Beranda Investasi Untung Rugi Ketika Melakukan Investasi yang Harus Anda Ketahui

Untung Rugi Ketika Melakukan Investasi yang Harus Anda Ketahui

Untung Rugi Ketika Melakukan Investasi yang Harus Anda Ketahui
Image: Pixabay

Saat kamu melakukan investasi pastinya tidak akan jauh-jauh dari yang namaya untung dan juga rugi. Mungkin karena hak tersebut sudah menjadi bagian dari berinvestasi, maka kamu harus siap dalam menghadapinya.

Namun, bagi kamu yang ingin fokus dan meminimalisir terjadinya kerugian kamu pun bisa melakukannya.

Nah, pada artikel ini kamu akan segera mengetahui keuntungan dan juga kerugian yang diperoleh apabila kamu memilih produk investasi emas, saham, maupun properti.

Untung Rugi Investasi Emas, Saham dan Property

Keuntungan yang akan kamu dapatkan

Setiap investor yang ada di dunia ini pastinya membutuhkan yang namanya keuntungan bukan? Pasti hal itu sudah bukan menjadi hal yang aneh lagi dilingkungan investasi.

Apakah kamu ingin melakukan investasi dan ingin memperoleh keuntungan yang besar dari berinvestasi? Apakah kamu sudah mengetahui beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dalam berinvestasi emas, saham, maupun properti? Apabila belum kamu bisa melihatnya dibawah ini.

1. Emas

Mudah dijual kembali

Emas merupakan salah satu produk investasi yang sering masuk kedalam investasi jangka panjang. Seperti yang kamu ketahui bahwa emas merupakan benda yang banyak dicari oleh orang-orang.

Melihat hal itu saja kamu sudah bisa memahami bahwa jika kamu beirnvestasi saham kamu bisa dengan mudah menjualnya kembali entah secara personal ataupun menjualnya kepada lembaga yang terkait.

Tahan terhadap inflasi

Sebenarnya nilai jual emas bisa naik turun, namun karena kebanyakan nilai mata uang mengalami inflasi akhirnya grafik harga emas-pun ikut menjadi naik dan akhirnya harga jualnya pun naik. Namun, jika kamu ingin berinvestasi dengan emas, kamu pun juga tidak salah karena kamu bisa melindungi kekayaanmu dari gangguan yang paling banyak terjadi pada mata uang yaitu inflasi.

Baca juga:  Keuntungan Besar yang Bisa Dihasilkan Dari Investasi

2. Saham

Mendapatkan hak dividen

Kamu ingin mendapatkan keuntungan berlipat dari berinvestasi? Kamu bisa mencoba berinvestasi saham karena kamu akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan yang sahamnya kamu beli.

Semakin tinggi keuntungan dan kenaikan profit dari sebuah perusahaan, maka akan semakin besar pula dividen yang akan kamu dapatkan terutama jika kamu membeli banyak saham di perusahaan tersebut.

Bersifat transparan

Investasi saham merupakan salah satu produk investasi yang sangat transparan karena kamu bisa melihat perkembangan harga saham secara realtimenya. Dengan hal tersebut pastinya kamu bisa lebih leluasa dalam mengatasi masalah apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Properti

Nilai jual relatif naik

Saat kamu membeli aset investasi pastinya membutuhkan yang namanya keuntungan. Nah, saat kamu membeli properti untuk di investasikan, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan keuntungan didalamnya.

Tahan terhadap inflasi

Properti pastinya akan sangat tahan terhadap inflasi karena merupakan produk yang sangat dibutuhkan oleh manusia saat ini.

Kerugian yang akan kamu dapatkan

Selain keuntungan yang bisa kamu peroleh dalam berinvestasi, kamu juga akan dihadapkan dengan yang namanya kerugian yang mungkin bersifat biasa dan wajar jika kamu melakukan investasi.

Nah, apa saja sih kerugian yang akan kamu dapatkan jika berinvestasi emas, saham, ataupun properti? Langsung saja cek dibawah ini.

1. Emas

Emas meskipun mempunyai resiko yang kecil, namun kerugian yang bisa kamu dapatkan yaitu mudahnya aset emas menjadi hilang entah karena dicuri ataupun hal yang lainnya. Selain itu, untuk bisa mendapatkan modal kembali kamu harus menunggu beberapa tahun lagi karena emas merupakan produk investasi jangka panjang.

2. Saham

Berinvestasi saham pastinya akan serba tinggi, jika potensi keuntungan yang didapatkan tinggi maka potensi kerugiannya pun cukup tinggi terutama jika kamu salah dalam memprediksi perusahaan yang kamu beli sahamnya.

Baca juga:  Belajar Investasi Untuk Pelajar dan Mahasiswa Sejak Dini

Alih-alih saham disebuah perusahaan yang kamu bisa bisa naik, namun ternyata harganya semakin menurun dan akhirnya bangkrut dan kamu akan mendapatkan kerugian didalamnya.

3. Properti

Properti meskipun harganya relatif naik, namun kamu juga tidak bisa mengelak dari kerugian yang mungkin bisa kamu dapatkan. Salah satunya yaitu aset propertimu yang hancur karena terjadi bencana alam terutama jika propertimu berada di lahan yang kurang aman.

Itulah artikel mengenai untung rugi berinvestasi emas, saham, dan juga properti. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan informasi ini.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya7 Ide Peluang Usaha Setelah Menikah yang Menjanjikan
Artikel selanjutnyaAlasan Mengapa Investasi Properti Lebih Menguntungkan Dibandingkan Investasi Saham!
Everyday in dreaming, may Allah make my dream come true;)

Komentar