Beranda Bisnis Usaha Sampingan yang Cocok Untuk Siswa SMA dan SMK

Usaha Sampingan yang Cocok Untuk Siswa SMA dan SMK

Usaha Sampingan yang Cocok Untuk Siswa SMA dan SMK
Image: Pixabay

Tak perlu menunggu dewasa untuk bisa memiliki usaha sampingan. Anak SMA atau SMK saja sudah bisa menjalankan usaha tanpa menggangu aktivitas di sekolahnya. Apalagi saat ini perkembangan teknologi internet dapat membuat usaha lebih mudah dijalankan. Jadi kalian bisa menjalankan usaha online maupun offline sebagai sampingan. Memiliki usaha di usia muda tentu banyak manfaatnya, selain untuk menambah uang saku, ini juga berguna agar kalian terhindar dari pergaulan yang tidak bermanfaat. Ada berbagai jenis usaha sampingan untuk anak SMA atau SMK yang bisa dicoba, antara lain :

1. Usaha Desain Grafis

Sebagian anak SMA/SMK pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya desain grafis. Berbagai pihak banyak yang membutuhkan jasa ini, seperti perusahaan digital, internet marketer hingga pengusaha makanan. Untuk cara mempromosikannya bisa melalui media sosial sehingga bisa menjangkau pelanggan dari segala penjuru Indonesia bahkan dunia. Umumnya satu desain dihargai mulai dari Rp. 50.000 hingga jutaan rupiah tergantung dari kualitas dan pelanggan itu sendiri. Ini sangat cocok dijadikan usaha sampingan mengingat pembuatan desain bisa dilakukan dirumah hanya dengan menggunakan laptop saja. Jika dalam satu bulan bisa mendapatkan orderan mencapai 50 desain, omsetnya sangat menggiurkan tentunya.

2. Usaha Jajanan Murah

Banyaknya teman di sekolah sebenarnya juga bisa dimanfaatkan untuk memasarkan usaha jajanan murah loh. Kalian tak perlu membuat jajanan itu sendiri, melainkan bisa dengan bekerjasama dengan produsennya. Jika kalian mendapatkan harga jajanan Rp. 500 dari produsen, kalian bisa menjualnya kembali dengan harga Rp.1000. Ketika waktu istirahat, kalian bisa berkeliling antar kelas untuk mempromosikan usaha ini. Hal ini memang membutuhkan keberanian dan juga semangat agar bisa mendapatkan penjualan maksimal. Sudah banyak anak SMA atau SMK yang mencoba usaha ini dan hasilnya pun lumayan.

Baca juga:  5 Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa dengan Penghasilan Menjanjikan

3. Usaha Jasa Ketik Tugas

Menjadi seorang pelajar pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya tugas. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan kalian untuk membuka usaha jasa ketik tugas. Karena memang saat ini banyak guru yang menginginkan siswanya mengerjakan tugas dengan mengetiknya di komputer. Tapi tak semua siswa mahir dan mau untuk mengetik tugas yang jumlah katanya terkadang sangat banyak. Itu jelas akan membutuhkan waktu yang lama. Jika kalian memiliki kemampuan dalam mengetik secara cepat, usaha ini bisa dicoba. Biasanya harga jasa ketik dihitung perlembar, satu lembarnya dihargai Rp. 2000 – Rp. 3000. Jadi jika ada 50 lembar, keuntungan yang didapat mencapai Rp. 100 ribu sampai Rp. 150 ribu. Angka tersebut sudah bersih masuk kantong kalian karena usaha jasa ketik tak memerlukan modal banyak dengan syarat kalian sudah punya laptop sendiri.

4. Usaha Fotografer

Fotografer sudah menjadi hobi tersendiri bagi anak muda zaman sekarang. Namun kebanyakan dari mereka hanya memanfaatkan hobinya ini untuk senang-senang saja. Padahal usaha fotografer memiliki peluang yang sangat lebar. Kalian bisa menawarkan keahlian ini ke orang yang sedang mengadakan acara, atau sekedar berfoto bersama. Selain itu kalian juga bisa menjual foto-foto tersebut ke situs-situs microstock, jadi nantinya kalian akan mendapatkan uang ketika ada orang yang mendownload foto kalian.

5. Usaha Menjadi Seorang Blogger

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, hal itu membuat siapapun bisa memulai usaha di dunia online, salah satunya menjadi blogger. Usaha jenis ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menghasilkan uang. Namun hasilnya akan bisa dirasakan ketika sudah sukses nantinya. Seorang blogger bisa menghasilkan jutaan sampai ratusan juta perbulannya.

Baca juga:  6 Langkah Sukses Membangun Bisnis Dropship

Itu dia 5 usaha sampingan yang cocok untuk siswa SMA atau SMK yang bisa kamu jalankan tanpa mengganggu aktifitas belajar kalian, semoga sukses ya.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar