Beranda Bisnis 10 Usaha Sampingan yang Cocok Dijalankan Setelah Pulang Kerja

10 Usaha Sampingan yang Cocok Dijalankan Setelah Pulang Kerja

Usaha Sampingan

Apakah kamu sedang mencari ide usaha sampingan?, Tentu berharap dari gaji doang tidak cukup, oleh karena itu kamu harus berpikir untuk mencari penghasilan tambahan.

Ada banyak jenis usaha sampingan yang bisa kamu coba, tapi sukses dan tidaknya suatu usaha bergantung pada kerja keras dan dedikasi kamu untuk sukses.

Pada artikel ini saya akan memberikan daftar usaha sampingan yang cocok kamu jalankan setelah pulang kerja. Kami berharap setelah kamu membaca artikel ini maka sudah tahu bisnis apa yang akan dijalankan.

Yuk langsung saja simak artikel berikut.

1. Menjual makanan

Bisnis yang bisa Anda coba setelah pulang kerja adalah menjual makanan, karena makanan pasti dibutuhkan orang, semua orang perlu makan. Jadi kalau Kamu punya skill memasak maka ide berjualan makanan menjadi pilihan yang tepat.

2. Jual apa yang kamu tahu (keahlian)

Kembangkan skill kamu dengan belajar secara otodidak di youtube atau dengan mengunduh ebook gratis yang bisa kamu gunakan untuk belajar. Kalau kamu sudah memiliki keahlian maka sudah mudah untuk mendapatkan uang.

Kamu bisa membuat ebook kemudian menjualnya atau membuat kursus dalam bentuk video lalu jual di situs Udemy.com. nah, sekali kamu membuat ebook atau video kursus, kamu bisa menjualnya berulang kali dan tidak terbatas.

3. Menghibur dan edukasi

Kalau kamu pinter membawa acara seperti di radio-radio, kenapa tidak membuat podcast yang nantinya kamu bisa upload di Spotify atau situs lainnya.

Baca juga:  Memulai Bisnis, Ketahui 8 Hal Berikut Ini Agar Usaha Anda Sukses

Silakan buat podcast untuk menghibur atau mengedukasi pendengar, insyaAllah kalau podcast kamu berbobot bakalan banyak pendengar. Nah, kalau pendengar sudah banyak kamu akan menerima tawaran iklan dalam bentuk endorse atau membuat podcast yang disponsori, dari sinilah kamu akan mendapatkan uang banyak.

4. Mengelola akun media sosial

Ini kesempatan bagus bagi kamu yang suka menghabiskan waktu di sosial media. Kalau kamu suka main sosial media di malam hari, kenapa tidak mendapat bayaran hanya bermain sosial media. Caranya kamu bisa menawarkan jasa kamu ke perusahaan-perusahaan, khususnya perusaan startups retail, mereka ingin membuat media sosial sebagai alat yang paling bisa di andalkan untuk promosi barang. Oleh sebab itu, untuk mewujudkannya mereka perlu orang yang bisa menghandle sosial media secara serius dan kreatif.

Bagian terbaiknya adalah, kamu bisa menggunakan tool seperti Hootsuite dan Socialrabbitplugin untuk mengatur beberapa akun dan membuat jadwal postingan secara otomatis. Jadi kamu hanya bekerja malam saja untuk mengupload dan mengatur jadwal auto post, setelah itu kamu hanya bersantai.

Di tahun 2013, Facebook mengumumkan pada saat konferensi Dreamforce ada sekitar 25 juta fanpage bisnis kecil yang aktif. Peluang besar buat kamu untuk bisa mendapatkan kegiatan sampingan menghandlen akun media sosial.

5. Membuat blog

Ngeblog salah satu cara fantastis untuk mendapatkan uang sampingan. Ribuan blogger diluar sana membuat konten setiap hari dengan topik travel, memasak, parenting, seni, anime, gaya hidup dan banyak lagi lainnya. Untuk memulainya kamu bisa baca artikel berikut.

Kalau blog kamu sudah memiliki pengunjung stabil 1000 setiap hari, maka kamu bisa apply google adsense yang nantinya bisa menghasilkan uang, dan kamu bakalan menerima email dari orang-orang yang manawarkan Content Placement kemudian mereka akan membayar kamu berdasarkan harga yang kamu beri, selain itu kamu bisa juga menghasilkan uang dengan affiliate marketing.

6. Belajar graphic design

Mempunyai background Pendidikan dibidang graphics design akan sangat membantu. Tapi bagi kamu yang belum pernah belajar sangat mudah untuk mempelajari design, yang diperlukan Cuma kemauan saja, tutorial banyak bertebaran di youtube.

Baca juga:  10 Peluang Usaha Kreatif Untuk Pemula Yang Bisa Anda Rintis

Untuk design sendiri kamu bisa menggunakan tools seperti Adobe Software atau website seperti Canva dan Visme, yang kamu butuhkan kreatifitas, kemauan, dan pesion untuk memulainya.

Jika kamu sudah mempunyai skil design maka sangat mudah mendapatkan uang dengan menawarkan jasa di situs freelancer, fastwork, dan sibulancer.

7. Manawarkan belajar music

Kamu mungkin akan membiarkan keahlian kamu bermain instrument begitu saja, tapi kamu bisa menghasilkan uang banyak dan membangun bisnis untuk belajar berbagai instrument. Mulailah dengan mengajarkan satu orang setelah berhasil maka coba handle dalam bentuk group besar.

Lama-kelamaan nama kamu akan booming dan orang akan berdatangan untuk belajar piano, dan selamat kamu sudah bisa menghasilkan uang banyak.

8. Pengembang aplikasi

Pengembang aplikasi selalu dibutuhkan, jika kamu punya skill pemograman maka sangat mudah mendapatkan pekerjaan sampingan di freelancer.com.

Belajar coding memang membutuhkan waktu, tetapi sekali kamu mulai mengembangkan aplikasi, maka kamu bisa mengatur waktu untuk mengembangkannya hingga jadi. Ngoding jalan yang bisa kamu tempuh untuk membangun bisnis besar disaat yang tepat, seperti facebook dan aplikasi lainnya.

9. Menawarkan layanan untuk binatang peliharaan

Sangat banyak kesempatan yang berbeda tersedia jika ingin mendirikan usaha yang bersentuhan dengan binatang peliharaan, kamu tinggal pilih yang sesuai dengan kemampuan.

Kamu bisa mencoba usaha membersihkan atau mengajarkan binatang peliharaan pada satu skill. Kamu bisa mencoba usaha ini dimalam hari atau di akhir pekan.

Usaha ini pasti rame, mengingat banyak orang yang suka memelihara binatang seperti kucing atau anjing.

10. Menjadi tukang

Jika kamu punya skil dibidang otomotif, listrik, perbaiki alat rumah tangga atau perbaiki genteng rumah maka kenapa tidak membuka usaha ini.

Baca juga:  Ini Dia 7 Tips Jitu Memulai Bisnis Online

Banyak masyarakat di sekitar yang kadang motor atau mobilnya mogok tiba-tiba, mereka tidak punya banyak waktu untuk membawa mobil ke tempat service, mereka lebih memilih tukang service panggilan dan akan membayar lebih sedikit jika pelayanannya bagus.

Begitu juga dengan listrik, banyak rumah-rumah yang listriknya tiba-tiba mati karena konslet, kalau kamu punya skil di bidang ini silakan coba.

Nah, agar orang tahu tentang jasa kamu, silakan promosi mulut ke mulut. Semoga sukses.

Itu dia artikel tentang 10 Usaha Sampingan yang Cocok Dijalankan Setelah Pulang Kerja, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga 7 Cara Menemukan Ide Bisnis Bagi Pebisnis Pemula.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya7 Cara Menemukan Ide Bisnis Bagi Pebisnis Pemula
Artikel selanjutnyaPengertian Motivasi, Teori, Upaya, dan Jenis-Jenis Motivasi
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar