Beranda Investasi Tujuh Pilihan Investasi Terbaik Untuk Pemula

Tujuh Pilihan Investasi Terbaik Untuk Pemula

Tujuh Pilihan Investasi Terbaik Untuk Pemula
Image: Pixabay

Apakah kamu masih bingung ingin melakukan investasi?, Banyak sekali orang diluar sana bingung ketika ingin melakukan investasi pertama mereka, itu sangat wajar dikarena mereka belum tahu investasi apa saja yang mereka bisa lakukan.

Bagi kamu yang masih bingung mau investasi apa, maka pada artikel ini saya akan membahas/menguraikan jenis investasi terbaik yang bisa kamu coba bagi pemula.

Pada hakikatnya kita semua pada tahapan belajar, sama seperti Kamu yang mungkin belum tahu atau masih bingung jenis investasi apa saja yang bisa kamu coba untuk memutar gaji kamu supaya semakin banyak.

Setelah membaca artikel ini kami berharap kamu sudah tahu jenis investasi apa dulu yang ingin kamu coba, namun pada dasarnya semua jenis investasi disini mempunyai resiko yang kecil dan berbeda-beda sesuai dengan jenis investasi tersebut. Yuk simak uraian dari kami berikut ini:

1. Emas

Bagi kamu yang masih pemula atau belum familiar dengan dunia investasi maka untuk tahap awal investasi emas adalah pilihan yang sangat tepat, karena emas tidak mempunyai resiko yang besar bahkan hampir tanpa resiko.

Selain itu emas juga mudah diuangkan, sebagai contoh kamu punya emas, terus tiba-tiba kamu butuh uang hari itu juga, maka kamu dapat menjualnya hari itu juga. Berbeda dengan property, saham, reksadana dan jenis investasi lainnya yang memang membutuhkan waktu lebih untuk menjualnnya.

Dari jaman dulu sampai sekarang belum pernah harga emas anjlok hingga harganya betul-betul sangat murah karena emas yang sifatnya tidak mudah tergerus inflasi sehingga harganya tetap stabil dalam waktu singkat dan akan terus naik dalam waktu lama, jadi tidak beresiko investasi emas. Emas juga tidak mudah rusak dan kamu bisa menggunakannya dalam keseharian untuk mendukung penampilan kamu agar kelihatan lebih fancy dan keren.

Investasi Emas dapat dilakukan dalam bentuk Emas batangan atau perhiasan. Dan yang perlu kamu tahu ada beberapa jenis Emas yang juga menentukan harga, seperti emas Antam dan lainnya, kamu bisa searching di google.

Baca juga:  5 Tips Investasi di Dunia Saham Yang Benar dan Menguntungkan

2. Properti

Untuk investasi property sendiri adalah jenis investasi yang sangat aman dan tanpa resiko, namun untuk terjun ke investasi property kamu perlu modal yang besar. kalau kamu sudah bekerja lama dan mampu untuk membeli rumah silakan lakukan jangan tunggu lama karena harga property makin lama makin naik harganya.

Belum lagi tiba-tiba daerah yang harga propertinya sangat murah karena adanya pembangunan jalan tol jadi harganya melambung tinggi, kamu tidak mau kan kejadian sama kamu, jadi kalau sudah mampu dan dapat membeli rumah dengan posisi yang pas dan harga yang terjangkau, maka jangan tunggu lagi langsung saja action.

Tapi yang perlu kamu ingat investasi property cocoknya bagi kamu yang ingin berinvestasi dalam jangka waktu lama, dan sungguh tidak cocok dalam jangka waktu yang pendek.

3. Reksa Dana

Kalau kamu sering berbelanja di marketplace seperti tokopedia, bukalapak  dan lainnya pasti tidak asing lagi dengan satu menu yaitu Reksana Dana. Reksa Dana merupakan wadah tempat pengelolaan modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi tanpa perlu pusing akan instrument-intrument investasi yang tersedia di pasar.

Jadi ketika kamu melakukan pembelian reksadana secara otomatis uang kamu dikelola sama Manejer Investasi, kamu hanya perlu invesati uang saja. Namun kekurangan investasi reksana dana adalah kamu harus berbagi hasil keuntungan dengan para investor lainnya dan juga dengan pengelola investasi kamu dalam hal ini Manajer.

Namun keuntungan reksa dana adalah menghemat waktu, tidak perlu memikirkan instrument-intrument pasar dan kamu hanya tunggu menerima keuntungannya saja.

Untuk memulai investasi reksa dana kamu bisa membelinya di bareksa, tokopedia atau market place lainnya.

