Beranda Bisnis Tips Sukses Memulai Bisnis, Berikut 10 Hal yang Bisa Pemula Lakukan

Tips Sukses Memulai Bisnis, Berikut 10 Hal yang Bisa Pemula Lakukan

Tips Sukses Memulai Bisnis

Orang terkaya di dunia semua datang dari kalangan pebisnis, belum pernah ada orang terkaya di dunia datang dari kalangan karyawan. Nah, jika Anda ingin sukses sila memulai bisnis, tapi menurut Small Business Association (SBA) sebanyak 30% dari bisnis baru gagal mencapai tahun keduanya.

Terkadang bisnis tidak selalu berjalan lancar, pasti ada hambatannya, seperti kata orang ada jatuh bangunnya. Disaat Anda terjatuh jadikanlan itu sebagai pelajaran agar tidak terulang lagi. Dengan Anda belajar dari pengalaman kegagalan sebelumnya maka akan semakin besar kemungkinan bisnis Anda sukses.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menerapkan tips sukses memulai bisnis berikut agar bisnis Anda sukses.

1. Fokus pada satu peluang bisnis

Semakin berkembangnya zaman maka semakin banyak pula bermunculan bisnis-bisnis model terbaru. Anda cukup mudah untuk menemukan satu ide bisnis hanya dengan mencari referensi di internet lalu tinggal kamu kembangkan, atau bahasa lainnya AMT (Amati Tiru dan Modifikasi).

Dikarenakan mudah untuk mencari referensi, sehingga banyak ide-ide baru muncul di pikiran kita dari hasil membaca referensi tersebut, lalu mendorong kita untuk melakukan ide tersebut dalam waktu bersamaan. Dan ternyata apa yang Anda lakukan adalah salah besar, karena kalau Anda melakukan banyak bisnis dalam waktu bersamaan tentu akan memecahkan konsentrasi sehingga membuat bisnis Anda susah untuk berkembang dan bahkan bisa bangkrut.

Oleh karena itu, saran dari saya Anda harus fokus pada salah satu bisnis tersebut hingga maju dan menghasilkan income yang stabil lalu baru Anda boleh fokus pada bisnis lain.

2. Lakukan hal yang kamu sukai

The only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it yet, keep looking. Don’t settle. -Steve Jobs

Seperti quote Steve Jobs di atas, caranya melakukan sesuatu hal luar biasa hanyalah dengan mencintai apa yang kamu lakukan. Jika Anda memulai bisnis, pilihlah bisnis sesuai hobi Anda, biasanya bisnis yang dimulai dengan hobi akan disertai dengan pemahaman yang kuat dan mencintai.

Baca juga:  5 Rahasia Memulai Bisnis dari Buku Like a Virgin

Jangan geluti bisnis karena mengikut trend, biasanya bisnis yang mengikuti trend akan kehilangan pelanggan Ketika trend tersebut sudah habis. Sebagai contoh, di pertengahan tahun 2020 sedang ngetrend bersepeda, dan pengusaha-pengusaha baru yang menjual sepeda sudah mulai bermunculan, saya yakin suatu hari trend bersepeda ini akan hilang dan pengusaha sepeda akan gulung tikar.

3. Kuasai segalanya tentang bisnis kamu

If you don’t understand the details of your business you are going to fail. – Jeff Bezos

Seperti kata orang terkaya di dunia, jika Anda tidak mengerti secara detail tentang bisnis Anda maka Anda akan gagal. Belum ada data yang menunjukkan seorang pengusaha sukses dengan bisnis yang tidak dia pahami.

Oleh karena itu mulailah dengan bisnis yang Anda pahami, jikapun ingin sekali menggeluti bisnis yang belum Anda pahami, maka Anda harus mempelajari tentang bisnis tersebut hingga betul-betul paham.

4. Selalu mau belajar dari orang lain

Menjadi seorang pengusaha tidak boleh tertutup, Anda harus membangun banyak link atau pertemanan agar bisnis Anda mudah dikendarai. Tidak hanya itu, dengan banyak teman sesama pebisnis Anda bisa saling sharing tentang hal-hal baru sehingga bisnis Anda tidak ketinggalan dan terus berkembang tanpa tergerus zaman, tapi ingat, jangan sharing rahasia perusahaan, walau bagaimanapun juga mereka tetap saingan Anda meskipun kawan dekat.

Namun tidak hanya dari teman saja Anda bisa belajar, tapi bisa juga dari mengikuti seminar yang di Adakan di daerah sekitar Anda, jika memungkinkan Anda bisa keluar kota untuk mengikuti seminar. Demi belajar mengapa tidak!.

5. Hiduplah dengan sederhana

Belajarlah dari orang-orang terkaya di dunia, meskipun kekayaan mereka berlimpah tapi gaya hidup tetap sederhana. Jika Anda baru memulai bisnis jangan bergaya hidup seakan-seakan penghasilan bisnis Anda sehari 1 triliun, lupakan dulu gaya hidup mewah, seperti mobil mewah, rumah mewah, dan jam mewah.

Baca juga:  5 Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Bisnis

Daripada uang Anda gunakan untuk itu mending di investasikan, nantinya uang dari hasil investasi bisa Anda gunakan untuk membeli sesuatu yang sangat Anda ingin. Setidaknya kalau Anda bisa bergaya hidup sederhana maka bisnis Anda bisa survive dengan dana yang Anda investasikan.

6. Belajar dari kegagalan

Dalam dunia ini hanya Ada dua pilihan, berdiam atau action. Ketika Anda action maka hanya ada dua pilihan, yaitu berhasil dan gagal, Jika berhasil maka Anda akan Bahagia dan tidak ada hal yang perlu disesali, sebaliknya, jika Anda gagal sudah pasti galau dan Anda akan merasa bersalah sepanjang hari. Tapi harus diingat, Ketika gagal jangan hanya meratapi tapi belajarlah dari kegagalan tersebut agar tidak terulang lagi.

7. Tunjukkan bahwa konsep bisnis kamu yang terbaik

Anda ingin membangun bisnis, buktikan bahwa konsep bisnis Anda unik dan belum pernah ada sebelumnya. Buka bisnis Anda tanpa modal yang besar dan insyaAllah banyak pelanggan berdatangan ke tempat Anda, karena pelanggan hanya akan datang pada tempat yang terbaik.

Dengan konsep bisnis yang unik dan terbaik maka investor akan berdatangan tanpa harus mencarinya. Karena semut hanya akan datang pada tempat yang terdapat gula, begitupula dengan investor, mereka hanya akan datang pada bisnis yang unik dan terbaik serta dapat memberikan jaminan perkembangan bisnis yang menjanjikan.

8. Jagalah Kesehatan

Untuk sukses, memang harus bekerja keras. Tapi ingat, Kesehatan tetap harus dijaga, karena kalau Anda sampai sakit gara-gara mengembangkan bisnis, saya yakin Anda akan menyesal Ketika harus mengeluarkan banyak uang untuk berobat dan Anda harus menutup bisnis tersebut karena kehabisan modal untuk berobat. Jagalah Kesehatan Anda dengan rutin berolah raga dan makan makanan yang menyehatkan.

Baca juga:  5 Strategi Ampuh Menjalankan Toko Online

9. Buktikan dengan tindakan, bukan dengan kata-kata

Seperti slogan CLAS MILD (Talk Less Do More). Orang-orang tidak peduli dengan kata-kata Anda, mereka hanya peduli dengan tindakan nyata. Jangan hanya bercerita tentang gagasan bisnis Anda, karena bisnis yang bagus itu bisnis yang dilakukan bukan yang dibicarakan.

Banyak orang di lingkungan kita sering berbicara ide bisnis tapi nyatanya tidak ada bisnis yang dia jalani. Mereka yang action sudah bisa menghasilkan rutin, tapi mereka yang ngomong doang hanya sekedar melihat hasil kerja keras orang tanpa bisa menyicipi.

10. Tahu kapan harus berhenti berusaha

Pebisnis itu orang cerdas, mereka tahu kapan harus mengambil keputusan. Ketika bisnis Anda sudah mulai goyah dan menunjukkan laporan yang negatif selama beberapa periode laporan maka Anda harus bisa mengambil keputusan untuk melanjutkan atau berhenti. Anda harus bisa mengambil keputusan yang tepat agar tidak semakin terpuruk.

Ingat, kata-kata don’t give up itu tidak selamanya berlaku, adakalanya kata-kata tersebut menjadi racun. Sebagai contoh, usaha Anda sudah menunjukkan penurunan, dan sudah dua bulan laporan keuangan menunjukkan hasil yang negatif, tentu dengan kondisi seperti ini Anda harus berhenti sebentar dan mulai mengevaluasi bisnis Anda agar tidak bertambah rugi, jika Anda berpegang teguh pada kata don’t give up maka siap-siaplah Anda akan semakin terpuruk.

Kesimpulan

Sebenarnya memulai bisnis itu sangatlah mudah, Anda punya modal dan punya ide bisnis maka tinggal action. Namun sebagai seorang pebisnis tentu tidak bisa seperti itu, Anda harus punya rencana bisnis dan tahu tips-tips sukses memulai bisnis agar tidak mengalami kerugian.

Itu dia artikel tentang Tips Sukses Memulai Bisnis, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga penyebab utama kegagalan dalam sebuah bisnis.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya4 Penyebab Utama Kegagalan dalam Sebuah Bisnis
Artikel selanjutnya8 Cara Menemukan Peluang Usaha di Sekitar Anda
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar