Beranda Bisnis Peluang Usaha Minuman Alpukat Kekinian, Bisa Jadi Bisnis Sampingan Menjanjikan !

Peluang Usaha Minuman Alpukat Kekinian, Bisa Jadi Bisnis Sampingan Menjanjikan !

Peluang Usaha Minuman Alpukat Kekinian, Bisa Jadi Bisnis Sampingan Menjanjikan !
Image: Pixabay

Buah yang khas dengan daging buah berwarna hijau dan kekuningan ketika berada di dekat bijinya ini, memang memiliki banyak peminat. Berbagai produk olahan sering melibatkan buah yang satu ini. Mulai dari kue, makanan, bahkan minuman instan juga sering dijumpai memanfaatkan buah alpukat. Terkadang ada juga yang menikmati alpukat dengan gula atau madu.

Buah alpukat ini memang buah musiman. Bersamaan dengan buah manggis, durian dan rambutan, buah alpukat biasanya hanya bisa dijumpai di bulan Januari, Februari, November dan Desember. Sedangkan agak sedikit di bulan-bulan yang lain. Bahkan terkadang ada diskon besar-besaran di bulan-bulan panen tersebut.

Keunggulan Buah Alpukat

Seperti buah-buahan pada umumnya, buah alpukat juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Buah alpukat mengandung vitamin A, B, C, dan K, magnesium, dan folat. Lemak tidak jenuh yang terdapat dalam buah alpukat juga baik untuk kesehatan. Bagi yang sedang diet atau ingin tubuhnya lebih sehat, bisa memanfaatkan buah alpukat sebagai salah satu sumber energi.

Baca juga:  3 Ide Usaha Kuliner yang Banyak Diminati Pelanggan

Jika ada yang bilang buah alpukat bisa membuat obesitas atau diabetes, hal ini salah besar. Buah alpukat sendiri sebenarnya tidak memiliki kandungan gula yang banyak hingga berpotensi menaikkan kandungan gula darah. Lemak tidak jenuh pada alpukat bukanlah penyebab obesitas. Namun, jika pendamping yang digunakan untuk memakan buah alpukat ini kurang tepat, obesitas dan diabetes tentu bisa saja terjadi. Hal tersebut bukanlah salah buah alpukat, melainkan susu kental manis, gula dan coklat yang menemani alpukat tersebut lah yang menjadi faktor utama penyebab obesitas dan diabetes. Akan lebih baik bila mengonsumsi buah alpukat saja, atau jika perlu bisa menggunakan pendamping madu saja. Pengolahan yang salah bisa menjadi faktor terjadinya masalah.

Selain itu, manfaat lain yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah alpukat yaitu menurunkan kadar kolesterol, melancarkan pencernaan, mencegah sakit jantung, menjaga kesehatan mata, mencegah diabetes dan mengatasi bau tidak sedap. Kandungan folat dalam buah alpukat, baik untuk ibu hamil dan menyusui. Bagi anda yang ingin mencegah peradangan sendi, sebaiknya mengonsumsi buah alpukat sebelum berusia 50 ke atas. Begitu banyak manfaat dari buah alpukat, lalu bagaimana dampaknya terhadap bisnis?

Prospek Usaha Olahan Alpukat

Buah alpukat yang berasal dari bibit alpukat berkualitas tentu di masa panennya dapat menghasilkan jumlah buah yang sangat melimpah. Apalagi dengan berbagai jenisnya yang memiliki penggemar masing-masing. Memang buah alpukat bisa laku dengan sendirinya dalam bentuk buah. Namun, apa salahnya memulai usaha dengan buah alpukat yang berbentuk lain.

Banyak orang yang memiliki keinginan hidup sehat, tetapi cukup malas untuk membuat makanannya sendiri. Ada juga yang suka berwisata kuliner dibandingkan memasak makanannya sendiri. Masyarakat sekarang lebih menyukai hal-hal instan yang bisa langsung dinikmati. Jika kita bisa menyediakan keinginan mereka, kenapa tidak?

Peluang Usaha Olahan Alpukat

Minuman dan makanan kekinian memang akhir-akhir ini menjadi tren. Bahkan ada saja para penikmat makanan dan minuman kekinian yang rela merogoh kocek sedikit lebih dalam dibanding biasanya untuk bisa tetap menikmatinya. Demi konten instagramable yang eye catching bisa menjadikan peluang usaha bagi yang jeli melihat peluang ini. Bagi penikmat alpukat yang memiliki pola hidup sehat juga bisa dilayani dengan produk olahan yang sesuai dengan mereka. Mulai dari smoothies, alpukat oatmeal bahkan plain jus alpukat.

Alpukat merupakan salah satu buah yang jumlahnya banyak di pasaran. Dengan supplier yang tepat, kita bisa mendapatkan harga murah dan dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Mengolah buah alpukat juga cukup mudah dan sederhana. Dengan memanfaatkan social media seperti instagram, youtube dan twitter sebagai sarana publikasi. Publikasi dengan cara ini tergolong mudah, cepat dan murah. Bila tidak bisa dating ke kedai secara langsung, ada juga jasa pengiriman makanan yang siap mengantar. Ini juga merupakan cara publikasi yang sederhana. Omzet yang bisa didapat juga cukup menjanjikan.

Jenis Usaha Olahan Alpukat Kekinian

Buah alpukat, buah seribu manfaat, lezat dan nikmat dalam segala kondisi. Tidak sulit untuk mengolah buah yang satu ini. Terdapat beberapa olahan alpukat kekinian yang bisa dicoba sebagai salah satu usaha anda. Kami juga memberikan cara pengolahannya yang cepat, mudah dan murah. Berikut olahan alpukat tersebut.

Baca juga:  5 Tips Bisnis Makanan Ringan Omset Besar

1. Alpukat Kocok

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  1. 1 buah alpukat
  2. 200 ml susu full cream cair
  3. Kental manis
  4. Es batu
Cara membuat:
  1. Hancurkan buah alpukat yang telah dikupas dengan menggunakan garpu
  2. Siapkan gelas berisi es dan tuangkan susu full cream cair.
  3. Masukkan buah alpukat ke dalam gelas.
  4. Tambahkan kental manis.
  5. Alpukat kocok siap disajikan. Jika ingin tambahan topping agar lebih menarik bisa diberi chocochip, keju atau meses warna-warni.

2. Coffee Alpukat

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  1. 1 buah alpukat
  2. 2 sdm gula cair
  3. 2 sdm kental manis
  4. 2 sdm kental manis coklat
  5. 30-50 ml kopi hitam dingin, pekat yang sudah disaring
  6. Es batu
Cara membuat:
  1. Blender alpukat dengan kental manis dan gula cair. Sesuaikan tingkat kemanisan yang diinginkan.
  2. Hiasi pinggir gelas dengan kental manis coklat. Tambahkan es batu.
  3. Lalu tuangi perlahan alpukat yang sudah diblender.
  4. Tuangi kopi kental dingin.
  5. Alpukat coffee siap disajikan. Jika ingin tambahan topping agar lebih menarik bisa ditambah kental manis coklat dan es krim.

3. Es Teller Alpukat

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  1. 1 buah alpukat
  2. 2 buah nangka masak
  3. Buah melon
  4. Biji selasih
  5. 1 bungkus agar-agar (pilih yang berwarna)
  6. Kental Manis putih
  7. Simple sirup
  8. 3 sdm gula pasir
  9. Es batu
Cara membuat:
  1. Masak agar-agar terlebih dahulu
  2. Rebus gula pasir dengan Β½ gelas air hingga gulanya larut.
  3. Potong buah alpukat, melon dan nangka. Rendam dengan air secukupnya
  4. Siapkan mangkok, isi dengan alpukat, nangka, melon, dan agar-agar.
  5. Tambahkan simple sirup, kental manis dan es batu secukupnya.
  6. Tambahkan biji selasih di atasnya.

4. Es Kelapa Alpukat

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  1. 1 buah alpukat
  2. 2 butir kelapa muda
  3. 1 sdm selasih
  4. Nata de coco
  5. Sirup cocopandan
  6. Kental manis
  7. Es batu
Cara membuat:
  1. Potong buah alpukat menjadi potongan kecil
  2. Serut kelapa muda
  3. Siapkan gelas berisi es batu
  4. Isi dengan alpukat, kelapa muda dan nata de coco
  5. Tambahkan kental manis dan sirup cocopandan secukupnya
  6. Berikan selasih di bagian atas. Jika kurang cair, bisa ditambahkan air atau air kelapa.
  7. Es Kelapa alpukat siap disajikan.

5. Puding Alpukat

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  1. 2 buah alpukat
  2. 2 bungkus agar-agar
  3. 900 ml air
  4. Gula
Cara membuat:
  1. Blender 2 buah alpukat dengan air 400ml
  2. Siapkan panci untuk memasak agar-agar.
  3. Masukkan agar-agar, air dan gula. Aduk sampai mendidih
  4. Masukkan alpukat yang sudah hancur ke dalam agar-agar.
  5. Aduk terus sampai mendidih.
  6. Masukkan ke dalam cetakan, tunggu sampai mengeras.
  7. Puding alpukat siap disajikan

Strategi Promosi Tepat

Setelah membuat produk yang akan dipasarkan, langkah selanjutnya yaitu melakukan promosi. Promosi diperlukan agar produk dikenal banyak orang dan semakin banyak yang membeli produk tersebut. Banyak langkah yang dapat dilakukan agar promosi bisa berjalan dengan maksimal. Beberapa strategi berikut bisa anda lakukan agar produk laku keras di pasaran.

1. Tentukan target pasar

Sebelum memasarkan produk anda, perlu ditentukan target pasar yang anda kehendaki. Target pasar bisa berupa range usia, domisili dan tingkat ekonomi. Misalnya anda ingin memasarkan produk Es Alpukat Kelapa, tentu tidak cocok untuk range usia 50 tahun ke atas dengan domisili di daerah pegunungan. Untuk itu perlu anda pilih dan pilah sesuai produk, kategori mana yang tepat untuk target pasar anda.

2. Membuat iklan produk

Iklan sedikit banyak mampu mengenalkan produk ke masyarakat luas. Setelah menentukan target pasar, anda bisa menentukan cara pengiklanan mana yang paling efektif. Anda bisa melihat target pasar ini lebih sering mengakses alat komunikasi yang seperti apa, tempat yang sering dikunjungi dan kemampuan ekonomi mereka.

Iklan dengan menggunakan perangkat komunikasi bisa dimulai dengan membuat desain yang ciamik untuk produk anda. Secara psikologis manusia lebih tertarik kepada gambar yang berwarna-warni dibandingkan dengan teks. Maka, anda bisa memotret produk anda dengan latar belakang yang menarik, dan mepromosikannya lewat social media. Kini, anda tidak perlu harus memasang spanduk besar agar masyarakat mengenal produk anda.

Baca juga:  7 Langkah Sukses Memulai Usaha Kuliner, Pemula Wajib Tahu!

Itu tadi sedikit pembahasan buah alpukat yang mungkin jarang kita hiraukan. Dengan buah alpukat yang penuh khasiat bisa dimanfaatkan juga sebagai peluang bisnis. Di sisi lain anda juga ikut berkontribusi untuk masyarakat dengan gerakan kebiasaan memakan buah.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami diΒ TwitterΒ danΒ Facebook.

2 KOMENTAR

Komentar