4. Deposito

Selanjutnya adalah deposito, jenis investasi ini hampir sama dengan emas kalau untuk keamanannya. Metode investasi ini cocok bagi kalian yang ingin menyimpan untuk keperluan tertentu, seperti kamu punya uang dingin sejumlah 50juta dan uang itu kamu akan gunakan untuk menikah atau hal lainnya dalam jangka waktu 6 bulan atau satu tahun kedepan, maka deposito adalah pilihan terbaik, karena uang yang sudah kamu depositkan belum bisa kamu cairkan kalau belum sampai pada waktunya.

Baca juga:  4 Alasan Kenapa Kamu Harus Berinvestasi Sekarang

Kekurangan deposito adalah kuntungan yang tidak terlalu besar, karena nilai bunga makin lama makin kecil, dan juga karena uang yang kamu depositkan tetap berwujud uang maka besar kemungkinan uang tersebut akan tergerus inflasi seiring waktu.

Keuntungan deposito karena resikonya yang sangat rendah dan bahkan hampir tidak ada resiko.

5. Saham

Untuk investasi saham sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan reksa dana, namun banyak dari investor yang memilih langsung terjun sendiri. Dari pengalaman pribadi melakukan investasi saham tidak susah dibandingkan dengan trading forex dan jenis trading lainnya.

Lagian kalian bisa belajar kok bagaimana cara melakukan invesati saham, selama ini yang saya pelajari ketika akan investasi saham adalah value investing yang mana metode value investing ini yang sering diterapkan oleh orang terkaya di dunia dan juga kiblatnya investor dunia yaitu Warren Buffet.

Untuk memulai investasi saham mudah kok, kamu terlebih dahulu mendaftar di sekuritas, untuk informasi daftar sekuritas yang resmi dalam artian diakui oleh IDX Indonesia dan juga dibawah pengawasan OJK kamu bisa cari informasinya di IDX.co.id.

Untuk mendaftar sendiri mudah, karena banyak sekuritas yang sudah menyediakan pendaftaran online, cukup dirumah dan punya jaringan internet kalian sudah bisa action kok, oya, sebelum melakukan pendaftaran pastikan dulu sekuritas tersebut punya rating tinggi dan pelayanan yang bagus.

Selama ini yang saya lakukan untuk mengetahui rating dengan cara mencari aplikasi dari sekuritas tersebut di playstore dan melihat jumlah download trus komentar pengguna, dari situ sudah cukup memberikan kamu informasi tentang pelayanan dan rating sekuritas tersebut.

6. Waralaba

Banyak bisnis waralaba yang bisa kamu pilih, untuk informasi kamu bisa cari di internet kok, contoh waralaba yang paling terkenal seperti babarafi, Indomaret dan cukup banyak masih jenis waralaba lain yang bisa kamu pertimbangkan. Untuk informasi mengenai biaya dan lainnya mereka sudah menyediakan informasi tersebut di website, jadi kamu tidak harus ke kantornya, cukup cari informasi di website mereka saja sudah lebih dari cukup.

Baca juga:  Belajar Investasi Untuk Pelajar dan Mahasiswa Sejak Dini

Kentungan waralaba, kamu tidak harus memikirkan bumbu, karyawan, terus hal-hal lainnya, kamu hanya perlu menyediakan modal dan mengikuti SOP mereka maka kamu siap berjualan dengan keuntungan yang besar.

Namun untuk memulai waralaba kamu harus punya modal yang besar, paling tidak untuk waralaba yang kecil seperti babarafi saja kamu setidaknya harus punya modal sekitar 100 juta supaya semua tercover, namun untuk profit kamu tidak usah ragu, biasanya franchise yang sudah punya nama sudah pasti laku banyak karena sudah dipercaya masyarakat.

7. Obligasi

Obligasi merupakan sebuah instrument investasi berupa surat utang negara.

Di Indonesia, surat utang dibedakan berdasarkan jangka waktunya. Dimana surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah dan berjangka waktu 1 hingga 10 tahun disebut Surat Utang Negara (SUN) dan yang di bawah 1 tahun disebut Surat Perbendaharan Negara (SPN).

Investasi ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda karena akan menerima pendapatan secara tetap dan bunga yang didapatkan juga lebih besar dibandingkan dengan bunga deposito.

Resiko berinvestasi Obligasi seperti halnya hutang, kamu akan bangkrut jika yang menghutang tidak dapat membayar hutang kamu.

Cara melakukan investasi Obligasi sama seperti melakukan investasi saham, jika kamu sudah punya akun saham pihak sekuritas biasanya sudah menyediakan menu untuk investasi obligasi, seperti halnya ketika saya membuka akun di IPOTGO.

Itu dia ulasan tentang Tujuh Pilihan Investasi Terbaik Untuk Pemula, semoga artikelnya bermanfaat ya. Oya jangan lupa juga baca Investasi Saham! Jangan Lakukan 5 Hal ini Jika Tidak Ingin Rugi.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar