamu Sukai

Menjadi seorang pengusaha harus mengetahui secara mendalam seluk-beluk bisnis yang akan dijalankan. Anak muda bisa memanfaatkan hobi mereka sebagai jembatan untuk memulai bisnis. Ini akan menimbulkan semangat yang lebih karena bisnisnya tak jauh-jauh dari kehidupan mereka.

Target pasar, relasi yang berkaitan, pengenalan usaha akan lebih mudah untuk dikuasai. Mereka juga akan lebih cepat menguasai pasar karena sudah mengerti dan paham tentang usahanya.

Baca juga:  Tips Meningkatkan Daya Saing Bisnis Kuliner

Jangan pernah gengsi untuk mencoba bisnis yang sering dianggap sebelah mata. Bisnis ternak ikan, penjualan alat pancing, toko perlengkapan olahraga, menjadi contoh bisnis yang berasal dari sebuah hobi. Bisnis seperti itu masih jarang yang menjalani, ini menjadi kesempatan bagi anak muda untuk mencoba berbisnis.

2. Mengerti Akan Minat Anda

Sebagian anak muda didorong oleh orangtua mereka untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Terkadang hal itu membuat anak muda tidak nyaman, karena memiliki minat yang berbeda dengan orangtua.

Banyak dari mereka merasa kehidupan akademik tidak cocok, ini menjadi tantangan bagi mereka apakah berani untuk meninggalkan kehidupan tersebut. Dalam posisi seperti ini, Anda harus memahami minat Anda sebenarnya. Segera memulai berbisnis jika Anda masih memiliki minat untuk menjadi pengusaha.

3. Berani Melakukan Inovasi

Anak muda masih memiliki pikiran yang segar dan cerdas. Mereka dapat menemukan hal baru yang bisa dijadikan ladang bisnis.

Dorongan jaman juga membuat anak muda harus bisa berinovasi karena persaingan bisnis sekarang sangatlah ketat. Dengan inovasi ini, bisnis yang akan dijalankan memiliki ciri khas untuk bersaing di pasar.

Konsumen sekarang juga menyukai hal-hal yang baru, anak muda tidak bisa berpaku pada bisnis yang sudah banyak dilakukan orang, itu pola pikir yang usang. Pikirkan secara matang bisnis apa yang akan dicoba, jangan lupa gunakan strategi dan pahami pasar yang akan dituju.

4. Manajemen Waktu Yang Baik

Waktu sering menjadi kendala anak muda untuk menyalurkan minatnya dalam berbisnis. Saat ini Anda mungkin masih disibukkan dengan urusan di sekolah ataupun perguruan tinggi. Tapi perlu disadari, minat Anda dalam berbisnis jangan sampai ditinggalkan.

Baca juga:  Tips Mudah untuk Sukses Mengembangkan Usahamu

Sadarkan diri Anda bahwa pendidikan dan bisnis itu sama pentingnya. Sehingga untuk memanajemen waktu dapat dilakukan dengan baik. Susun rencana keseharian Anda, bagi waktu antara pendidikan dan bisnis, waktu Anda tak akan terbuang jika melakukan hal ini.

Bisnis bisa dilakukan saat masih menempuh pendidikan, sehingga ketika sudah tamat, bisnis tersebut bisa lebih fokus dijalankan. Lakukan persiapan sedini mungkin jika memang memiliki minat dalam berbisnis.

5. Tetap Objektif Dalam Berbisnis

Dalam berbisnis, anak muda memang memiliki ambisi yang besar. Banyak dari mereka membayangkan akan mendapatkan hal yang besar dalam bisnisnya. Hilangkan pola pikir yang sering berandai-andai, Anda harus tetap objektif dalam berbisnis. Perhatikan kualitas bisnis Anda, sesuaikan dengan keinginan pasar jika ingin menjadi besar. Layaknya bayi, yang harus merangkak terlebih dahulu sebelum bisa berdiri dengan tegak.

Sama seperti bisnis, harus dijalankan dari bawah kemudian perlahan naik hingga mencapai kesuksesan besar. Ini menjadi penting bagi anak muda sekarang yang ingin menjadi seorang pengusaha.

6. Manfaatkan Teknologi

Saat ini, bisnis tak akan lepas dari sebuah teknologi. Apapun jenis bisnisnya, teknologi mampu membantu segala operasionalnya. Gunakan teknologi yang sering digunakan dalam keseharian untuk membantu bisnis Anda.

Sosial media seperti Facebook, Instagram hingga Youtube dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan bisnis yang tengah dijalani. Ini bukan hal yang sulit untuk dilakukan Anak muda, sehari-hari mereka juga menggunakan media tersebut.

Anda dapat membantu reputasi bisnis Anda sehingga akan membantu ketika memasuki pasar yang lebih besar. Jadi anak muda harus memanfaatkan teknologi untuk keperluan perkembangan bisnis.

7. Belajar Dengan Mentor

Meski dalam berbisnis, semuanya bergerak secara dinamis, namun pengalaman tetap akan sangat membantu. Anda dapat belajar dengan mentor yang telah sukses terlebih dahulu dalam berbisnis. Pengalamannya sangat diperlukan Anda yang masih pemula dalam berbisnis.

Baca juga:  Punya Uang 10 Juta? Usaha Ini Saja yang Lebih Menguntungkan

Anda dapat mempertimbangkan saran-sarannya sebelum memutuskan sesuatu. Akan tetapi tak semua saran dari mentor harus diterima, Anda juga bisa menentang sarannya sehingga jiwa kemandirian Anda tidak hilang. Dengan begitu, keseriusan mentor dalam membimbing Anda akan teruji.

Seorang mentor akan rela berdebat dengan Anda jika memiliki pendapat yang berbeda. Tujuannya bukan lain untuk melatih Anda untuk terus berfikir, karena bagaimanapun bisnis yang Anda kelola tidak bisa terus bergantung kepada mentor.

Untuk menjadi pengusaha, anak muda harus mau menerima dan menjalankan tips-tips yang dapat membantu mereka untuk mewujudkan keinginannya. Jangan menutup diri untuk menerima saran dari orang lain, karena sangat diperlukan untuk bisa menjadi pengusaha muda.

Itu dia artikel tentang Tips-Tips Memulai Bisnis Bagi Anak Muda Jaman Sekarang, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga tips ampuh memulai bisnis untuk para pemula.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan FacebooK.

Artikel sebelumnyaTips Mudah untuk Sukses Mengembangkan Usahamu
Artikel selanjutnyaBisnis Budidaya Ikan Air Tawar Yang Menguntungkan
Everyday in dreaming, may Allah make my dream come true;)

Komentar