Beranda Bisnis Tips Mudah Menjalankan Bisnis Lewat WhatsApp

Tips Mudah Menjalankan Bisnis Lewat WhatsApp

Tips Mudah Menjalankan Bisnis Lewat WhatsApp
Image: Pixabay

Whatsapp merupakan salah satu media sosial yang sampai saat ini terus populer di kalangan masyarakat. Whatsapp digunakan sebagai alat komunikasi antara pengguna satu dengan pengguna lainnya apabila mereka saling menyimpan kontak antara satu sama lain. Selain sebagai alat komunikasi, whatsapp sekarang sudah lebih modern dan bisa dijadikan sebagai alat bisnis.

Whatsapp sekarang bisa dimanfaatkan sebagai alat bisnis dimana anda sekarang dapat berinteraksi dengan konsumen dengan menggunakan versi whatsapp yang satu ini. Nah, bagi anda yang ingin menjalankan bisnis, sebaiknya anda menggunakan whatsapp business agar lebih fokus ke bisnis anda. Tidak seperti biasanya, bisnis menggunakan whatsapp sedikit berbeda bila dibandingkan dengan bisnis lainnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara menjalankan bisnis lewat whatsapp. Berikut adalah beberapa tips yang harus anda lakukan :

1. Mengunduh Whatsapp Business

Apabila anda ingin berbisnis menggunakan whatsapp, sebaiknya anda mengunduh jenis whatsapp yang satu ini terlebih dahulu. Hal itu supaya bisnis anda tidak terganggu dengan chattingan-chattingan tidak penting dari orang lain. Selain itu, bisnis menggunakan whatsapp yang satu ini dapat membuat anda lebih fokus dalam menjalankan bisnis yang akan dilakukan.

2. Ubah Profil Bisnis

Langkah yang selanjutnya yaitu mengubah profil bisnis anda. Untuk melakukannya, anda bisa masuk ke menu settings – business settings. Disini anda harus mengubah alamat, jam buka, profl dan lain-lain sesuai dengan keinginan anda. Isilah sesuai dengan bisnis yang anda jalankan seperti lokasi, foto dan lain sebagainya. Bila sudah, langsung saja klik tombol save.

Baca juga:  5 Jenis Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menjanjikan Dimasa Depan

3. Lihat Statistik Pesan

Langkah yang selanjutnya ialah melihat statistik pesan pada whatsapp business anda. Lihat pesan apa saja yang masuk ke akun whatsapp business dengan cara klik tombbol settings, kemudian klik tombol statistik. Cara ini akan membuat anda lebih mudah dalam melihat pesan-pesan yang masuk. Disini anda bisa membukanya dari pesan yang paling awal masuk terlebih dahulu.

4. Perbanyak Teman

Bila whatsapp bussiness sudah tertata dengan rapi, langkah selanjutnya yaitu memperbanyak jumlah teman. Cara ini mungkin sedikit sulit untuk dilakukan, namun dengan perlahan, anda akan mendapatkan hasilnya nanti bila teman anda sudah semakin banyak. Anda juga bisa meminta teman anda untuk mempromosikan bisnis milik anda.

5. Bergabung Grup Whatsapp

Begabung grup-grup whatsapp sangatlah perlu untuk dilakukan dalam menjalankan bisnis anda. Anda bisa bergabung grup sebanyak mungkin, disitulah menjadi kesempatan anda untuk saling berbagi informasi dan menanyakan apa yang belum anda ketahui mengenai bisnis yang dijalankan. Dengan begitu, bisnis anda akan berjalan dengan rapi.

Apabila anda sudah mendapatkan banyak pelanggan yang profesional, anda bisa membuat grup whatsapp sendiri khusus untuk bisnis anda. Anda bisa menyampaikan informasi dengan mudah tanpa harus menghubungi satu per satu. Kecuali bila informasi bersifat pribadi, anda tidak harus menyampaikannya melalui grup. Cara ini wajib anda lakukan bila bisnis anda ingin berhasil.

6. Upload Setiap Hari

Tips yang selanjutnya yaitu mengupload bisnis yang anda jalankan setiap hari. Upload produk-produk terbaru yang muncul setiap harinya meskipun anda hanya mengupload 1 gambar saja. Hal ini dilakukan supaya konsumen percaya dengan bisnis yang anda lakukan. Dengan begitu, orang yang biasanya lupa menghubungi kontak anda akan teringat bila anda memposting gambar.

Baca juga:  Lirik Legitnya Bisnis Pancake Durian Manis Asli Medan

Hampir semua bisnis online sekarang dihubungkan dengan media whatsapp. Bisnis dengan memanfaatkan whatsapp akan memberikan keuntungan yang besar untuk anda. Hal itu dikarenakan komunikasi melalui whatsapp terbilang lebih mudah bila dibandingkan dengan media sosial lainnya.

Mungkin itu saja beberapa informasi mengenai cara menjalankan bisnis lewat whatsapp yang dapat saya sampaikan, terima kasih. Jangan lupa baca juga teknik marketing menggunakan whatsapp.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar